20 Anisong Terbaik yang Bikin Joget Pilihan Fans Jepang!

Only my railgun kalahkan Zankoku na Tenshi no These??

20 Anisong Terbaik yang Bikin Joget Pilihan Fans Jepang!

20 Anisong Terbaik yang Bikin Joget Pilihan Fans Jepang!

[read_more id="225852"]Anime dan anisong memang tidak bisa dipisahkan. Baik anisong yang digunakan sebagai OP, ED maupun BGM telah lama menjadi daya tarik tersendiri dari para otaku. Kali ini, charapedia membuat survey dari 10.000 orang untuk memilih anisong yang meningkatkan tensi mereka untuk ikut berjoget mengikuti irama lagu.


[page_break no="20" title="K-On!! - GO!GO!MANIAC"]

[youtube_embed id="-jeQ3bbFLSg"]

Bisa dibilang K-On! merupakan pelopor atau setidaknya yang membuat tren para seiyuu yang tidak hanya mengisi suara, namun turut serta menyanyikan opening maupun ending. Terlebih dengan musik yang upbeat khas Houkago Tea Time (nama band fiktif dalam anime ini), rasanya seluruh fans anime ini pasti ingin ikut bergoyang ketika mendengarkan anisong satu ini.



[page_break no="19" title="Himouto Umaru-chan! - Kakushinteki☆Metamaruphose"]

[youtube_embed id="b6-2P8RgT0A"]

Inilah salah satu anime yang menjadi bintang pada season lalu. Lagu yang juga dinyanyikan oleh seiyu dari Douma Umaru, Tanaka Aimi. Pada konser [outbound_link text="AFAID 2015" link="https://static.duniaku.net/2015/10/20-Anisong-Terbaik-2.jpg">20 Anisong Terbaik yang Bikin Joget Pilihan Fans Jepang!


[page_break no="14-15(Seri)" title="Sword Art Online II - IGNITE & Monogatari Series - Kimi no Shiranai Mono Gatari"]

[youtube_embed id="mTCESSzPZSw"]

[youtube_embed id="eLPs_w-FepA"]

[read_more id="224471"]Secara mengejutkan muncul jumlah suara yang sama untuk kedua lagu ini. Opening SAO II yang dinyanyikan oleh Aoi Eir ini harus puas berbagi peringkat dengan lagu ending Bakemonogatari buatan supercell, Kimi no Shiranai Monogatari. Kedua lagu ini pun sangat kontras, jika Ignite kental dengan musik rock anisong khas lagu Aoi Eir. Maka lagu Kimi no Shiranai Monogatari yang dinyanyikan oleh yanaginagi, justru mengusung musik pop yang lembut. Menurut kalian mana yang lebih baik dari kedua lagu ini?



[page_break no="13" title="Busou Renkin - Makka na Chikai"]

[youtube_embed id="KU7T_vI8sNw"]

Opening dari anime yang juga dibuat oleh mangaka Rurouni Kenshi, Watsuki Nobuhiro ini memang tidak bisa dianggap sebelah mata. Tidak hanya pertempuran para alchemy pengguna Busou Renkin. Tapi opening satu ini ternyata cukup membekas bagi para penikmat anisong.



[page_break no="12" title="Tokyo Ghoul - Unravel"]

[youtube_embed id="0SpyQ67GyPc"]

Lagu dari TK sang vokalis Ling Toshite Shigure ini memang sangat sesuai dengan nuansa gelap yang ada pada animenya. Rasanya tidak ada satupun penggemar anisong yang mampu menahan godaan untuk menggoyangkan kepala terutama ketika mendengarkan bagian reff.



[page_break no="11" title="PSYCHO-PASS 2 - Namae no Nai Kaibutsu"]

[youtube_embed id="gyJCjbXzcKc"]

Lagu buatan supercell untuk side projectnya, EGOIST ini memang selalu menarik perhatian. Dengan memadukan unsur musik elektro dan rock ditambah dengan lirik depresif, ryo (supercell) berhasil menyampaikan pesan anime ini. Ya, untuk season kedua dari anime ini memang mengusung tema yang lebih gelap dibanding season pertamanya. Terlebih kehadiran musuh baru, Kirito Kamui yang tidak dapat terdeteksi Sibyl System, seolah ia adalah monster tanpa nama (terjemahan untuk namae no nai kaibutsu).


20 Anisong Terbaik yang Bikin Joget Pilihan Fans Jepang!


[page_break no="10" title="Uta no ☆ Prince-sama ♪ - Maji LOVE 1000%"]

[youtube_embed id="fjo2qMJj6AA"]

Jika membicarakan mengenai utapri, jelas lagu satu ini adalah lagu yang paling terkenal.



[page_break no="9" title="Puella Madoka Magica - Connect"]

[youtube_embed id="oOTgjrRMkyo"]

Inilah lagu dari anime mahou shoujo paling fenomenal dalam 5 tahun terakhir. Lagu yang dinyanyikan oleh duo ClariS ini pun mendapatkan respon yang sangat baik sama seperti animenya sendiri. Meski animenya berbeda jauh dari standar anime mahou shojou namun, opening ini bisa menggunakan musik khas anisong mahou shoujo.



[page_break no="8" title="Kekkai Sensen - Sugar Song to Bitter Step"]

[youtube_embed id="3exsRhw3xt8"]

Lagu dari Unison Square Garden yang digunakan untuk ED ke-2 ini memang cukup menarik. Tidak hanya itu animenya sendiri cukup menarik banyak perhatian pada musim lalu. Dengan musik alternative rock khas Unison Square Garden lagu ini berhasil mencuri perhatian baik penikmat anisong maupun lagu Jepang secara umum.



[page_break no="7" title="Gintama (2015) - Pride Kakumei"]

[youtube_embed id="42edVU6gFqM"]

Opening ke-2 untuk seri Gintama yang sedang tayang saat ini sepertinya sama menariknya dengan animenya sendiri. Dengan suara lembut namun cukup bertenaga dari CHiCo ditambah dengan aransemen khas HoneyWorks. Seluruh lagu rilisan dari kedua musisi ini selalu menarik untuk didengarkan.



[page_break no="6" title="Digimon Adventure - Butter-Fly"]

[youtube_embed id="6sGsBgm1EMg"]

Inilah opening terbaik dan paling membekas dari seluruh seri digimon yang pernah ada. Para penggemar anisong jelas akan langsung bergoyang begitu mendengarkan intro dari lagu ini. Jangan heran jika kalian akan sering mendengarkan lagu ini dinyanyikan dalam berbagai event otaku.


20 Anisong Terbaik yang Bikin Joget Pilihan Fans Jepang!


[page_break no="5" title="Suzumiya Haruhi no Yuuutsu - God Knows"]

[youtube_embed id="WWB01IuMvzA"]

Anisong satu ini tidak digunakan sebagai opening maupun ending animenya. Melainkan sebuah insert song yang dinyanyikan oleh Haruhi (Hirano Aya) dan diiringi para karakter lainnya pada salah satu episodenya. Anime sendiri juga cukup fenomenal pada tahun 2006 dan masih terus dibicarakan hingga hari ini. Tidak mengherankan pada berbagai event anisong lagu ini sering sekali dimainkan.



[page_break no="4" title="Attack on Titan - Guren no Yumiya"]

[youtube_embed id="XMXgHfHxKVM"]

Tidak ada lagi yang bisa dikomentari dari lagu dan anime ini. Lagu ini bahkan mendapatkan slot khusus dalam Kouhaku Uta Gassen, sebuah acara TV akhir tahun bergengsi di NHK. Rasanya baik penggemar animenya maupun bukan pasti tahu lagu ini.



[page_break no="3" title="Neon Genesis Evangelion - Zankoku na Tenshi no These"]

[youtube_embed id="RuU8mxBTLEc"]

Lagu ini didaulat sebagai anisong paling laris dinyanyikan di karaoke. Kendati lagu ini dibuat untuk anime yang dirilis pada 20 tahun yang lalu, namun berkat masih berjalannnya project movie dan besarnya fandom anime ini lagu ini masih laris hingga sekarang. Sang komposer bahkan telah mendapatkan lebih dari 100 juta yen untuk royalti atas lagu ini!



[page_break no="2" title="Mahouka Koukou no Rettousei - Rising Hope"]

[youtube_embed id="1UKkQk1co90"]

[read_more id="224758"]Rasanya tidak berlebihan jika LiSA disebut sebagai salah satu penyanyi anisong tersukses dalam beberapa tahun terakhir. Seluruh karya LiSA yang digunakan untuk anisong terbukti sukses dan selalu diterima dengan baik oleh oara penggemar anisong. Tidak terkecuali anisong yang dirilis tahun lalu ini. Lagu ini pun seolah menjadi setlist wajib bagi LiSA di setiap penampilannya. Pada [outbound_link text="AFAID 2015" link="http://www.duniaku.net/2015/10/01/konser-afaid-2015-day-2-lisa-fripside/"] lalu, lagu ini pun tak ketinggalan dinyanyikan oleh LiSA.



[page_break no="1" title="Toaru Majutsu Index - Only my railgun"]

[youtube_embed id="VZQJQT1Tw9w"]

Secara mengejutkan lagu ini berhasil mengalahkan ke-19 lagu lainnya. Memang lagu ini sangat terkenal di kalangan pecinta anisong. Pada berbagai event anisong berskala besar pun lagu ini sering sekali dinyanyikan. Bisa dibilang lagu ini juga merupakan lagu tersukses dari fripSide hingga hari ini. Namun berhasil mengalahkan lagu legendaris seperti Butter-Fly maupun Zankoku na Tenshi no These jelas sangat luar biasa.


[read_more id="225400"]Survey Charapedia mengenai "20 Anisong Terbaik yang Bikin Joget" ini seperti biasa melibatkan 10.000 responden. Dengan detail 52.5% pria dan 47.5% wanita. Secara mengejutkan anisong Evangelion justru lebih populer dikalangan wanita (169 suara dari total 246 suara berasal dari wanita), padahal fandom Evangelion sendiri lebih banyak didominasi pria. Secara mengejutkan juga tidak ada satupun lagu dari Love Live ataupun IDOLM@STER yang masuk dalam 20 anisong terbaik versi ini. Hal ini menunjukkan bahwa para fans yang memberikan suaranya ini sebagian besar memang melihat lagunya dan tidak berdasar dari anime favorit mereka. Bagaimana dengan kalian, apa anisong yang bisa membuat kalian ingin berjoget dan berteriak menyanyikannya? Suarakan pendapat kalian di kolom komentar!

[outbound_link text="sumber" link="http://www.charapedia.jp/research/0088/"]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU