Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Laptop Jatuh

Jangan buru-buru panik ataupun cuek bebek jika laptopmu tanpa sengaja terjatuh. Berikut ini adalah lima hal yang wajib kamu lakukan ketika laptop jatuh.

Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Laptop Jatuh

Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Laptop JatuhLaptop bukan lah barang mahal di era ini. Hampir setiap keluarga setidaknya memiliki satu laptop. Hanya saja nilai suatu laptop kadang tidak dinilai dari spesifikasi nya, melainkan isi laptopnya. Tentu bukan hal yang menyenangkan jika tiba-tiba tanpa sengaja kamu menjatuhkan laptopmu. Jika hal tersebut terjadi, jangan panik. Hal yang kamu harus lakukan adalah menenagkan dirimu. Di era ini melihat laptop jatuh adalah hal yang biasa. Jangan sampe panik dan malah membuat keadaan semakin kacau. Yang perlu kamu lakukan adalah memastikan laptop mu berada dalam keadaan yang baik-baik saja. Berikut ini adalah hal yang wajib kamu lakukan ketika laptop jatuh.


[page_break no="1" title="Periksa badan laptop"]


Hal pertama yang wajib kamu lakukan ketika laptop jatuh adalah melihat kerusakan pada badan laptop. Periksa apakah ada bagian yang pecah atau retak, terutama di bagian layar dan badan laptop. Pada bagian port kamu harus menggunakan senter atau pencahayaan yang jelas, agar bisa memastikan tidak ada kerusakan atau sambungan yang lepas pada bagian dalam. Jika ternyata ada kerusakan pada port, kamu punya dua pilihan. Terus menggunakan laptop dengan membiarkan port (usb misalnya) tetap rusak, atau mengganti motherboad-mu. Kenapa? Port adalah bagian dari Motherboard, jka port rusak berarti begitu pula dengan motherboard mu.


[page_break no="2" title="Memastikan tidak ada suara aneh dari laptop"]


Hal kedua yang wajib kamu lakukan ketika laptop jatuh adalah mendengarkan suara laptop. Apakah laptop sedang dalam keadaan mati ketika jatuh? Jika iya coba hidupkan. Jika ternyata tidak hidup nampaknya ada kerusakan pada motherboard. Jika laptop sedang dalam keadaan menyala ketika jatuh, coba letakkan telingamu didekat laptop. Jika kamu mendengar suara-suara yang tidak normal seperti ketukan kemungkinan besar ada masalah pada RAM-mu. Coba lepaskan lalu kemudian pasang lagi RAM-mu. Jangan mencoba membongkar laptop jika kamu tidak punya pengalaman. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan laptop-mu bertambah parah.


[page_break no="3" title="Memastikan tidak ada kerusakan pada layar"]


Hal yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Laptop JatuhHal ketiga yang wajib kamu lakukan ketika laptop jatuh adalah memeriksa bagian layar. Layar adalah bagian yang lumayan rumit di laptop. Seringkali terlihat seperti tidak ada kerusakan apa-apa di bagian layar, tapi nyatanya muncul bintik hitam, garis atau bahkan lingkarang ketika di hidupkan. Hal ini mungkin saja terjadi jika terjadi kerusakan pada deretan pixel-nya. Jika ini terjadi, kamu tak punya pilihan selain mengganti layarmu.


[page_break no="4" title="Memastikan Sistem Operasi Lancar"]


[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/07/11/pertimbangkan-hal-hal-ini-sebelum-membeli-handphone/" title="Pertimbangkan Hal-hal Ini Sebelum Membeli Handphone!"]

Hal keempat yang wajib kamu lakukan ketika laptop jatuh adalah memastikan sistem operasimu baik-baik saja. Seringkali saat laptop terjatuh hal yang terjadi adalah gagal booting. Jika ini terjadi mungkin-mungkin saja sumber masalahnya ada pada harddisk. Pada kerusakan ringan, hal yang biasa terjadi adalah sering hang pasca terjatuh. Kenapa? Hard disk adalah bagian laptop yang lumayan sensitif. Bisa-bisa saja ketika terjatuh, ada data yang hilang dari hard disk. Jika ini terjadi, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah menginstal ulang sistem operasi laptopmu. Jika kamu punya back up datamu, tentu saja kamu bisa mengembalikannya ke restore point yang sudah kamu tentukan.


[page_break no="5" title="Mengamankan data"]


Hal ke lima yang wajib kamu lakukan ketika laptop terjatuh adalah mengamankan data. Jika layar laptop, badan laptop, serta sistem operasimu baik-baik saja pasca terjatuh jangan senang terlebih dahulu. Sering kali karena sebelum terjatuh laptop sudah sering hang, kamu menganggap normal jika laptop tetap hang pasca terjatuh. Padahal ada kemungkinan hard disk terkena bad sector yang lumayan parah, dan berbahaya jika tetap di biarkan. Jika ini terjadi, amankan data-data pentingmu di harddisk external ataupun cloud storage seperti dropbox. Bad sector pada harddisk bisa kamu perbaiki dengan fitur tools disk check jika kamu menggunakan windows.

Bagaimana, apakah permasalahanmu masih ada? Jika menemukan permasalahan lain ketika laptopmu terjatuh silahkan tulis di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU