10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan Anime

Mulai pedang dari game online Ragnarok Online, pedang panjang yang identik dengan Sephiroth dari Final Fantasy VII, hingga senjata utamanya Sasuke Uchiha, merupakan pedang ghoib yang memiliki cerita mistis...

10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan Anime

pedang legendaris

Ini dia kesepuluh pedang legendaris dan juga pedang gaib yang sering muncul di video game dan juga anime.

Sebuah video game baik bergenre Action atau RPG dan juga MMORPG selalu menampilkan senjata berupa pedang. Hal ini dikarenakan pemakai pedang merupakan simbol pembawa kedamaian yang berbudi luhur, serta memiliki kemampuan bertarung yang baik. Diantara banyaknya pedang itu, pasti ada pedang yang lebih kuat yang untuk mendapatkannya kamu harus melakukan Quest yang cukup sulit. Biasanya pedang-pedang yang lebih kuat tersebut diambil dari pedang legendaris dan juga pedang gaib baik dari legenda maupun mitos. Nah kali ini duniaku ingin memberikan daftar 10 pedang legendaris dan juga pedang gaib yang sering kali muncul di video game. Dipastikan kamu bisa lebih mengerti tentang asal usul pedang legendaris tersebut deh! Nah langsung saja yuk kita bahas satu per satu.

[page_break no="1" title="Shamshir"]

pedang legendarisShamshir merupakan pedang legendaris yang bentuknya unik yaitu melengkung 5 hingga 15 derajat dari ujung ke pangkalnya. Dalam bahasa Persia, "Shamshir" diartikan sebagai pedang. Meskipun terlihat biasa saja, ada cerita gaib dimana salah satu pedang legendaris bernama Shamshir-e Zomorrodnegar. Bahkan Fullad-zereh, seorang penyihir bertanduk yang kebal terhadap senjata apapun bisa terluka karena pedang legendaris ini. Dimiliki oleh raja Salomo, dan diamankan oleh Fullad-zereh. Iblis pun akan takut dengan senjata ini dan pemakainya pun akan kebal terhadap serangan sihir apapun. Luka yang disebabkan pedang legendaris ini pun hanya bisa diobati oleh ramuan misterius yang juga berisi otak Fullad-zereh. Pedang Shamshir sering muncul di banyak game action dan RPG, salah satunya yang paling terkenal ada di game Golden Sun.

[page_break no="2" title="Excalibur"]

10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan AnimePedang legendaris ini berasal dari cerita Raja Arthur dari legenda Inggris. Ada dua versi cerita yang muncul sebagai legenda. Pertama pedang Excalibur didapatkan oleh Arthur ketika hanya ia yang bisa mencabutnya ketika pedang ini menancap di sebuah batu besar dalam legenda "Sword in the Stone." Membuktikan dirinya memang layak menduduki singgasana kerajaan. Legenda lainnya mengatakan bahwa Arthur menerima Excalibur dari Lady of Lake (putri danau) setelah pedang pertamanya rusak. Saking terkenalnya pedang Excalibur ini, banyak game mengadaptasinya menjadi salah satu pedang terkuat di dalam game. Misalnya saja pada seri Final Fantasy, Tales, dan bahkan game fighting Soul Calibur.

[page_break no="3" title="Durandal"]

pedang legendarisPedang legendaris ini memiliki banyak cerita asal usul. Salah satunya adalah pedang ini dikatakan merupakan garapan Volund atau Wayland the Smith, seorang pandai besi legendaris. Namun ada juga yang mengatakan bahwa pedang ini dipinjamkan oleh seorang malaikat kepada Charlemagne (Karel yang Agung), lalu diberikan kepada Roland. Dalam sebuah puisi dikatakan didalam gagang pedang Durandal ada gigi emas Santo Petrus, darah dari Santo Basil, rambut dari Santo Denis, dan sepotong pakaian dari perawan Maria. Pedang ini juga dikatakan sebagai pedang tertajam yang pernah ada. Selain itu diceritakan pedang ini juga tidak bisa dihancurkan, pernah Roland ingin menghancurkannya agar tidak jatuh pada orang yang salah, tetapi tak ada yang bisa menghancurkannya. Pedang legendaris ini sering muncul di game RPG seperti di Tales of Innocence, beberapa seri Final Fantasy, dan juga Fire Emblem.

Lanjut ke halaman 2....

[page_break no="4" title="Joyeuse"]

pedang legendarisSelain memiliki Durandal ternyata Charlemagne juga memiliki pedang yang menemani dirinya untuk bertarung yaitu Joyeuse atau juga disebut Joyous. Charlemagne adalah cucu dari Karel Martel, pahlawan penyelamat Eropa yang mampu mengakhiri era bangsa barbar di Eropa dengan menjadi pemerintah pertama yang diakui oleh Paus. Ia berhasil mempersatukan bangsa Eropa kembali sejak kejatuhan kaisar Romawi. Dengan adanya persatuan itu, peperangan pun semakin berkurang dan masyarakat lebih bisa fokus pada pendidikan, kebudayaan, agama, dan keuangan. Karena kesuksesannya itu ia dijuluki Bapak orang Eropa. Pedang Joyeuse pun akhirnya turun menurun dimiliki oleh raja Perancis, dan hingga kini ada dua pedang yang dikaitkan dengan pedang legendaris ini. Yang pertama disimpan di chatzkammer Weltliche di Wina, dan satu lagi ditempatkan di Louvre di Perancis. Pedang ini muncul dibeberapa game seperti di Fantasy Life sebagai pedang Paladin terkuat dan juga di Castlevania: Dawn of Sorrow, sebagai evolusi pedang terkuat.

[page_break no="5" title="Gram/Balmung/Nothung"]

pedang legendarisMerupakan pedang gaib yang muncul di mitologi Norwegia. Gram ditempa oleh Volund, seorang master pandai besi legendaris yang sangat terkenal. Pedang ini didapatkan Sigmund di Hall of Volsung, setelah ia berhasil mencabut pedang tersebut yang menancap di pohon Barnstokkr, dimana dewa Odin sendiri yang menancapkannya. Ketika perang, pedang Gram hancur ketika Sigmund tertusuk tombak musuh. Sebelum mati ia berpesan pada istri untuk menjaga pedang Gram yang hancur itu untuk anaknya kelak yang dinamai Sigurd. Lalu pedang itu diperbaiki oleh Regin untuk digunakan Sigurd. Pedang Gram ini kelak digunakan Sigurd untuk membunuh Fafnir, saudara Regin yang dikutuk dan berubah menjadi naga. Pedang ini juga muncul di novel Nibelungenlied, dimana Siegfried menjulukinya dengan nama Balmung. Juga muncul di novel Ring Cycle dan dijuluki sebagai Nothung.

[page_break no="6" title="Tyrfing"]

10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan AnimePedang gaib ini dibuat oleh dua kurcaci bernama Dvalin dan Durin, sebagai imbalan karena Svafrlami sang raja Gardariki mengampuni nyawa mereka. Pedang yang kuat dan cantik itu langsung diberinama Tyrfing oleh Svafralmi. Namun kedua kurcaci itu memberikan kutukan dimana pedang ajaib itu hanya bisa terhunus jika pemiliknya membunuh seorang pria. Dan benar pedang legendaris ini pada akhirnya menjadi kutukan dan kehancuran bagi Svafrlami hingga melakukan tiga perbuatan jahat. Ia pun terbunuh oleh pedang itu sendiri ketika melawan Arngrim, tangannya tertebas lalu Argngrim merebut Tyrfing darinya dan membunuhnya. Pedang Tyrfing ini muncul dibeberapa judul game semisal di Brave Frontier, Final Fantasy XIV, game MMORPG Ragnarok Online, dan juga seri Fire Emblem.

Lanjut ke halaman 3...

[page_break no="7" title="Kusanagi no Tsurugi"]

10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan AnimePedang legendaris ini awalnya disebut sebagai ama-no-murakumo-no-tsurugi (pedang awan surga), merupakan salah satu dari tiga benda pusaka kerajaan Jepang. Diceritakan pedang ini dibuat untuk Yamato Takeru, pemimpin perang padang rumput terbuka pada masa pemerintahan kaisar XII. Saat itu para musuh merencanakan pembunuhan Yamato dalam rerumputan. Dalam keputus asaannya, Yamato mulai memotong rumput-rumput disekitarnya, dan ajaibnya pedang legendaris ini bisa mengendalikan angin dan mengalahkan banyak musuh yang berencana membunuhnya tersebut. Sejak saat itu pedang ini disebut Kusanagi no Tsurugi (pedang pemotong rumput). Namun legenda lain mengatakan bahwa pedang ini pemberian dari dewa matahari Amaterasu kepada Ninigi-no-Mikoto untuk mebawa Jepang dalam perdamaian. Namun hingga saat ini pedang ini dalam status hilang. Dalam budaya pop kultur saat ini, pedang ini muncul dibeberapa judul game seperti pada seri Tales. Oh ya, pedang ini juga muncul pada seri anime Naruto yang dimiliki oleh Sasuke Uchiha.

[page_break no="8" title="Fragarach"]

10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan AnimePedang legendaris ini muncul dari mitologi Irlandia. Dibuat oleh dewa laut Manannan mac Lir, pedang ini memiliki kekuatan gaib, dimana pembawanya akan selalu berbicara jujur. Maka sering kali pedang ini juga disebut sebagai "The Answerer" atau "The Retaliator." Pedang ini akhirnya diberikan kepada anak angkat Manannan, Lugh Lamfada, untuk dipakai dalam bertempur. Lugh sendiri memiliki banyak senjata ajaib, ia pun pandai bertarung dengan semua jenis senjata baik pedang, tombak, maupun ketapel. Semasa hidupnya Lugh berhasil memenangkan pertempuran dan menjadikannya salah satu pahlawan dan raja tertinggi di legenda Irlandia. Fragarach juga muncul di banyak judul video game, misalnya di Castlevania, Folklore (game PS3), Crystal Saga, Mabinogi Online dan sebagainya.

[page_break no="9" title="Honjo Masamune"]

10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan AnimeMasamune adalah salah satu pandai besi paling baik di Jepang. Dan pedang yang paling terkenal yang pernah dibuatnya adalah Honjo Masamune, karena pedang ini merupakan peninggalan budaya Shogun dari periode Edo di Jepang. Pedang ini diturunkan kepada Shogun dari beberapa generasi dan pada tahun 1939, pedang legendaris ini menjadi harta karun nasional Jepang, dan menjadi milik keluarga Tokugawa. Pemilik terakhirnya adalah Tokugawa Iemasa, tetapi ia memberikan pedang ini beserta 14 pedang lain ke kantor polisi di Mejiro pada bulan Desember 1945. Namun pada tahun 1946, kepolisian Mejiro memberikan Honjo Masamune kepada Sgt. Bimore Coldy (US 7th Cavalry). Dan keberadaan pedang ini menjadi misteri hingga saat ini. Nama Masamune akhirnya diabadikan menjadi sebuah pedang sakti yang bisa kamu dapatkan di sebuah game RPG atau action. Pedang ini juga muncul di Ragnarok Online, beberapa seri Tales, serta menjadi pedang yang dimiliki oleh Sephiroth dari Final Fantasy VII.

Lanjut ke halaman 4...

[page_break no="10" title="Muramasa"]

10 Pedang Legendaris yang Sering Muncul dalam Video Game dan AnimePedang legendaris Jepang lain yang sangat terkenal adalah Muramasa. Merupakan pedang yang diciptakan oleh Muramasa Sengo, seorang pandai besi yang agak gila dan haus darah. Pedang ciptaannya ini akhirnya memiliki kutukan yang mematikan. Diceritakan bahwa Tokugawa Ieyasu ketika menjadi Shogun kehilangan banyak teman dan kerabat karena mereka membawa pedang yang dibikin oleh Muramasa. Ada juga yang mengatakan bahwa ketika seseorang menghunuskan pedang terkutuk itu, harus terjadi pertumpahan darah untuk bisa mengembalikan pedang itu ke sarungnya. Bahkan pedang legendaris itu pun memaksa penggunanya untuk bunuh diri. Senjata ini juga muncul di video game seperti pada Final Fantasy, World of Warcraft, Tales of Phantasia, dan masih banyak lagi. Ada juga seri game yang mengadaptasi pedang legendaris ini seperti Muramasa: The Demon Blade.

Nah, itulah kesepuluh pedang legendaris dan juga pedang gaib yang sering muncul di video game dan juga anime. Mungkinkah ada pedang lain yang belum tersebut? Kamu bisa melengkapinya melalui kolom komentar di bawah ini.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU