10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Berikut adalah 10 hal tentang mendiang presiden Nintendo, Satoru Iwata ini semasa hidupnya yang mungkin belum banyak diketahui gamer.

10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Satoru Iwata benar-benar merupakan salah satu legenda di industri game. Berikut adalah 10 hal tentang mendiang presiden Nintendo ini semasa hidupnya yang mungkin belum kamu ketahui.

[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/07/duniaku-iwata-12.jpg">10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Iwata memang dikenal sebagai salah satu gamer "akut". Bahkan, dalam salah satu kutipan terkenalnya, dia menyebutkan bahwa meskipun dirinya seorang developer game, di hati yang terdalam dia menyebut dirinya sebagai seorang gamer. Dengan passion di dunia game tersebut, Iwata pun mulai belajar programming dan membuat game pertamanya di usia yang sangat muda, yaitu saat SMA.


[page_break no="2" title="Super Billiards adalah Game Pertamanya yang Berhasil Dirilis"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Saat duduk di bangku kuliah di awal 80-an, Iwata membuat sebuah game biliar berjudul Super Billiards untuk MSX. Itu adalah game pertama buatannya yang berhasil dipasarkan ke dunia. Pada saat itu, sembari kuliah dia juga bekerja di sebuah perusahaan bernama HAL Laboratories, yang merupakan salah satu studio milik Nintendo.


[page_break no="3" title="Iwata-lah yang Menyelamatkan Earthbound"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Earthbound adalah game pertama yang sukses di bawah kendali Satoru Iwata. Meskipun saat dirilis terlihat bahwa Earthbound adalah game yang sempurna dan mendapatkan banyak respon positif, namun banyak yang tidak tahu bahwa proses pengembangan awalnya ternyata sangat "suram". Banyak masalah yang melanda tim pengembang, hingga pada satu titik game ini sepertinya tidak bisa terwujud.

Sebagai seorang produser dan juga pemimpin proyek game ini, Iwata pun akhirnya turun tangan dan menulis ulang ribuan baris kode dari game ini, sehingga Earthbound pun akhirnya bisa berjalan dengan baik di SNES pada waktu itu. Tangan dingin dari Iwata yang membuat Earthbound sukses setelah sebelumnya hampir "mati" ini disebut-sebut sebagai salah satu "keajaiban" dalam sejarah game development...


[page_break no="4" title="Hidupnya Dihabiskan untuk Nintendo"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Dari awal karirnya di dunia game development hingga akhir menutup mata, Iwata benar-benar mencurahkan seluruh pikiran dan tenaganya untuk Nintendo. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, dia mengawali karir di HAL Laboratory yang merupakan anak perusahaan dari Nintendo. Lantas, dia melanjutkan 25 tahun karirnya di Nintendo dengan berbagai posisi, hingga akhirnya menjadi presiden mulai 2002 hingga 2015 saat dia meninggal dunia.


[page_break no="5" title="Iwata Adalah Seorang Programmer Hebat!"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Iwata dikenal sebagai salah satu programmer "super" dalam sejarah game development. Buktinya adalah Earthbound yang akhirnya bangkit dari "kubur". Bukan hanya itu, dia juga dikenal sebagai salah satu programmer tercepat yang pernah ada. Salah satu buktinya pada tahun 1998, dimana dia menulis sendiri baris-baris kode untuk sistem pertarungan Pokemon Stadium (Nintendo 64) dari nol dan akhirnya selesai hanya dalam waktu satu minggu saja!

Lanjut ke Halaman 2...


[page_break no="6" title="Satu-satunya Orang yang Mendobrak Dominasi Yamauchi"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Dinasti Yamauchi sudah sejak lama turun temurun menjadi presiden dan juga menduduki jabatan-jabatan penting di Nintendo. Nah, Iwata-lah yang merobohkan dominasi tersebut, dimana Iwata adalah presiden pertama Nintendo yang bukan berasal dari keluarga Yamauchi saat mengambil alih kursi tersebut pada tahun 2002 lalu.


[page_break no="7" title="Sosok yang Percaya Konsol dan Handheld Bisa Menjadi Satu"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Iwata adalah sosok yang percaya bahwa Nintendo bisa mengurangi gap yang ada diantara handheld dan konsol. Oleh karena itu, banyak pihak yang percaya bahwa Nintendo NX yang saat ini tengah dikembangkan adalah perwujudan dari ide Iwata tersebut, sebuah sistem yang merupakan gabungan dari handheld dan konsol. Nintendo NX ini tentunya akan menjadi warisan terakhir dari Iwata...


[page_break no="8" title="Sosok yang Ingin Harga Game Semurah Mungkin"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Dalam sebuah wawancara tahun 2006 lalu, Iwata pernah mengatakan bahwa dirinya percaya bahwa developer dan publisher bisa menekan harga dari sebuah kopi game hingga di bawah US $50 untuk semua game. Namun sayang, saat ini masih ada beberapa judul yang dijual di atas harga tersebut. Semoga ke depan benar-benar terwujud ya...


[page_break no="9" title="Bersedia Potong Gaji demi Perusahaan"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Kilas balik tahun 2014 lalu, Nintendo sempat mengalami kerugian cukup besar dan mengalami kesulitan finansial. Daripada memotong gaji karyawan, Iwata pun memiliki inisiatif untuk memotong separuh gajinya sendiri demi kembalinya stabilitas perusahaan. Dan apa yang dilakukan Iwata ini benar-benar membawa dampak yang signifikan, dan keuangan Nintendo pun berangsur-angsur stabil pada awal 2015 kemarin.


[page_break no="10" title="Sosok yang Suka Memberikan Kejutan"]


10 Hal Tentang Satoru Iwata yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

Iwata sadar, bahwa Wii membutuhkan sebuah game Super Smash Bros. untuk meningkatkan penjualannya. Jadi, dalam E3 2005 lalu dia mengkonfirmasikan game Super Smash Bros. baru untuk Wii. Yang mengejutkan, ternyata belum ada developer yang ditunjuk untuk mengerjakan game tersebut! Idenya sederhana, setelah konfirmasi ini dia akan mendatangi HAL dan menyuruh mereka untuk membuat game ini. Jika mereka menolak, masih ada rencana "cadangan" untuk mem-porting Super Smash Bros. Melee dari GameCube ke Wii dengan dukungan Wi-Fi. Ternyata, HAL menyetujui ide dari Iwata dan akhirnya membuat Super Smash Bros. baru!

Sumber: [outbound_link text="TechRadar" link="http://www.techradar.com/news/gaming/10-things-you-might-not-know-about-nintendo-s-satoru-iwata-1299085"]/[outbound_link text="GR" link="http://www.gamerevolution.com/features/a-great-man-10-things-you-might-not-know-about-satoru-iwata#/slide/10"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU