Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush Syndrome

Setelah akhir mengejutkan episode 1, Jessica Jones episode 2 melanjutkan penyelidikan Jessica Jones. Benarkah Kilgrave sempat mati?

Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush Syndrome

Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush SyndromeLanjut dari ending mengejutkan episode 1, Jessica Jones episode 2 menampilkan usaha Jessica untuk menelusuri Kilgrave. Apakah manusia dengan kemampuan pengendalian pikiran itu benar-benar bangkit dari kematian?


[page_break no="1" title="Rangkuman"]


Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush SyndromeWalau ia tidak terlibat dalam pembunuhan di akhir episode 1, Jessica masih dicurigai oleh polisi. Mereka bahkan mengambil beberapa fotonya dari kantor, termasuk foto Jessica tentang Luke Cage. Pada akhirnya dia berhasil keluar dari kantor polisi tanpa masalah, namun foto Luke membuat dia ditanya-tanyai polisi juga. Setelah hubungan mereka sempat berlangsung "panas" di episode 1, Jessica Jones episode 2 justru diawali dengan Luke Cage yang tidak mau lagi berurusan dengan Jessica.

Jessica melanjutkan investigasinya terhadap Kilgrave. Dia memulai dari sumber yang paling mudah: Hope. Namun Hope tak bisa memberi informasi banyak. Ia hanya menyampaikan kalau Kilgrave pernah memaksanya untuk melompat berkali-kali, namun Kilgrave mengatakan kepada Hope lompatannya tidak sebaik Jessica. Mengingat Jessica mampu melompat sangat, sangat tinggi dengan sangat, sangat mudah, itu sudah bisa ditebak. Sepertinya Kilgrave sangat terobsesi dengan Jessica, hingga ia pun mencoba membuat korbannya meniru kemampuan Jessica.

Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush SyndromeSelain itu, satu-satunya nasihat yang bisa Hope berikan adalah agar Jessica membunuh dirinya sendiri sebelum terlambat. Bukan nasihat yang bermanfaat.

Meski Hope tidak bisa membantunya, Jessica tetap merasa kasihan terhadap korban terbaru Kilgrave itu. Ia sampai mendesak Hogarth untuk membantu Hope. Namun Hogarth menolak. Setidaknya, Jessica bisa mendesak Hogarth untuk memberinya kesempatan hingga ia menemukan bukti yang bisa meyakinkannya.

Dalam flashback, terungkap kalau Jessica sempat melawan dari pengaruh Kilgrave. Meski Kilgrave sudah meneriakinya, ia tetap berjalan menjauh... dan berhasil memancing Kilgrave untuk menjadi korban tabrakan. Itulah insiden yang seharusnya mengakhiri riwayat Kilgrave.

Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush SyndromeJessica mulai memeriksa pihak-pihak yang bertanggung jawab menuliskan catatan kematian Kilgrave. Pertama ia menemukan Jack Denton. Jack mengalami stroke setelah ia mendonorkan dua ginjalnya sekaligus. Namun pria itu berhasil bertahan hidup dengan bantuan mesin canggih yang dihibahkan kepadanya.

Jack mencoba menuliskan sebuah pesan ke Jessica. Namun alih-alih petunjuk, itu hanya permintaan agar Jessica membunuhnya. Jessica pun dihadapkan pada kemungkinan nyata apa yang akan terjadi kepadanya kalau ia gagal menghentikan Kilgrave.

Jessica ditemui oleh wanita yang sempat tidur dengan Luke di episode sebelumnya. Wanita itu menyampaikan kalau teman-teman suaminya, sekumpulan atlet rugby, hendak memukuli Luke. Jessica pun datang untuk menyelamatkan Luke... namun sepertinya Luke tidak membutuhkan bantuan. Pria itu bahkan tak terluka walau ia sudah dihajar. Tikaman pisau pun gagal menembus tubuhnya. Tetap saja, Luke meminta Jessica pergi.

Jessica Jones Episode 2 - Luke CageLewat mesin perawatan Jack Denton, Jessica berhasil menemukan dokter yang bertanggung jawab mengurus mesin itu untuk Jack. Sang dokter panik begitu melihat Jessica dan langsung melarikan diri. Namun Jessica berhasil menenangkan pria itu setelah ia menegaskan dia tidak bersama Kilgrave.

Pria itu lalu mengaku dialah yang bertanggung jawab terhadap operasi Jack Denton. Setelah beberapa orang yang tak bisa memberinya info, akhirnya sang dokter menyampaikan informasi penting kepada Jessica: Kilgrave tidak mau dibius. Ia menjalani operasi bedah ginjal dalam keadaan sadar. Ia tidak mau kehilangan kesadaran selain karena tidur.

Jessica lalu memaksa sang dokter untuk berbicara dengan Hogarth, dan akhirnya Hogarth pun mau menerima kasus Hope.

Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush SyndromeSebelum berakhir, episode 2 Jessica Jones ini sempat menunjukkan aktivitas beberapa tokoh selain Jessica. Yang pertama adalah Trish Walker. Setelah menyampaikan ia tak butuh perlindungan Jessica, diperlihatkan kalau dia diam-diam melatih kemampuan bela dirinya. Karena di komik karakter ini juga adalah superhero, Hellcat, menarik juga melihat dia membuktikan diri tak akan sekedar jadi tokoh pendukung.

Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush SyndromePenonton juga diperlihatkan kepada aksi Purple Man, yang akhirnya tampil pertama di layar. Masih ingat adegan di trailer, di mana ia mengetuk pintu, meminta diizinkan masuk, dan pemilik kamar mematuhi? Itulah yang terjadi di episode 2 Jessica Jones ini. Purple Man mungkin belum secara langsung menyerang Jessica, namun ia kembali menunjukkan betapa berbahayanya dia dalam adegan ini.

Terakhir? Luke Cage. Kalau di pertarungan bar penonton sudah diperlihatkan ia tahan tusukan dan hantaman, kali ini diperlihatkan ia juga tak bisa dilukai gergaji putar. Seperti komiknya, tubuh Luke benar-benar sulit dihancurkan.


[page_break no="2" title="Review"]


Review Jessica Jones Episode 2- AKA Crush SyndromeSeperti di episode sebelumnya, Jessica Jones mungkin lambat di beberapa bagian... namun bagian-bagian yang menarik benar-benar mampu menyerap perhatian dari awal sampai akhir. Ditambah pula dengan penampilan perdana Kilgrave, pertunjukan kekuatan Luke Cage, juga tanda-tanda kalau Trish Walker nantinya berpotensi menjadi Hellcate di Marvel Cinematic Universe... ini benar-benar episode yang memikat, terutama untuk fans karakter-karakter tersebut.

Investigasi Jessica terhadap Kilgrave baru memasuki awal. Kilgrave pun tampaknya baru bersiap-siap untuk menyiksa Jessica lagi. Di episode ini, Jessica menemukan potensi kelemahan Kilgrave. Akankah ia berhasil memanfaatkannya untuk melumpuhkan penjahat mengerikan itu?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU