Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon!

Jenlas ini bukan untuk kalian yang cemen! Line Webtoon memiliki sejumlah judul horor yang menarik. Tapi yang mana yang bisa disebut sebagai yang terseram? Inilah lima diantaranya!

Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon!

Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon!Line Webtoon memiliki sejumlah judul yang menarik dalam kategori horor. Tapi yang mana saja yang pantas menyandang gelar komik horor terseram dibanding yang lain? Inilah lima di antaranya!

Sekedar informasi sebelum melanjutkan, kategori komik horor yang digunakan penulis sebagai perbandingan berdasarkan Line Webtoon versi Inggris. Alasannya adalah karena jumlah judulnya yang lebih banyak ketimbang yang sudah tersedia di versi Bahasa Indonesia, walau beberapa judul ini memang juga sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia karena kualitas mereka.

Penasaran? Mari kita mulai dari peringkat lima!


[page_break no="5" title="Hive"]


Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon![read_more link="https://static.duniaku.net/2015/10/Komik-Horor-Hive-Bugs.jpg">Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon!Drama, ketegangan, aksi, Hive memiliki semua unsur yang dibutuhkan untuk menyajikan kisah post-apocalypse memikat. Masalahnya hanya plotnya, yang semakin lama terasa agak tersendat. Tapi kalau kamu tidak memiliki masalah dengan itu, judul yang satu ini benar-benar akan menyita perhatianmu.

Hive adalah salah satu judul di daftar komik horor ini yang memiliki versi bahasa Indonesia. Hanya saja, yang tersedia sejauh ini baru delapan bab. Sepuluh persen saja dari bab yang sudah tersedia dalam versi Inggris.

[embedly url="https://static.duniaku.net/2015/10/Komik-Horor-Deep.jpg">Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon!Sejumlah mayat tiba-tiba mendarat di area pantai, mengejutkan pengunjung yang sedang bersenang-senang di sana. Namun para pengunjung, dan juga orang-orang yang menyaksikan temuan itu lewat TV, menghadapi kejutan yang lebih besar lagi tak lama kemudian: mayat-mayat itu tiba-tiba bangkit kembali. Dan mereka memiliki penampilan yang persis sama dengan orang-orang yang seharusnya sudah mati.

Deep menyajikan misteri yang menarik. Bahkan dari prolog pun pembaca sudah dijanjikan akan terjadi sesuatu yang besar, berhubungan dengan laut. Dan memang, saat akhirnya kekacauan mulai terjadi, komik horor yang satu ini pun benar-benar menyajikan aksi menegangkan. Dilihat dari bab terakhir, kengerian ini pun tampaknya akan semakin menjadi-jadi.

Komik Horor - Deep WebtoonKelemahan Deep, yang membuat komik horor ini tidak bisa menempati peringkat lebih tinggi? Alurnya yang lambat. Seperti Dead Days, komik horor Line Webtoon lain yang gagal menempati ranking di sini, Deep dihambat oleh plot yang berkembangnya pelan. Tapi kalau kamu cukup sabar membacanya hingga keadaan mulai kacau, komik horor ini pun dijamin akan menyajikan ketegangan dan misteri yang asyik untuk diikuti.

Kamu bisa membaca Deep lewat tautan di bawah.

[embedly url="https://static.duniaku.net/2015/10/Komik-Horor-Tales-of-the-Unusual.jpg">Komik Horor - Tales of the UnusualMungkin Tales of the Unusual adalah komik horor Line Webtoon yang paling terkenal. Beberapa ceritanya, seperti Beauty Water, bahkan sempat beredar terpisah di Facebook.

Kreatornya, Seongdae Oh, memang mampu menyajikan berbagai jenis horor di dalam karyanya ini. Mulai dari horor fantastis (seperti di The Gallery of the Damned, To Kill a Magician, Mysterious Potter), horor yang melibatkan paranoia (Winning Numbers), horor standar tentang hantu (Ghost Hunting, The Chat Room), hingga body horror (Beauty Water, Regeneration Seeds). Singkatnya, komik ini benar-benar menyajikan segala jenis horor untuk pembaca yang berbeda.

Di antara kengerian itu bahkan masih ada juga selipan cerita konyol (Lex Talionis) bahkan drama, yang kebetulan ada unsur supernaturalnya. (My Wife's Memories).

Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon!Kalau begitu kenapa di ranking ini Tales of the Unusual hanya menempati peringkat tiga? Karena nuansa gado-gado yang disajikan di dalamnya membuat kengerian yang tersaji terkesan tidak konsisten, saat penulis harus menilainya sebagai satu kesatuan judul. Bahkan tak ada jaminan bab yang baru keluar benar-benar adalah komik horor, bukannya drama atau komedi.

Judul ini juga mengalami masalah dalam pacing, terutama untuk kisah-kisah yang berjalan panjang seperti Beauty Water dan The Gallery of the Damned. Terasa kalau cerita-cerita itu bisa diakhiri dengan efektif lebih cepat, namun entah kenapa terus berjalan hingga 8-10 bab.

Meski begitu, Tales of the Unusual tetap salah satu komik horor terseram yang tersaji di Line Webtoon. Ini juga adalah satu judul yang sudah tersedia versi Indonesianya.

[embedly url="https://static.duniaku.net/2015/09/Komik-Seram-Chiller-1.jpg">Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon![read_more id="225158"]

Chiller mampu menduduki peringkat kedua karena kekuatan efek visual dan suaranya. Judul ini benar-benar menampilkan gambaran seperti apa potensi maksimal Web Comic. Keberadaan efek visual sederhana dan musiknya mampu membuat fans deg-degan mengantisipasi kemunculan arwah dan makhluk supernatural yang siap mengagetkan. Bahkan episode yang tak memiliki efek suara pun (5 dan 7) tetap dapat memberikan tensi tersendiri.

Yang menarik, meski digarap oleh orang yang berbeda-beda, sejauh ini kualitas gambar Chiller konsisten bagus. Belum ada keluhan mengenai gambar jelek yang menghambat kenyamanan membaca.

Lalu kenapa judul ini tidak lebih tinggi? Efek dari antologi, kadar seram yang disajikan Chiller tidak konsisten. Bab pertama cukup lumayan, bab kedua memiliki pembangunan ketegangan yang baik namun tak dilanjutkan dengan kejutan, dan selanjutnya. Sejauh ini, menurut penulis, puncak kengerian Chiller disajikan di episode empat. Bukan kebetulan kalau itulah episode yang memanfaatkan sepenuhnya fungsi efek visual dan audio, mulai dari bab yang lebih ramai dari biasanya hingga efek visual yang bisa mengejutkan saat terungkap twist di akhir.

Kamu bisa membaca Chiller lewat tautan di bawah. Kalau misalnya kamu tidak bisa membukanya di ponsel, coba lagi di Webtoon versi PC.

[embedly url="https://static.duniaku.net/2015/10/Komik-Horor-Distant-Sky.jpg">Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon![read_more id="225291"]

Bagi penulis, Distant Sky bukan sekedar komik horor terseram di Line Webtoon saja. Ini adalah salah satu komik survival horror terbaik di dunia, titik. Terutama di dua season pertama.

Seorang pemuda tanpa nama terbangun di tengah kegelapan, dikelilingi oleh sekumpulan mayat. Awalnya dia mengira dia sedang terjebak di dalam bangunan, karena kegelapan yang begitu pekat. Namun dia melihat papan reklame dan dia menyadari sesuatu: sejak awal, dia sudah berada di luar. Lalu kenapa sekelilingnya begitu gelap? Apa sebenarnya yang terjadi, dan kenapa dia bisa ada di sana? Untuk mengetahui jawabannya, kamu wajib membaca komik horor keren ini.

Yang membuat Distant Sky begitu memikat adalah kemampuan tim pembuatnya (Inwan Youn dan Sunhee Kim) untuk menyajikan nuansa survival horror yang sangat kental. Para protagonis komik ini harus menghadapi banyak sekali rintangan saat mereka melintasi zona bencana, mulai dari gangguan eksternal seperti sekumpulan orang gila yang tak ragu untuk menyerang mereka, hingga gangguan dari diri mereka sendiri, seperti kelelahan.

Dalam menyajikan komik horor, apa lagi survival horror, kreator wajib menyajikan sederet tantangan yang membuat fans deg-degan apakah tokoh utama dapat terus bertahan hidup. Seperti yang disebut di atas, Distant Sky benar-benar mampu menyajikan nuansa seperti itu dengan sangat baik. Selain itu juga selalu ada misteri yang disajikan di ceritanya. Setiap ada jawaban, muncul misteri lain yang membuat penasaran. Unsur-unsur ini dijamin membuat fans horor terus membaca komik yang satu ini hingga bab terakhir!

Kualitas gambarnya? Mungkin tidak istimewa. Bahkan mungkin masih di bawah Dead Days atau Deep, yang bisa menyajikan gambar dan warna indah ke dalam cerita horor. Meski begitu, artwork di Distant Sky benar-benar mampu mengangkat nuansa kelam dan putus asa yang ingin ditampilkan oleh tim kreatornya. Alih-alih sisa Korea pasca bencana, tokoh utama komik horor ini seakan diajak melintasi neraka.

Inilah Lima Komik Horor Terseram dari Line Webtoon!Tapi survival horror memiliki batas. Semakin sering protagonis cerita seperti ini disajikan mampu melewati rintangan-rintangan berbahaya, semakin pembaca cerita merasa bosan. Pertanyaannya adalah, apakah Distant Sky akan mengalami hal yang sama sebelum cerita suram ini berakhir? Penulis mulai merasa season 3 ini berjalan lebih lemah dari dua season sebelumnya karena penyebab tadi. Tapi jangan khawatir, sejauh ini komik horor yang satu ini masih sangat bisa dinikmati.

Kamu bisa membaca Distant Sky lewat tautan di bawah.

[embedly url="http://www.webtoons.com/en/thriller/distant-sky/list?title_no=75"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU