Masami Obari, Pose Pedangnya Terinspirasi dari Kendo!

Masami Obari ungkap inspirasinya dalam mecha design. Simak wawancaranya bersama Duniaku berikut ini!

Masami Obari, Pose Pedangnya Terinspirasi dari Kendo!

Masami Obari, Pose Pedangnya Terinspirasi dari Kendo!

Bagi kalian penggemar mecha, pasti kenal dengan nama besar yang satu ini, Masami Obari. Beberapa karyanya yang populer adalah Dancouga, Gravion, dan juga Super Robot Wars. Animator dan character designer ini juga membuat beberapa ilustrasi untuk card game Bushiroad, Cardfight!! Vanguard. Ingin kenal lebih jauh dengan Masami Obari? Simak wawancara tim duniaku dengan Masami Obari.

Q: Apakah ini pertama kalinya kamu ke Singapura? Apakah ada tempat yang disuka?

Masami Obari: Ini bukan yang pertama kali. Pada kunjungan sebelumnya saya makan sate yang sangat enak, ke Merlion, dan ke Sentosa. Namun pada kunjungan kali ini, saya tidak sempat ke mana-mana.

Q: Diantara semua design mecha yang pernah dikerjakan, mana yang menjadi favorit kamu?

Masami Obari: Mecha dari Super Robot Taisen, dan juga Great Daikaizer dari Bushiroad.

Masami Obari, Pose Pedangnya Terinspirasi dari Kendo!

Q: Darimana kamu mendapatkan inspirasi untuk men-design mecha?

Masami Obari: Saya membayangkan robot seperti manusia, jadi saya memerhatikan otot manusia, dan saya menggambar robot berdasarkan otot manusia.

Q: Apakah kamu tahu bahwa terkadang orang-orang bisa mengenali hasil karyamu lewat pose memegang pedang dengan sudut pandang tertentu? Kamu cukup sering menggunakannya. Kenapa?

Masami Obari: Obari Pose? Sejak umur tiga tahun saya sering menonton dan bermain kendo, karena ayah saya adalah guru kendo. Dari situ saya terinpirasi. Saya menggunakannya dengan variasi yang berbeda.

Q: Sekarang kamu sudah menjadi nama besar di dunia mecha designer. Awalnya mengapa kamu memutuskan untuk menjadi mecha designer?

Masami Obari: Saya disuruh melakukannya, saya menerima tawaran, dan saya ingin mencoba. Saya bisa mengekspresikan apa yang saya mau, mengoptimalkan design dan ingin membuat design yang efisien. Biasanya saya meng-custom design saya tergantung situasi.

Masami Obari, Pose Pedangnya Terinspirasi dari Kendo!

Q: Kamu juga menjadi mecha designer untuk Gundam. Bagaimana rasanya bekerja sebagai mecha designer untuk seri sepopuler Gundam?

Masami Obari: Saya membuat design di Gundam Age. Acara tersebut untuk anak-anak, jadi saya harus mempertimbangkan hal tersebut ketika men-design. Saya ingin membuat Gundam yang berbeda dari yang sudah ada, bagaimana membuat Gundam yang tidak tampak seperti Gundam.

Q: Apakah kamu juga mengoleksi plastic model dari mecha design kamu sendiri? Bagaimana rasanya melihat mecha design-nya dalam bentuk plastic model?

Masami Obari: Saya selalu mendapatkan sampel, jadi saya punya semua plastic model dari design saya. Hal yang paling saya suka adalah ketika melihat design saya berupa part-part yang masih tersebar di runner. Saya sangat menikmati memandangi runner tersebut. Rasanya juga sangat luar biasa ketika menggerakkan plastic model tersebut. Saya bisa memainkan design saya dalam plastic model, rasanya menyenangkan.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU