Review BlackSquad Online: FPS Militer dalam Balutan Gameplay Adiktif

Apakah dengan semua amunisi yang dibawa, game ini bisa menjadi legenda baru di dunia MOFPS Indonesia? Simak review-nya berikut ini!

Review BlackSquad Online: FPS Militer dalam Balutan Gameplay Adiktif

Review BlackSquad Online: FPS Militer dalam Balutan Gameplay Adiktif

BlackSquad Online resmi memasuki fase Official Launching beberapa hari lalu. Apakah game ini bisa menjadi legenda game MOFPS selanjutnya? Simak review BlackSquad Online berikut ini!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/18/official-launching-blacksquad-online-indonesia/" title="Sukses Gaet 400.000 Gamer Saat CBT, BlackSquad Online Siap Gelar Fase Official Launching!"]

Tahun ini, industri game online Indonesia diramaikan dengan beberapa game online baru dari berbagai genre, salah satunya dari genre First Person Shooter (FPS). Tidak tanggung-tanggung, dalam satu tahun ini ada lebih dari satu game FPS online yang hadir di Indonesia, termasuk salah satunya adalah BlackSquad Online Indonesia memasuki fase official launching pada tanggal 19 Juni 2015 2015 kemarin. Dengan menggunakan kekuatan Unreal Engine 3, BlackSquad Online digadang-gadang bakal menjadi legenda baru di industri game online Indonesia. Apakah BlackSquad Online bisa melakukan hal tersebut? Simak review BlackSquad Online berikut ini.

Sebelumnya, penulis ingin menyampaikan bahwa review BlackSquad Online ini ditulis berdasarkan pengalaman saat Focus Group Test dan juga CBT yang berlangsung pada tanggal 11 hingga 17 Juni 2015 kemarin.

[youtube_embed id="QqMaRIIrkSk"]

Unreal Engine 3 menjanjikan grafis yang lebih realistis dan halus dibandingkan game-game FPS generasi sebelumnya seperti Point Blank. Dan hal tersebut benar-benar dimaksimalkan secara penuh oleh BlackSquad Online, dimana game ini menampilkan grafis yang cukup cantik dan juga tekstur 3D yang halus apalagi saat kamu mengatur grafisnya ke level tertinggi. Namun bukan berarti dengan grafis yang mumpuni ini memaksamu untuk upgrade PC, karena BlackSquad juga memiliki opsi low dan medium untuk mengakomodasi PC-PC dengan spesifikasi yang masuk kategori minimum.

Setting low atau medium bukan berarti kamu tidak bisa menikmati segala animasi dan efek ledakan yang disajikan BlackSquad Online. Meskipun memang tidak seindah dan serealistis saat kamu menggunakan setting high atau very high, namun dijamin kamu tetap bisa menikmati efek ledakan ini. Detail bangunan dan juga senjata ditampilkan sangat baik dengan menggunakan setting tertinggi. Namun sayang, tidak banyak perbedaan detail yang ditampilkan antara setting medium dengan setting tertingginya.

Review BlackSquad Online: FPS Militer dalam Balutan Gameplay Adiktif

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/05/26/preview-blacksquad-online-gemscool/" title="5 Hal yang Harus Kamu Ketahui Tentang BlackSquad Online"]

Usai dari grafis, review BlackSquad Online berpindah ke gameplay. Dengan mengusung tema military FPS, game ini benar-benar mengajak pemain untuk merasakan nuansa peperangan yang sebenarnya. Ada beberapa mode klasik yang disediakan dalam game ini seperti Bomb Mission (satu tim menjadi peletak bom, dan satu tim lagi harus menjinakkan) dan Deathmatch (perang bebas untuk merebut skor). Namun game ini juga memiliki mode menarik lain seperti Destroy yang mengajak dua kubu untuk saling menghancurkan resource milik lawan, atau Survival yang hanya memperbolehkan pemain untuk menggunakan satu macam senjata saja saat pertempuran terjadi.

Satu hal menarik lain dari BlackSquad Online adalah kehadiran special skill yang bisa mengubah strategi dan juga permainan secara keseluruhan. Masing-masing pemain bisa memilih special skill yang sesuai dengan gaya bermain mereka, apakah lebih suka agresif menyerang atau lebih suka menjadi support. Saat penulis menjajal special skill ini di mode Destroy, penulis mencoba untuk mengambil peran sebagai support yang ternyata cukup ampuh membantu tim untuk meraih kemenangan, karena bisa menyediakan ammo tambahan. Ya, ammo adalah salah satu hal yang "mahal" saat memainkan mode Destroy. Jadi pastikan, kamu memiliki satu anggota tim yang menjadi support agar bisa terus menyuplai ammo.

Lanjut ke halaman 2...

Review BlackSquad Online: FPS Militer dalam Balutan Gameplay Adiktif Salah satu special skill yang ada dalam BlackSquad Online[/caption]

Memang sedikit susah untuk berkoordinasi jika kita bermain bersama orang-orang random, terutama untuk menentukan special skill mana yang harus diambil. Namun jika bermain bersama dengan teman yang sudah kita kenal, tentu pemilihan special skill ini cukup krusial untuk membantu membentuk tim yang solid. Oiya, tim BlackSquad Online sudah menyiapkan banyak kompetisi e-Sport, mulai dari tingkat regional hingga internasional. Jadi jika kamu ingin membentuk tim yang kuat saat bertanding nanti, kamu bisa mulai persiapkan hingga sekarang!

Pilihan senjata yang disediakan juga cukup beragam, mulai dari pistol, assault rifle hingga sniper, plus dilengkapi dengan berbagai attachment yang cukup membantu. Sayang, pada saat CBT kemarin pilihan senjata yang disediakan cukup sedikit dan kurang bervariasi. Tentunya saat official launching lebih banyak senjata lagi yang disediakan, termasuk beberapa senjata dan equipment yang bisa didapatkan lewat item mall.

Review BlackSquad Online: FPS Militer dalam Balutan Gameplay Adiktif

Dari segi sound, game ini menyajikan nuansa yang cukup menggelegar. Namun sayang, terkadang masih terdengar sedikit noise saat terjadi ledakan, apalagi jika lokasi ledakannya terlalu dekat dengan posisi kita. Untuk sound yang lebih halus (seperti langkah kaki dari kejauhan), game ini bisa menyajikannya dengan cukup bersih.

Secara keseluruhan, BlackSquad Online menampilkan sebuah gameplay FPS yang cukup menyenangkan sekaligus memacu adrenalin. Meskipun masih ada beberapa kekurangan dan bug minor (seperti karakter yang terlihat "melayang" saat berdiri di tepian, seperti tepi kontainer), namun hal tersebut tidak mengurangi nilai game ini secara keseluruhan. Tinggal menunggu saja, apakah nantinya game ini minimal bisa menyamai apa yang sudah dilakukan oleh Point Blank Indonesia sebelumnya, atau malah bisa lebih baik.

Review BlackSquad Online: FPS Militer dalam Balutan Gameplay Adiktif

Review BlackSquad Online: Kelebihan

  • Gameplay adiktif dan memacu adrenalin
  • Senjata-senjata yang beragam
  • Special skill yang unik dan menambah variasi gameplay
  • Ramah terhadap resource PC

Review BlackSquad Online: Kelemahan

  • Perbedaan yang kurang signifikan antara setting grafis medium dengan high atau very high
  • Noise yang terkadang muncul saat posisi dekat dengan ledakan
  • Sempat muncul beberapa glitch animasi

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU