Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Anime moster dituntut menawarkan cerita dan monster yang menarik. Apa anime monster terbaik versi Duniaku? Apakah Yokai Watch yang segera ditayangkan di Indonesia juga masuk ke dalam pilihan?

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Banyak sekali anime yang diangkat dari game atau sebaliknya kemudian diadaptasi menjadi game setelah animenya sukses. Hal ini sering sekali terjadi pada anime dengan melibatkan monster sebagai partner sang tokoh utama. Anime Monster umumnya memang memiliki cerita yang sederhana karena sebagain besar ditujukan pada anak-anak. Namun, bentuk karakter yang unik dan menariklah yang menjadikan beberapa anime monster berikut ini sangat populer. Berikut anime-anime monster terbaik versi duniaku!


[page_break no="" title="Yokai Watch"]


Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Inilah pendatang baru sekaligus bisa dibilang penguasa dalam genre anime monster saat ini. Yokai Watch awalnya merupakan sebuah game RPG yang dibuat dan dirilis oleh Level-5. Game ini pertama kali dirilis di Jepang pada 11 Juli 2013 untuk platform Nintendo 3DS. Berkat kesuksesan seri pertama dari game ini maka beberapa seri game selanjutnya dirilis kemudian. Sepintas gameplay dari Yokai Watch serupa dengan sang pendahulu, Pokemon. Dimana sang pemain akan bertualang dalam dunia Yokai Watch untuk bertemu dan berteman dengan para Yokai. Jika Pokemon menggunakan Pokeball untuk menangkap para pokemon, maka dalam Yokai Watch digunakan Yokai Medal untuk menangkap dan kemudian memanggi para Yokai ini. Tidak mengherankan jika di kemudian hari game ini juga diangkat dalam bentuk animanga.

Hingga hari ini telah ada beberapa manga yang ditulis berdasarkan cerita dalam Yokai Watch. Ada manga yang ditulis oleh Konishi Noriyuki dengan genre shounen dan dirilis oleh CoroCoro Comic sejak 2012. Lalu ada sebuah manga shoujo yang ditulis oleh Mori Chikako dan dirilis dalam majalah manga Ciao sejak 2013 dan beberapa judul manga lainnya. Manga buatan Konishi Noriyuki bahkan memperoleh 2 kali penghargaan pada Shogakukan Manga Award untuk Best Children Manga.

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Tidak hanya berhenti di manga, Yokai Watch juga diadaptasi dalam bentuk anime. Anime Yokai Watch mulai ditayangkan di Jepang sejak 8 Januari 2014. Hingga hari ini anime Yokai Watch masih terus diputar dan telah mencapai lebih dari 80 episode dan 2 judul movie. Di Indonesia sendiri anime Yokai Watch sudah bisa disaksikan melalui jaringan TV kabel Toonami.

[youtube_embed id="MxVcv9vpWZ4"]

Seolah belum puas dengan kepopulerannya, untuk episode 51-67 lagu ending anime Yokai Watch dinyanyikan oleh NyaKB, sebuah sub-unit khusus dari idol group AKB48.

[youtube_embed id="LwIm_TSvhyQ"]

Bahkan Yokai Watch mendapatkan segmen khusus dalam acara Kouhaku Uta Gassen pada akhir tahun 2014 lalu. Kouhaku Uta Gassen sendiri merupakan sebuah acara musik bergengsi yang diadakan setiap akhir tahun oleh stasiun TV NHK.

Dengan berbagai adaptasi jelas berbagai merchandise resmi Yokai Watch mendapatkan respon yang cukup positif terutama dari masyarakat Jepang khususnya anak-anak.

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku! Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Ssstt.. Ada desas-desus yang mengatakan bahwa Bandai Namco selaku produsen merchandise resmi Yokai Watch siap merilis mainan-mainan ini di Indonesia juga!

Lanjut ke halaman 2..... 


[page_break no="" title="Pokémon"]


Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Gotta Catch 'Em All! Itulah slogan utama game yang telah dirilis sejak 1996 ini. Game yang turut membawa konsol Nintendo Game Boy menuju era keemasan ini memang tidak bisa dilupakan jika kita membicarakan mengenai game RPG dengan berbagai monster lucu. Diawali dengan dua buah seri, Pokemon Red dan Green, serta hanya ada 150 Pokemon,game ciptaan Tajiri Satoshi ini kini telah berevolusi dan mencapai Generasi VI dengan ribuan pokemon.

Kesuksesan game Pokemon yang sangat luar biasa membuat game ini akhirnya diadaptasi dalam format lainnya. Untuk pertama kalinya pada 1 April 1997 petualangan Satoshi (atau lebih dikenal dengan nama Ash untuk versi barat atau disebut dengan nama Ali pada versi Indonesia) dan Pikachu mulai ditayangkan di televisi. Seri pertama anime ini sangatlah sukses dan berhasil tayang sebanyak 276 episode atau lebih dari 5 tahun!

[youtube_embed id="hw9PSzfFTcs"]

Seolah belum cukup menghibur para penggemar Pokemon dan tentunya sebagai sarana promosi evolusi game yang sejalan dengan evolusi cerita animenya berbagai sekuel anime Pokemon pun dibuat. Mulai dari Pokemon Advance Generation, Pokemon Diamond & Pearl, Pokemon Best Wishes!, hingga Pokemon XY yang ditayangkan sejak 2013 hingga hari ini membuktikan anime ini sudah pantas disebut sebagai salah satu anime sepanjang masa. Tidak hanya serial TV, belasan movie Pokemon juga dirilis setiap tahunnya sejak Pokémon: The First Movie—Mewtwo Strikes Back pada 1998.

Tidak hanya anime, Pokemon juga diangkat dalam berbagai judul manga. Salah satu yang paling populer adalah Dengeki! Pikachu, yang juga dirilis pada 1997 dan memiliki konsep cerita yang hampir mirip dengan versi animenya. Sama seperti sang junior, Yokai Watch, yang memiliki beberapa versi adaptasi manga, Pokemon juga memiliki banyak sekali adaptasi manga yang ditulis oleh penulis yang berbeda-beda.

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Sebelum anime Pokemon mulai ditayangkan sebuah trading card game juga dirilis pada Oktober 1996. Hingga hari ini permainan kartu Pokemon ini juga masih populer dan termasuk kedalam salah satu cabang yang diperlombakan dalam Pokemon World Championship.

[embedly url="https://twitter.com/Pokemon/status/640547351019585538"]

[youtube_embed id="nYfuuf9mNNM"]

Dan anime bertema monster terakhir, pasti sudah bisa ditebak! Lanjut ke halaman 3...


[page_break no="" title="Digimon"]


Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Jika kebanyakan anime monster diangkat dari permainan konsol, lain halnya dengan Digimon. Anime ini diangkat dari perkembangan tamagotchi, sebuah permainan hewan peliharaan maya yang sangat populer di akhir 90an hingga awal 2000an. Jika umumnya pada tamagotchi kita hanya bisa memberi makan atau bermain dengan hewan peliharaan maya kita, maka "Digital Monster" menawarkan konsep baru. Mainan yang dibuat oleh Bandai pada 1997 ini menawarkan konsep evolusi dan pertarungan antar pemilik mainan ini. Hal ini juga menjelaskan konsep karakter 8 bit yg sering kali muncul pada anime ini, sesuai dengan tampilan yang ada pada layar tamagotchi.

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Diantara semua anime monster lainnya Digimon rasanya pantas jika disebut sebagai anime monster dengan cerita yang terbaik. Ya rasanya banyak penggemar anime yang masih bisa menceritakan ulang dengan cukup detail beberapa kisah Digimon Adventure, Digimon 02 ataupun Digimon Tamers. Ya dibanding anime monster lainnya Digimon menyuguhkan drama yang lebih menarik. Pergolakan dan perjuangan para "anak-anak terpilih" dalam dunia digital ataupun ketika petualangan terjadi di dunia nyata pada seri Digimon Tamers, sangat menarik untuk diikuti. Tidak hanya itu konsep tiap seri anime Digimon selalu berbeda, yang paling terlihat adalah konsep evolusi para Digimon yang selalu berbeda pada tiap seri.

[youtube_embed id="D3sxjhZXYwI"]

Anime Digimon mulai menemui penurunan popularitas ketika Digimon Frontier ditayangkan. pada seri ini tidak ada partner Digimon yang mendampingi para anak-anak terpilih. Melainkan mereka sendirilah yang menjadi Digimon dengan adanya Spirit Evolution. Sepertinya Toei selaku studio yang menciptakan serial anime ini, ingin mengulang kesuksesan yang ada pada Digimon Tamers yang tidak terhubung dengan 2 seri Digimon pendahulunya. Konsep Spirit Evolution juga serupa dengan Matrix Evolution dari Champion ke Ultimate (ketika para anak-anak terpilih menyatu dengan para Digimonnya) yang muncul pada serial Digimon Tamers. Namun Spirit Evolution yang ada pada Digimon Frotier bagi kebanyakan fans Digimon sudah terlalu jauh. Walaupun tidak sedikit yang masih menyukai konsep ini.

[youtube_embed id="EXi7n5M4-Hk"]

Serial anime Digimon setelah Frontier cukup lama tertidur setelah usai penayangan Frontier pada 2003. Baru pada 2006 seri baru dari anime monster ini mendapat kelanjutan pada seri Digimon Savers. Setelah Digimon Savers kembali serial anime ini tertidur dan bangkit kembali dengan Digimon Xros Wars. Xros Wars mulai tayang dari 2010 dan mendapatkan 2 sekuel dan ditayangkan hingga Maret 2012.

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Untuk memperingati 15 tahun penayangan pertama Digimon Adventure, sebuah project khusus pun disiapkan. Awalnya diumumkan akan ada anime yang dirilis pada musim panas 2015 lalu dengan judul Digimon Tri. Pada seri kali ini akan menggunakan para anak-anak terpilih dan para Digimon yang sama dengan yang muncul pada anime Digimon Adventure 15 tahun lalu. Namun hingga dimulainya sesi anime musim panas tidak ada kejelasan mengenai anime ini. Padahal berbagai hal seperti merchandise, sticker LINE, hingga sang penyanyi Butter-fly, Wada Koji, meremix dan merilis ulang lagu opening legendaris tersebut tidak juga ada kejelasan. Hingga akhirnya Toei mengumumkan bahwa Digimon Tri merupakan movie dengan keseluruhan 6 seri dimana seri pertama akan dirilis pada 21 November mendatang.

[youtube_embed id="vIGcjZ2nxbI"]

Sama seperti anime moster lainnya yang memang secara tidak langsung ditujukan untuk franchise berbagai barang lainnya. Digimon juga diangkat dalam bentuk manga, beberapa video game, permainan kartu dan tentunya berbagai merchandise lainnya khas Agumon dan kawan-kawannya ini.

Inilah Anime Monster Terbaik Versi Duniaku!

Apakah ada anime monster lain yang menurut kalian lebih menarik? Atau lebih pantas masuk dalam daftar 3 anime monster terbaik ini? Jika ada silahkan suarakan pendapat kalian pada kolom komentar di bawah!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU