Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!

Apakah kalian sempat bosan membaca manga yang terbit sampai tahunan? Kali ini kami ulas manga-manga terkenal yang mampu bertahan selama puluhan tahun. Apakah Naruto juga masuk di sini, walaupun sudah tamat!?

Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!

Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!

Citizen Duniaku, apakah kalian menyukai manga? Berapa banyak manga yang kalian ikuti dan baca setiap bulannya? Apakah ada yang mencapai ratusan chapter? Pernakah kalian sempat merasa bosan karena banyaknya chapter manga yang harus dibaca?

Manga merupakan komik yang dibuat di Jepang, dan orang yang membuatnya disebut sebagai mangaka. Di Jepang, orang dari segala usia membaca manga. Dan manga sendiri juga mencakup karya dalam berbagai genre: aksi-petualangan, asmara, olahraga dan permainan, sejarah drama, komedi, fiksi ilmiah dan fantasi, misteri, detektif, horor, seksualitas, dan bisnis / perdagangan, dan lain-lain.

Sejak 1950-an, manga telah terus menjadi bagian utama dari industri penerbitan Jepang, bahkan melebar sampai ke seluruh dunia dengan signifikan. Di Jepang, manga biasanya dimuat secara serial di majalah manga besar, sering mengandung banyak cerita, masing-masing disajikan dalam satu episode kemudian dilanjutkan dalam edisi berikutnya. Jika seri berhasil, bab dikumpulkan dan dapat dipublikasikan ulang pada buku paperback yang biasa disebut tankōbon. Jika seri manga cukup populer, mungkin dianimasikan setelah atau bahkan disaat manga sedang berjalan.

Publikasi manga bervariasi ada yang sekali terbit tamat/oneshot, ada yang mampu bertahan beberapa bulan dan bahkan tahunan. Kembali pada pertanyaan di atas Citizen, apakah kalian sempat bosan membaca manga yang terbit sampai tahunan? Kali ini kami ulas manga-manga terkenal yang mampu bertahan selama puluhan tahun, dan mampu bertahan walaupun kalian membacanya dari ketika masih bocah, bahkan sampai menikah dan punya anak...

Apakah Naruto masuk ke dalam, meskipun saat ini sudah tamat? Atau, apakah ada manga terkenal lainnya yang mampu bertahan puluhan tahun namun tidak masuk daftar kami sampai pada halaman 8? Tuangkan pendapat kalian melalui kolom komentar yah!


[page_break no="1" title="Nana"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!

Mulai terbit dari tahun 2000, dan saat ini statusnya hiatus sejak tahun 2009 diakibatkan mangakanya, Ai Yazawa, terkena sakit. Manga ini telah diadaptasikan menjadi sebuah anime dan 2 film live action. Nana menceritakan tentang hidup dua wanita 20 tahun yang memiliki nama sama, yaitu “NANA” secara tak sengaja bertemu.

Nana Osaki adalah seorang penyanyi yang ingin memulai debutnya dengan punk band. Bersama kekasihnya, Ren Honjo, dan rekannya mereka mulai membentuk “Blast Stones”. Nana adalah vokalis band itu dan dia hidup bersama kekasihnya di sebuah kontrakan. Suatu saat Ren ditawarkan kesempatan oleh band terpopuler di Tokyo untuk debut Trapnest sebagai anggota pengganti.

Menghadapi pilihan yang sulit itu, akhirnya Ren Honjo memutuskan meninggalkan band lamanya dan berpindah ke Tokyo untuk memulai karirnya bersama band profesional “Trapnest”. Disaat yang sama Nana lebih memilih untuk berpisah dari Ren dan membangun kembali Blast Stones yang telah lama terpuruk. Nana Komatsu, Nana lainnya atau kadang juga disebut Hachi (Hachikō) memiliki karakteristik mental lemah yang mirip dengan anjing. Dia memiliki kebiasaan jatuh cinta pada pandangan pertama.

Setelah serangkaian kejadian yang secara kebetulan mempertemukan mereka, mereka memutuskan untuk hidup bersama di sebuah apartemen dengan nomor 707. Meskipun kedua wanita ini memiliki karakteristik dan cita-cita yang jauh berbeda, mereka saling menyukai dan saling menghormati satu sama lain.

Lanjut ke halaman 2...


[page_break no="2" title="Hunter X Hunter"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!

Mulai terbit dari taun 1998, dan saat ini juga dalam masa hiatus karena pembuatnya, Yoshihiro Togashi, sakit keras. Manga ini telah diadaptasi menjadi 2 anime dengan total 210 episode dan 2 movie.

Hunter X Hunter merupakan buah karya dari Yoshihiro Tagashi dalam bentuk serial manga. Hunter X Hunter menceritakan seorang anak laki-laki bernama Gon Freecss yang berusia 12 tahun dalam usahanya untuk menemukan Ging Freecss (ayahnya). Ging merupakan Hunter Profesional (anggota dari suatu golongan elit yang mempunyai segala jenis izin untuk melakukan apapun, kapanpun dan dimanapun dalam suatu misi).

Dalam perjalanannya, Gon akan bertemu dengan tiga orang berbeda latar belakang yakni Killua Zaoldyeck, Leorio, dan Kurapika yang menjadi sahabatnya dalam mengarungi dunia Hunter x Hunter. Seorang Hunter adalah orang yang berkeliling dunia melakukan berbagai tugas-tugas berbahaya, mulai dari menangkap para kriminal paling dicari hingga untuk mencari jauh di dalam tanah (yang belum dipetakan) untuk setiap harta yang hilang (harta karun).

Lanjut ke halaman 3...


[page_break no="3" title="One Piece"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!Citizen Duniaku pasti mengenalnya, karena saat ini masih banyak diperbincangankan diantara para penggemar manga. One Piece yang mulai terbit dari tahun 1997 ini bercerita tentang petualangan Monkey D. Luffy dan kelompok Bajak Laut Topi Jerami yang dipimpinnya dalam mencari One Piece, harta peninggalan bajak laut legendaris Gol D. Roger.

Awalnya manga ini hanya direncanakan berjalan selama 5 tahun, namum ternyata mangakanya, Eiichiro Oda bisa membuat ceritanya makin panjang. Dan mungkin 10 tahun lagi baru akan tamat. Versi manga tersebut memulai debutnya pada tahun 1997 di Shonen Jump terbitan Shueisha dan hingga kini masih terus berlanjut, serta kini menginjak chapter ke-812. Versi TV nya dimulai pada Oktober 1999.

Di Indonesia manga ini diterbitkan Elex Media Komputindo dan hingga kini telah mencapai jilid ke 60 lebih. Sampai saat ini, One Piece telah mengeluarkan 12 film, yang terakhir dirilis pada tanggal 15 Desember 2012. Di Indonesia sendiri pernah ditayangkan di RCTI dan Global TV.

Lanjut ke halaman 4...


[page_break no="4" title="Detective Conan/Case Closed"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!Manga yang baru-baru ini terangkat berkat munculnya teori jika kasus pembunuhan Mirna menggunakan kopi yang dicampur sianida meniru salah satu kasus yang sempat diangkap dalam manga dan anime ini.

Detective Conan atau disebut juga sebagai Case Closed dalam bahasa Inggris (untuk menghindari kebingungan dengan nama detektif Conan yang sama yang lebih tenar di Barat) ini bercerita tentang Shinichi Kudo, detektif SMA yang diburu oleh Organisasi Hitam dan diracun dengan  APTX 4869 yang membuatnya menjadi anak kecil.

Sebenarnya Aoyama Gosho, pembuatnya, sudah merencanakan endingnya tapi tidak tahu kapan akan menamatkan manga ini. Manga ini telah diadaptasi menjadi anime dengan 782 episode yang masih tayang dan 20 movie yang salah satunya berisi crossover dengan Lupin III. Detective Conan Sejak tahun 1994 dipublikasikan pada majalah Mingguan Shōnen Sunday yang terbit di Jepang. Detektif Conan telah diterbitkan secara terus menerus di majalah antologi manga Mingguan Shōnen Sunday sejak tahun 1994 dan telah dikumpulkan dalam 86 volume tankōbon sampai dengan Desember 2014.

Dalam versi bahasa Indonesia, Detektif Conan diterbitkan oleh Elex Media Komputindo yang telah menerbitkan hingga volume 86 sampai dengan November 2015.

Lanjut ke halaman 5...


[page_break no="5" title="Hajime no Ippo"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!Salah satu manga tertua lainnya, karena mulai terbit dari tahun 1989. Mangakanya adalah George Morikawa, dan bercerita mengenai Makunouchi Ippo, seorang murid sekolah menengah sering dijahili oleh berandalan tanpa bisa melawan. Suatu hari, ketika ia diganggu oleh berandalan, Ippo ditolong oleh seorang petinju professional bernama Takamura.

Dia berhasil membuat para berandalan itu kabur setelah mencopot semua kancing mereka dalam beberapa saat saja. Ippo yang kagum ingin menjadi petinju seperti dirinya. Esoknya Ippo dibawa ke bawah pohon dan diajari menggunakan jab. Dia harus mengambil sepuluh daun yang jatuh dari pohon dengan cepat. Setelah berhasil, dia lalu pergi ke sasana Kamogawa untuk menjadi petinju juga. Dimulailah karier bertinju Ippo.

Volume pertama manganya dirilis 17 Februari 1990 dan masih diterbitkan hingga saat ini. Mencapai 112 volume dan 1000 chapter, membuatnya menjadi salah satu manga terpanjang dalam sejarah. Hajime no Ippo juga telah diadaptasi menjadi tiga season seri anime dan juga sebuah movie serta film televisi.

Lanjut ke halaman 6...


[page_break no="6" title="JoJo’s Bizarre Adventure"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!JoJo's Bizarre Adventure serial manga yang ditulis dan digambar oleh Hirohiko Araki. Manga ini pada awalnya dimuat mingguan dalam Weekly Shōnen Jump dari 1987 sampai 2004, sebelum akhirnya dipindahkan ke majalah bulanan seinen Ultra Jump. Story arc yang masih berlanjut hingga saat ini adalah JoJolion, mulai dirilis 2011.

JoJo's Bizarre Adventure saat ini adalah manga Shueisha urutan kedua dengan jumlah episode terbanyak, dengan 107 volume tankōbon dan masih terus bertambah. Manga ini juga sempat menjadi serial terpanjang yang tidak dibuat menjadi anime sebelum akhirnya dirilis sebagai anime. Adaptasi 6 episode anime original video animation diproduksi dengan mengambil cerita ketiga dari story arc yakni Stardust Crusaders.

Anime ini dirilis dari 1993 sampai 1994 oleh Studio APPP. Enam tahun kemudian, studio tersebut memproduksi prequel serial yang terdiri dari 7 volume dengan mengambil story arc pertengahan pertama, dirilis dari tahun 2000 sampai 2002. Pada tahun 207, studio APPP juga memproduksi film untuk bioskop dengan mengadaptasi cerita arc pertama, Phantom Blood. TV anime reboot sepanjang 26 episode diproduksi oleh David Production mengambil kisah arc pertama dan kedua, ditayangkan di Tokyo MX dari 5 Oktober 2012 sampai 5 April 2013 lalu.

Manga JoJo's Bizarre Adventure telah terjual 70 juta kopi di Jepang dan menghasilkan berbagai jenis media franchise termasuk noveliz dan video game, action figure, merk perhiasan Passione, dan bahkan makanan ringan. Manga buatan Hirihiko Araki ini bercerita tentang keluarga dengan darah Inggris, Joestars. Kedelapan bagian manganya menceritakan generasi berbeda dari keluarga Joestars.

Lanjut ke halaman 7...


[page_break no="7" title="Glass no Kamen"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!Lebih dikenal sebagai Topeng Kaca di Indonesia, adalah sebuah manga yang mulai dikarang pada tahun 1976 oleh Suzue Miuchi. Manga ini diterbitkan di Indonesia oleh Elex Media Komputindo. Manga ini bercerita tentang perjuangan seorang gadis bernama Maya Kitajima dalam meraih impiannya untuk menjadi seorang aktris di panggung teater.

Dalam perjalanannya meraih impian, Maya mendapatkan saingan dari seorang aktris yang sebaya dengannya, Ayumi Himekawa, putri dari aktris terkenal dan ayah seorang sutradara dunia. Sejak awal Maya naik ke atas panggung telah ada seorang penggemar setia yang selalu menyemangatinya di balik mawar ungu. Dan suatu saat akan diketahuinya bahwa penggemarnya selama ini adalah Direktur muda Daito (nama sebuah perusahaan besar), Masumi Hayami, yang selama ini dianggapnya paling kejam dan dingin dalam memperlakukan semua artis.

Persaingan Maya dan Ayumi mencapai puncaknya ketika memperebutkan hak pementasan Bidadari Merah (karya agung dalam dunia teater) dari aktris zaman dulu Mayuko Chigusa. Topeng Kaca juga menceritakan kisah cinta segitiga antara Maya, Masumi, dan Koji, lelaki yang pernah dekat dengan Maya dan masih mencintai Maya. Manga ini adalah manga cewek paling laris kedua di dunia yang kisahnya akan segera ditamatkan oleh mangakanya. Manga ini telah diadaptasi menjadi 2 anime, 3 ova dan 1 drama Jepang. Manga ini sempat hiatus selama 2 tahun sejak 2012.

Lanjut ke halaman 8...


[page_break no="8" title="Naruto"]


Manga Terkenal yang Mampu Bertahan dari Kalian Usia Bocah Sampai Menikah!Pasti juga bukan nama yang asing bagi kalian, Citizen. Naruto adalah sebuah serial manga karya Masashi Kishimoto yang diadaptasi menjadi serial anime. Manga Naruto bercerita seputar kehidupan tokoh utamanya, Naruto Uzumaki, seorang ninja yang hiperaktif, periang, dan ambisius yang ingin mewujudkan keinginannya untuk mendapatkan gelar Hokage, pemimpin dan ninja terkuat di desanya.

Serial ini didasarkan pada komik one-shot oleh Kishimoto yang diterbitkan dalam edisi Akamaru Jump pada Agustus 1997. Manga Naruto pertama kali diterbitkan di Jepang oleh Shueisha pada tahun 1999 dalam edisi ke-43 majalah Shonen Jump. Di Indonesia, manga ini diterbitkan oleh Elex Media Komputindo. Serial animenya pertamanya diproduksi oleh Studio Pierrot dan Aniplex, disiarkan mulai 3 Oktober 2002 sampai sekarang.

Seri pertama terdiri atas 9 musim dan berlangsung 220 episode. Musim pertama dari seri kedua mulai ditayangkan pada tanggal 15 Februari 2007. Di Indonesia sendiri, anime Naruto pernah ditayangkan oleh stasiun televisi Trans TV, yang kemudian ditayangkan lebih lanjut oleh Global TV.

Dengan jumlah chapter mencapai 700, Naruto juga termasuk manga terkenal Jepang yang mampu bertahan puluhan tahun, sampai akhirnya ditamatkan tahun lalu. Namun tidak untuk selamanya, karena Kishimoto juga sudah berencana melanjutkannya dengan para karakter utama yang baru.

Bagaimana Citizen, adakah manga terkenal lainnya yang mampu bertahan puluhan tahun namun tidak masuk daftar kami sampai pada halaman 7? Tuangkan pendapat kalian melalui kolom komentar yah!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU