Siap-Siap Perang Robot! Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!

Wah, mimin jadi ingin cepat-cepat melihat hasil akhir patung Gundam ukuran raksasa ini! Akankah bakal dibuka juga theme park bertema Gundam di Jepang?

Siap-Siap Perang Robot!  Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!

Siap-Siap Perang Robot!  Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!

Setelah Setahun proyek pembuatan patung Gundam live-size bergerak akhirnya disetujui, dan bakal direalisasikan tahun 2019 mendatang.

Tahun lalu, Yoshiyuki Tomino sang kreator Mobile Suit Gundam menghadari acara Gundam Global Challange dari Sotsu Sunrise, sebuah kompetisi dimana para desainer harus merencanakan sebuah desain patung Gundam bergerak dengan skala 1:1, yang tingginya sekitar 18 meter. Patung tersebut nantinya akan didirikan di pulau Odaiba, Tokyo, Jepang. Acara pembuatan patung Gundam bergerak ini juga untuk memperingati hari jadinya franchise Mobile Suit Gundam yang ke 40. Hingga saat ini sudah ada empat desain yang sudah dipilih.

https://static.duniaku.net/2015/11/2.jpg">Siap-Siap Perang Robot!  Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!Yuya Kaneko dari institut ilmu pengetahuan dan teknologi Nara mengajukan dua patung berukuran asli baik Gundam dan Zaku (musuh bebuyutannya) saling bertarung dengan gaya gappuri-yotsu, suatu gerakan dari beladiri Sumo. Kedua robot dengan pose ini memudahkan mereka untuk bisa bergerak secara aman. Hal ini disebabkan kedua robot yang berpegangan memiliki tumpuan empat kaki, jadi lebih mudah dikontrol dibandingkan dengan robot dua kaki.

Siap-Siap Perang Robot!  Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!Sedangkan profesor Ming-Hsun Chiang mengajukan sebuah desain efisien energi dimana memberikan sebuah keseimbangan dibagian kaki patung, hal ini memungkinkan Gundam dapat berjalan.

Siap-Siap Perang Robot!  Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!Berbeda lagi dari ahli mesin ROBOFUTURE robotic bernama Yoshimitsu Kihara, mereka merancang sistem berjalan untuk Gundam dengan menggunakan ide "walking stage" dimana menggunakan podium berotasi dan perangkat bantuan yang mampu menjaga patung raksasa itu tidak jatuh.

Siap-Siap Perang Robot!  Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!Desain terakhir dari profesor Kei Okada dari Universitas Tokyo, School of Information Science and Technology. Ia mengajukan desain menggunakan sebuah software tatap muka yang membuat pengunjung bisa menggerakan Gundam sesuka yang mereka mau.

Siap-Siap Perang Robot!  Patung Gundam Live-Size Bergerak Hadir Tahun 2019!Keempat proposal desain ini telah dipilih dan disetujui, kini memasuki babak kedua dimana para desainer harus memikirkan bagaimana cara mengaplikasikannya. Jika salah satunya terpilih, maka pengerjaannya akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang. Semua staff yang disediakan bakal melanjutkan pekerjaannya hingga 2018 dan hasil patung Gundam jadinya bakal dirilis secara resmi pada tahun 2019, tepatnya pada musim panas, tepat pada liburan anak sekolah di Jepang. Sebelumnya, sebuah patung Gundam RX 78-2 pernah dibuat, akan tetapi patung itu hanya memiliki pergerakan terbatas di kepalanya saja. Dan kali ini mereka ingin membuat patung yang bisa bergerak menyerupai anime-nya.

Untuk para jurinya sendiri antara lain adalah: Yoshiyuki Tomino sang kreator Gundam, Shuji Hashimoto selaku wakil kepala Universitas Waseda, profesor Potoyo Hartono (orang Surabaya, Indonesia LOH!!) selaku pengajar teknik di Universitas Chukyo Jepang, dan creative & technical director Seiichi Sato. Nah, kita tunggu saja siapa dari keempat desainer tersebut yang bakal memenangkan kontes pembuatan patung Gundam bergerak nanti. Kalau pembaca suka desain yang mana?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU