Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Padahal Sony dan Microsoft baru aja jual PlayStation 4 dan Xbox One, Nintendo segera ngajak berantem lagi dengan lawan konsol next-gen yang baru!

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/17/konsol-baru-nintendo-nx-penerus-wii-u/" title="Konsol Baru Nintendo Disebut Nintendo NX"]

Pertengahan Maret 2015 lalu, Nintendo bikin geger dengan mengkonfirmasikan kerjasama mereka dengan DeNA, yang selama ini identik dengan game sosial dan mobile di Jepang. Kabar tersebut ramai menjadi buah bibir, apalagi dengan kenyataan sebelumnya Nintendo selalu mengelak ketika ditanya apakah mereka bakal terjun ke bisnis game mobile. Namun sepertinya Nintendo punya rencana lain. Mereka akhirnya membuka diri menerima eksistensi game mobile yang tak terbendung di Jepang, dan mengkonfirmasikan persetujuan mobile gaming dengan DeNA. Selain konferensi pers yang begitu mengejutkan tersebut, karena bahwa Nintendo akhirnya mau merelakan ikon-ikon mereka muncul di platform mobile, yang tak kalah menarik adalah ketika bos Nintendo, Satoru Iwata juga sekilas menyebutkan satu proyek sistem baru Nintendo, yang sementara ini disebut dengan kode “NX.”

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/03/23/game-nintendo-nx/" title="Wii U Masa Depan Nintendo"]

Awal Juni 2015 lalu, kabar yang tak kabal menghebohkan muncul, yang menyebutkan jika OS untuk platform Nintendo NX tersebut nantinya bakal berbasis pada sistem operasinya Google, yaitu Android. Jika benar seperti itu, maka jelas bakal merubah drastis paradigma yang selama ini dipegang Nintendo, dan pastinya itu bakal mempengaruhi kebijakan bisnis mereka ke depannya — yah, jika dilakukan tidak dengan cara yang mulus, ujung-ujungnya bisa muncul ketegangan internal, seperti yang terjadi di tubuh Konami seperti yang kami beritakan sebelumnya. Alasannya adalah karena saat ini keadaan Nintendo yang satu-demi-satu ditinggalkan developer game third-party, akhirnya memunculkan titik balik bagi Nintendo. Meskipun selama ini mereka memiliki filosofi mengembangkan software dan hardware mereka sendiri secara internal, titik balik tersebut sepertinya membuat Nintendo sadar, dan kini mereka bersiap merangkul platform yang lebih terbuka dengan Android, untuk memungkinkan (atau menarik kembali) developer masuk ke sistem baru mereka, yang sekaligus juga fleksibel agar konten tersebut bisa masuk ke smartphone dan tablet.

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Nintendo NX memang masih misterius. Namun banyak fakta yang mengarahkan jika Nintendo NX ini bakal menjadi konsol baru Nintendo. Selama E3 2015 pertengahan Juni 2015 lalu, Nintendo memang tidak mengkonfirmasikan satupun game Metroid baru. Namun melalui [outbound_link text="Eurogamer" link="http://www.eurogamer.net/articles/2015-06-17-next-proper-metroid-prime-would-likely-now-be-on-nx"], produser Metroid Prime Kensuke Tanabe mengatakan jika saat ini dia ingin membuat game Metroid Prime baru, maka dia ingin memberikannya untuk konsol Nintendo NX. 

"If we started for Wii U now, it would likely take three years or so. So it would likely now be on Nintendo's NX console." - Kensuke Tanabe

 

Kemudian game guru-nya Nintendo, Shigeru Miyamoto, melalui [outbound_link text="Fortune" link="https://fortune.com/2015/06/23/shigeru-miyamoto-wii-u/"], setidaknya juga mengatakan hal yang sama. Dia mengatakan jika dirinya memang tidak terlibat dalam mendesain Nintendo NX, namun dia berkonsentrasi di bagian software untuk platform trersebut.

“I’ve pulled myself back out of some of the hardware section and I’m really focused on some of the software that I’m involved in—for example, the new Star Fox game,” ujar Shigeru Miyamoto. Dia juga menambahkan, “Of course I am observing and looking at the hardware, but I am not actively participating and making decisions.” Miyamoto mungkin terlihat menganggap Nintendo NX ini tidak sepenting Wii U, sehingga dia tidak memilih ikut dalam proses pengembangan, namun dia ingin mempersiapkan gamenya, software-nya, dan kami rasa itu sudah cukup memberi bukti jika Nintendo NX ini bukan sekedar proyek sampingan Nintendo saja.

Namun mungkin yang paling legit adalah kabar yang satu ini. Selama [outbound_link text="shareholder meeting tahuan ke-75" link="http://www.nintendo.co.jp/ir/en/stock/meeting/150626qa/index.html"], presiden Nintendo Satoru Iwata mengutarakan beberapa hal, yang kemudian diterbitkan Nintendo melalui laman resminya. Dia mengakui kurangnya dukungan third-party untuk Wii U, berbeda dengan 3DS yang kaya akan dukungan third-party. Sedangkan menyinggung Nintendo NX, berikut jawaban Iwata:

“I will not share details on NX today but with regard to the launch of Nintendo 3DS and Wii U not necessarily having progressed well and not acquiring sufficient support from software publishers, we intend to offer NX through a Nintendo-like solution,” balas Iwata. “Thank you for understanding that we are making various considerations and preparations in order to avoid what happened with the previous generations.”

Dia melanjutkan: “On a different note, I believe the standard for software publishers in selecting what hardware to provide their games for is the installed base after all. The larger the installed base or the more it is believed that the installed base will largely expand, there is an aspect that more software publishers are likely to join in.”

“On the other hand, Nintendo is collaborating with various software publishers. At E3, which was held in the U.S. and is the largest trade show in the video game industry, we received many proposals for joint initiatives. In addition, Japanese software publishers have close relationships with our licensing department on a regular basis. As for collaborations with software publishers or their games, please consider that there are various ongoing projects below the surface.”

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Pernyataan resmi Iwata tersebut menegaskan, saat ini memang pihaknya sedang menerima permintaan kerjasama. Dalam konteks pernyataannya, kerjasama tersebut adalah untuk software-nya. Jika benar, maka Nintendo NX sepertinya sudah menjadi magnet, meskipun kita belum tahu seperti apa sistemnya. Atau, sebenarnya sudah ada, namun belum terpublish saja?

Masih dalam sesi tanya jawab selama shareholder meeting, Iwata melanjutkan responnya, perihal bagaimana dukungan Nintendo untuk Wii U setelah Nintendo NX, yang kini diduga merupakan konsol game itu dirilis:

“Regarding your concern about what will happen to Wii U or what will happen to Nintendo 3DS, NX is a new platform, so the installed base will have to be built up from zero. When NX is launched, there already will be a certain volume of Nintendo 3DS and Wii U hardware widely existing in the market, so from a software business perspective, it would be highly inefficient to stop releasing titles for Nintendo 3DS or Wii U right after the launch of NX,” balas Iwata.

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Nintendo akan terus mendukung Wii U dan 3DS meskipun Nintendo NX sudah dirilis, mengingat sudah ada banyak hardware kedua sistem tersebut yang beredar di pasaran. Tidak efisien dari segi bisnis jika menghentikan dukungan untuk platform yang lama, ujar Iwata.

“Therefore, while we are preparing NX for the future, we are discussing within our internal development teams as well as with the second-party developers we co-develop software with and also with third-party software publishers about how to continue creating software for Wii U and Nintendo 3DS. So, I believe that your point of concern should not happen immediately. As for Wii U, we will continue to make efforts, as it is a priority within the company to think about how we can satisfy the consumers who purchased this system to the maximum extent possible.”

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/01/nintendo-nx-android/" title="Nintendo NX Bakal Gunakan Android"]

Menurut Iwata, Nintendo NX dipersiapkan untuk masa depan mereka, dan pihaknya saat ini benar-benar mempersiapkannya secara matang, dan mendiskusikannya sampai ke developer di luar Nintendo, bagaimana melanjutkan dukungan untuk Wii U dan 3DS. Meskipun tampaknya Nintendo meyakinkan kita mereka tidak akan segera meninggalkan Wii U dan 3DS, yang menjadi ketakutan kami, sampai sejauh mana komitmen tersebut akan mereka pegang ya? Apalagi kini muncul kabar baru, jika Nintendo NX bakal diluncurkan tahun 2016 mendatang!

Lanjut ke halaman 2.... untuk detail terbaru lainnya mengenai Nintendo NX!

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016!

Sebelumnya memang dilaporkan jika Nintendo NX baru akan dikenalkan ke publik tahun 2017. Namun laporan terbaru menyebutkan jika konsol game next-generation Nintendo tersebut bakal terungkap 2016 mendatang. Bocoran ini muncul dari beberapa rekan supply chain yang diyakini bekerja sama dengan Nintendo untuk memulai produksi konsol ini Oktober 2015 mendatang. Dan seperti Wii U, konsol next-generation Nintendo NX diproduksi oleh Foxconn Electronics (Hon Hai Precision Industry). Namun ada kabar jika Pegatron Technology juga agresif mendekati Nintendo untuk mendapatkan tender sebagian produksi konsol baru ini.

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016! Dipotong harganya bolak-balik, tetep aja ga laku-laku ya... Nasibmu Wii U![/caption]

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/06/03/nintendo-nx-batal-pakai-android/" title="Nintendo NX Ga Jadi Gunakan Android?"]

Menurut Digitimes, Pegatron dan Foxconn memang membantah rumor tersebut, namun mereka mendapatkan suara dari pihak yang paham mengenai hal ini. Nintendo dikabarkan sudah memulai kunjungan ke mitra pemasok baru-baru ini. Dan pesanan mereka seharusnya selesai antara Februari sampai Maret 2016, dan produksi masal / perangkaian part tersebut dimulai Mei atau Juni 2016, dengan target peluncuran resmi Nintendo NX sekitar bulan Juli 2016 mendatang. Nintendo juga dilaporkan menarget pengapalan 20 juta unit Nintendo NX untuk tahun pertamanya, atau 10 kali lipat lebih besar dibandingkan volume pengapalan Wii U tahun 2015 ini, yang diperkirakan hanya dua juta unit saja.

Pemasok part yang akan digunakan merangkai Nintendo NX, seperti Foxconn Technology, Macronix, PixArt Imaging, Coxon Precise Industrial, Nishoku Technology, Delta Electronics, Lingsen Precision Industries dan Jentech, juga diduga bakal menerima pesanan dari Nintendo untuk konsol baru mereka ini.

Siap-Siap Jual Wii U, Konsol Next-Gen Nintendo NX Diluncurkan Juli 2016! Bahkan konsol berbentuk seperti stavolt, atau UPS ini, justru lebih laku dibandingkan Wii U![/caption]

Sepertinya Nintendo sudah tidak sabar menabuh genderang konsol generasi baru, yaitu Generasi Sembilan, lebih awal ya pada tahun 2016 mendatang (jika benar Nintendo NX ini adalah konsol penerus Wii U). Nintendo Wii U mereka yang dikenalkan November 2012 lalu gagal memenuhi ekspektasi, dan sejauh ini terjual tidak sampai 10 juta unit. Bandingkan dengan PlayStation 4 yang memimpin penjualan di angka 23 jutaan unit, dan itu dicapai dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan konsol game manapun. Prestasi buruk Wii U menjadikan konsol generasi delapan Nintendo tersebut harus menanggung malu sebagai konsol game mereka yang paling susah lakuknya! Bahkan dibandingkan konsol generasi ke-6, Nintendo GameCube yang terjual hanya 22 juta unit sampai discontinued tahun 2010 lalu, dari pertama kali diluncurkan pada tahun 2001. Dan yang paling penting, jika benar Nintendo NX bakal terlahir sebagai konsol penerus Wii U, lantas bagaimana nasib 3DS dan Wii U nantinya ya?

[outbound_link text="Sumber" link="http://www.digitimes.com/news/a20150702PD204.html"] 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU