Survei: Sepertiga Pengguna Smartphone Ternyata Doyan Chatting!

Hayoo, apakah kamu salah satunya yang menghabiskan waktu di smartphone lebih banyak untuk chatting dibandingkan main game, nonton video dan sebagainya?

Survei: Sepertiga Pengguna Smartphone Ternyata Doyan Chatting!

Survei: Sepertiga Pengguna Smartphone Ternyata Doyan Chatting!

Untuk apa sebagian besar waktu pengguna smartphone atau tablet dihabiskan setiap harinya? Ternyata instant messaging alias aplikasi chatting masih menjadi primadona!

[read_more id="237715"]

Dengan berbagai fiturnya yang "pintar" dan melimpah, smartphone bisa digunakan untuk melakukan banyak hal. Mulai dari menikmati hiburan seperti nonton video dan bermain game, hingga terus terkoneksi dengan teman dan kerabat melalui instant messaging (IM). Jika ditanyakan, untuk apa sebagian besar waktu pengguna smartphone atau tablet dihabiskan? Maka chatting adalah jawabannya berdasarkan survei berikut ini!

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh QuestMobile di China pada Desember 2015 lalu, lebih dari sepertiga Survei: Sepertiga Pengguna Smartphone Ternyata Doyan Chatting!

Di tempat kedua ada video online, yang ternyata digunakan oleh lebih dari 16% pengguna smartphone untuk menghabiskan waktu mereka. Dengan selisih yang sangat tipis, mengakses internet menggunakan browser mobile berada di tempat ketiga dengan total responden 15%. Berbeda dengan para pengguna desktop PC, dimana online video menempati peringkat pertama, dimana sepertiga pengguna PC menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton video dibandingkan kegiatan lainnya.

Data menarik lain yang didapatkan oleh QuestMobile adalah selama apa pengguna gadget dalam menggunakan gadget-nya dalam sehari. Jika dikalkulasikan, dalam sehari pengguna gadget di China ternyata menghabiskan 2,4 jam sehari untuk berinteraksi dengan gadget, atau sepersepuluh hari mereka! Angka ini meningkat cukup tajam dibandingkan hasil survei tahun sebelumnya (Desember 2014), dimana hasil survei kala itu menghasilkan angka 1,7 jam per hari. Survei tersebut juga menyebutkan, bahwa mayoritas pengguna gadget mobile di China adalah yang berusia di bawah 45 tahun.

Online video menjadi sebuah fenomena tersendiri di kalangan pengguna gadget mobile di China, dimana disebutkan bahwa penonton video online di China tahun 2015 kemarin sudah mendekati angka setengah miliar, atau lebih dari sepertiga total populasi China. Lebih dari 373,3 juta orang menonton video di gadget mereka paling tidak satu kali dalam sebulan, atau meningkat 12,3% dibandingkan hasil survei di tahun 2014.

Survei: Sepertiga Pengguna Smartphone Ternyata Doyan Chatting!

Hasil survei ini mengindikasikan bahwa bisnis IM masih sangat besar di China. Bahkan diprediksikan bahwa pengguna IM di China akan meningkat kurang lebih 9,9% tahun ini, sehingga akan menyentuh angka 430,4 juta pengguna.

Sepertinya angka-angka ini tidak akan berbeda jauh dengan di Indonesia ya, karena kita seringkali melihat meskipun sudah berkumpul bersama teman-temannya saat nongkrong, orang Indonesia masih banyak yang sibuk dengan gadget-nya untuk berkomunikasi dengan teman yang tidak ikut nongkrong. Hehe..

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU