7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu

Setelah melihat foto Pluto dari dekat, mimin terkesima. Semua bayangan mimin sebelumnya soal Pluto runtuh, membuat mimin takjub menatap wujud aslinya. Awalnya mimin kira Pluto itu anjing.

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu

Planet Pluto termasuk dalam dwarf planet sistem tata tata surya. Planet yang berada paling jauh dari matahari dan dikatakan sebagai planet paling kecil. Planet Pluto menjadi benda tata surya yang sempat menjadi perhatian. Bagi pecinta astronomi, mengenal lebih jauh mengenai Pluto tentu menarik. Sampai mencoba mengulik apa yang terjadi pada Pluto hingga ditemukan sejumlah fakta-fakta mengenai planet bernama Pluto ini.


[page_break no="1" title="Planet Pluto Bukan Lagi Planet"]


[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/07/pluto-orbit.jpg">7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu


[page_break no="2" title="Planet Pluto Masih Planet?"]


[read_more link="https://static.duniaku.net/2015/07/new-horizons.jpg">7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu New Horizons[/caption]


[page_break no="5" title="Pluto Memiliki Ukuran Besar"]


Sebutan Pluto sebagai planet kecil atau kerdil, ternyata tidak kemudian disesuaikan dengan ukurannya. Memberikan fakta melalui pengukuran berdasar corak yang gelap dari garis khatulistiwa atau The Whale. Pada Pluto juga memiliki kawasan yang dapat dikatakan teras dan luas. Bagian atas Pluto sendiri tepatnya bagian kawasan pada kutub memiliki tingkat keterangan yang dapat dikatakan lumayan.

Bukti lainnya bahwa Pluto memiliki ukuran besar terlihat dari kawasan sebelah kanan dari planet tersebut diperkirakan memiliki ukuran 2000 kilometer. Dengan diameter mencapai 1473 mil berdasarkan pengamatan dari pesawat antariksa New Horizons NASA.

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu


[page_break no="6" title="Keunikan Orbit Pluto"]


Pluto merupakan benda langit yang memiliki bidang lintasan tidak sejajar. Dibanding planet lainnya, Pluto memiliki keunikan orbit yaitu sangat lonjong. Sehingga terlihat memiliki orbit yang ke luar melewati orbit Neptunus.

Pastinya meskipun suatu kali Pluto melewati orbit Neptunus, Pluto tidak sekalipun akan menabrak planet Neptunus tersebut dikarenakan orbit yang dilewati oleh Pluto berada jauh dengan keberadaan planet Neptunus.


[page_break no="7" title="Foto Pertama Pluto"]


Dikabarkan hingga kini pesawat antariksa New Horizons yang tidak memiliki awak menjalankan misi untuk mengamati Pluto dan benda langit seperti bulan-bulan di sekitar Pluto.

New Horizons ini telah berhasil terbang melintasi Pluto dalam jarak terdekatnya. New Horizons melintas 12,5 ribu kilometer di atas permukaan Pluto dengan kecepatan 45 ribu kilometer per jam pada pukul 7.49, Selasa pagi waktu Amerika Serikat. Jarak tersebut menjadi yang terdekat sejak New Horizons menjelajah ruang angkasa selama hampir 10 tahun.

Dan inilah foto pertama Planet Pluto yang dikirimkan dari New Horizons:

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu

Dan ini adalah berbagai reaksi terbaik netizen terhadap foto Pluto:

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu Kalau ini Pluto dari Disney[/caption]

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu From Pluto, with love...[/caption]

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu First high resolution image of Pluto causes concern:[/caption]

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu Commander Shepard, Pluto is in range. Send out probe?[/caption]

7 Fakta Planet Pluto yang Kamu Harus Tahu

Foto-foto tadi menutup tujuh fakta terkait benda tata surya bernama Planet Pluto.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU