Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

Seperti apakah kekuatan Blast? Apakah dia seorang esper seperti Tatsumaki? Benarkah dia saat ini bersembunyi dalam perut Pig God? Semua informasi tentang Blast yang kamu butuhkan ada di dalam artikel ini!

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

Seperti apakah kekuatan Blast? Apakah dia seorang esper seperti Tatsumaki? Benarkah dia saat ini bersembunyi dalam perut Pig God?

Nama Blast pertama kali muncul ketika para Hero membahas tentang ramalan Madame Shibabawa. Semenjak itu, sosok S-Class Hero yang satu ini menjadi sebuah tanda tanya besar—hingga akhirnya Blast muncul di chapter 106 webcomic One Punch Man. Meskipun sosoknya telah diperlihatkan sedikit dalam flashback Tatsumaki, Hero nomor 1 ini masih menyimpan banyak misteri, seperti: apakah kekuatan Blast? Lalu, siapakah dia? Apakah dia memiliki hubungan dengan Saitama?

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

Sampai chapter 106 webcomic One Punch Man sendiri, masih sedikit sekali informasi mengenai Blast. Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak tahu apa-apa mengenai Blast. Berikut ini adalah beberapa informasi dan teori mengenai Blast yang kita ketahui sampai saat ini, mulai dari kekuatan Blast, dimana dia berada, dan mungkin juga siapa dia sebenarnya:

Kekuatan Blast Seperti Superman

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/12/01/evolusi-one-punch-man-dalam-3-gambar/" title="Penjelasan “Evolusi” One-Punch Man dalam 3 Gambar Yang Berbeda!"]

Dalam kisah masa lalu Tatsumaki, kita bisa melihat bahwa Blast telah berhasil mengalahkan seekor monster raksasa. Jika dilihat dari bentuk dan ukurannya, paling tidak monster tersebut memiliki disaster level Demon atau Dragon. Meskipun memiliki disaster level yang cukup tinggi, tetapi Blast tampak tak terluka sama sekali, bahkan kostumnya yang sangat mirip dengan milik Saitama tidak kotor sama sekali.

Dalam sebuah databook One Punch Man, Emperor Child (S-Class Hero #5), bahkan mengatakan bahwa kekuatan Blast jauh diatas gabungan dari kekuatan seluruh S-Class Hero yang ada. Ditambah lagi, dia berkata bahwa Blast juga bisa menembakkan sinar laser melalui matanya—mirip Superman.

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

[read_more link="http://www.duniaku.net/2016/01/24/7-alasan-kenapa-saitama-tak-bisa-dibunuh-pakai-death-note/" title="7 Alasan Kenapa Saitama Tak Bisa Dibunuh Pakai Death Note!"]

Meski yang dikalakan oleh Emperor Child masih berdasarkan rumor, tetapi melihat kemunculannya dalam chapter 106 dan fakta bahwa dia adalah S-Class Hero #1, bisa dikatakan  bahwa rumor ini terbukti benar (kecuali bagian dimana dia bisa menembakkan sinar laser melalui matanya)

Dengan semua fakta yang ada (plus rumor), bisa kita asumsikan bahwa Blast memiliki kekuatan setara dengan Saitama—bisa lebih, bisa kurang. Tapi, karena Saitama adalah tokoh utama dari One Punch Man, jadi kemungkinan besar Saitama masih lebih kuat.

Melihat seberapa besar kekuatan Blast, mungkin Blast cocok mendapatkan julukan One BLAST Man. (Ok, ini hanya karangan penulis sendiri, bukan nama resmi). Ah, dan berbicara mengenai kekuatan Blast, tahukah kamu kalau kemungkinan Blast memiliki kekuatan esper layaknya Tatsumaki?

Lanjut ke halaman 2…

Blast Juga Seorang Esper

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/12/19/animasi-one-punch-man-keren/" title="Ini Lho, Rahasia di Balik Kerennya Animasi One-Punch Man!"]

Dari databook yang sama, B-Class Hero Miss F (kalian pasti sudah tahu: Fubuki) mengatakan bahwa Blast adalah orang yang sangat kuat dan hanya orang-orang tertentu yang pernah bertemu dengan Blast. Miss F. juga menambahkan bahwa Blast menguasai kekuatan psychic—yang mana membuatnya menjadi seorang esper layaknya Tatsumaki. Rumor juga mengatakan bahwa Blast memimpin miliaran tentara robot.

Sama seperti sebelumnya, meski testimoni Miss F ini berdasarkan rumor, tetapi bagian dimana Blast memiliki kekuatan psychic ada benarnya. Hal itu terbukti dalam chapter 106, saat dia menyelamatkan Tatsumaki. Pada halaman 8, Blast bertanya kenapa Tatsumaki tidak menggunakan kekuatannya. Selain itu, Blast juga berkata seolah-olah dia tahu bahwa Tatsumaki memiliki kekuatan psychic yang luar biasa—padahal Blast dan Tatsumaki baru bertemu untuk pertama kalinya.

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

Bisa mengetahui seberapa kuat kemampuan seseorang, terutama kemampuan psychic-nya, adalah salah satu kemampuan dari seorang esper. Hal ini sering ditunjukan berkali-kali dalam manga One Punch Man, dimana Tatsumaki dan Fubuki dapat ‘melihat’ dan mengukur kekuatan musuhnya (dalam bentuk ‘aura’).

Oleh karena itu, besar kemungkinannya bahwa salah satu kekuatan Blast lainnya adalah psychic. Menggunakan kekuatan ini, Blast pun dapat berhubungan secara telepatis dengan Pig God…

Tunggu dulu, Pig God!?

Lanjut ke halaman 3…

Blast Ada di dalam Perut Pig God!?

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

Menurut Shicchi dari Hero Association, Blast tidak mau bergerak kecuali dia diberi kebebasan. Dia juga tidak suka menjadi pusat perhatian. Hal itulah yang membuat Blast menjadi sangat misterius. Meski pun begitu, Blast hanya akan muncul jika seluruh umat manusia benar-benar terancam bahaya. Lalu, apa hubungannya Blast dan Pig God? Kamu bisa lihat beberapa panel dalam halaman ini:

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

 “Sekarangkah saatnya? Iya kan?”

“Tidak… Kupikir bukan ini maksud dari ramalan itu.”

“Bukankah aku harus menyimpan tenagaku untuk saat-saat terakhir?”

“Tetapi jika aku mati disini, siapa yang akan menyelamatkan dunia?”

Pada gambar diatas, terlihat Pig God merancau sendiri seakan-akan sedang berbicara dengan seseorang. Pig God menyebutkan tentang “ramalan” dan “krisis” yang kini tengah mengancam umat manusia: Garou. Dalam panel diatas, kemungkinan Pig God sedang berbicara dengan Blast melalui telepati dan ingin mengeluarkan Blast dari dalam perutnya supaya bisa menghadapi Garou.

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

[read_more link="http://www.duniaku.net/2016/01/20/makanan-ala-one-punch-man/" title="Makanan ala One Punch Man Ini Ternyata Rahasia Selamat dari Pukulan Saitama!"]

Pig God adalah salah satu S-Class Hero. Dia memiliki kekuatan dan ketahanan fisik yang luar biasa serta bisa menyimpan orang di dalam perutnya (tercatat, Pig God pernah menyimpan tiga murid Atomic Samurai di dalam perutnya dan memuntahkan mereka kembali). Jadi ada kemungkinan bahwa Blast kini tengah berada di dalam perut Pig God.

Yang menarik adalah, ini bukan berarti Pig God telah memakan Blast. Tetapi, lebih seperti Blast menciptakan tubuh buatan berupa Pig God dengan kekuatan psychic-nya dan “bersembunyi” dalam perut tambun Pig God. Bukan hal yang mustahil, mengingat esper lain dalam One Punch Man seperti Psykos pernah membuat tubuh buatan.

Dan, hei…. Kenapa pula Blast bisa berada dalam halaman yang sama dengan Pig God dalam Databook? ∇

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

Lanjut ke halaman 4…

Blast Bukan Saitama (… Mungkin)

Seperti Apa Kekuatan Blast “One Punch Man”!? (SPOILERS)

[read_more link="http://www.duniaku.net/2015/12/15/yuusuke-murata-season-2-one-punch-man/" title="Yuusuke Murata: Aku Akan Bekerja Keras Demi Season 2 One-Punch Man!"]

Dilihat dari manapun, mulai dari kostum, sifat hingga kekuatan, Blast hampir mirip Saitama. Awalnya, banyak yang menduga bahwa Blast adalah Saitama (termasuk saya). Akan tetapi, mengetahui fakta bahwa Blast pernah bertemu dengan Tatsumaki 18 tahun yang lalu, sangat memungkinkan bahwa Blast bukanlah Saitama. Karena 18 tahun yang lalu, tentunya Saitama masih berumur 7 tahun.

Lalu, kenapa Blast sangat mirip Saitama? Salah satu alasannya yang cukup masuk akal adalah karena sang kreator, ONE, ingin mengusili pembaca. Bukankah selama ini kita sering sekali kena troll ketika menyaksikan anime One Punch Man (atau ketika kita membaca manga dan webcomic-nya)?

Perlu diingat kalau hampir semua hal yang telah disebutkan diatas masih berupa teori, dan yang namanya teori bisa benar sebagian, atau malah salah semuanya (tentunya, saya tidak berharap salah semua).

Bagaimana denganmu, adakah hal lain selain diatas yang kamu ketahui tentang Hero #1 ini? Apakah kamu memiliki teori mengenai kekuatan Blast atau siapa Blast sebenarnya? Suarakan pendapatmu di kolom komentar ya…

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU