Seperti Ini Jadinya Jika Kalian Masuk ke Dalam Dunia Sword Art Online VR IBM!

Walaupun bukan NerveGear asli, namun Sword Art Online VR dari IBM ini jukup menjanjikan jika dikembangkan lebih jauh lagi, khususnya sebagai alat olah raga dan sarana diet otaku fans SAO yang tidak membosankan!

Seperti Ini Jadinya Jika Kalian Masuk ke Dalam Dunia Sword Art Online VR IBM!

[read_more id="245036"] Istilah virtual reality (VR) dalam video game sudah lama kita dengar, dan teknologi tersebut seakan menjadi impian terpanjang industri game. Apalagi setelah beberapa inovasi yang mencoba mengenalkan cara bermain baru dengan menggunakan layar kedua yang langsung dihadapkan pada mata kita tersebut harus gagal. Lantas, selanjutnya berbagai produsen teknologi pun mencoba terus mengeksplorasi VR, dan tahun 2016 ini bisa dikatakan menjadi titik baru dimana ada beberapa alat virtual reality yang dipastikan hadir, atau baru memulai masa pengembangan. Seperti yang dilakukan IBM saat ini, mereka berusaha mewujudkan dunia virtual reality dalam manga, anime dan game Sword Art Online VR di dunia nyata melalui sebuah NerveGear IBM, dan sebuah game berjudul Sword Art Online: The Begining!  [read_more id="244789"] Fase ‘Alpha’ Sword Art Online: The Begining sendiri sudah diselenggarakan pada 18 Maret hingga 20 Maret 2016 lalu. Fase Alpha ini pun sekadar menguji seperti apa purwa rupa NerveGear yang dikembangkan IBM tersebut, oleh 208 orang pemain. Mereka menjajal seperti apa rasanya menggunakan NerveGear jadi-jadian ini, yang sebenarnya masih berbasis pada alat virtual reality lainnya yang tidak lama lagi bakalan dijual, yaitu Oculus Rift (khususnya, versi purwa rupa DK2). Bedanya, di sini IBM menambah alat lain, berupa sensor yang bisa mendeteksi pergerakan kakimu, dan juga menggunakan Kinect v2 yang dimiliki konsol game Xbox One. Kami sudah memperlihatkan pada kalian seperti apa penampilan para alpha tester mencoba demo Sword Art Online: The Begining proyek aplikasi / game massively multiplayer online virtual reality RPG yang sejatinya bakal menjadi wujud penerapan NerveGear IBM ini dalam artikel sebelumnya. https://twitter.com/nagare0313/status/710385649950404608 https://twitter.com/haruYasy/status/710308931927605249 IBM sendiri merilis video progress pengembangan perangkat virtual reality ini kemarin. Dalam video Sword Art Online: The Beginning VR Project Development Video di bawah, khususnya mulai menit ke 1:50, kalian bisa melihat sekilas seperti apa gameplay-nya. Tampilan in-game-nya mungkin memang bukan yang terbaik, dan pengendaliannya sendiri juga sama seperti tipikal game dan perangkat VR yang sudah dikenbangkan untuk konsol dan PC saat ini, seperti Oculus Rift, PlayStation VR dan HTC Vive.

Atau langsung saja klik video di bawah, kami mengambil bagian gameplay in-gamenya untuk kalian. Lihat bagaimana pemain berinteraksi dengan obyek dalam game, dia masih perlu menggerakkan tangannya, bergerak seakan mengayunkan pedang / senjata untuk menyerang musuh, dan ya, pastinya bakal capek jika melakukan hal tersebut selama 1 jam saja.

Sword Art Online VR Gameplay

https://my.mixtape.moe/docpxv.mp4  Berbicara mengenai dunia Sword Art Online tidak bisa terlepas dari teknologi yang menjadi basis cerita petualangan Kirito dan kawan-kawannya di dunia ghaib virtual reality, yaitu teknologi FullDive. Kami sudah mengulas banyak sebelumnya, seperti bahwa teknologi “menyelam” kedua virtual reality ini tidak hanya terbatas pada NerveGear dan AmuSphere saja, karena ada beberapa generasi pengembangan mesin FullDive lainnya. Seperti Ini Jadinya Jika Kalian Masuk ke Dalam Dunia Sword Art Online VR IBM!

Seperti Ini Jadinya Jika Kalian Masuk ke Dalam Dunia Sword Art Online VR IBM!

NerveGear sendiri adalah mesin FullDive generasi kedua yang dikembangkan oleh Argus, perusahaan yang juga menciptakan Sword Art Online, dan merupakan mesin FullDive pertama yang diproduksi secara masal untuk kepentingan komersil. NerveGear berbentuk menyerupai helm yang menutupi hampir seluruh bagian kepala, dan bekerja dengan mem-bypass sepenuhnya semua sinyal saraf dari otak ke tubuh manusia, dan menggantikannya dengan sinyal-sinyal buatan untuk mensimulasikan lima indera manusia ke otak. Selain itu, NerveGear memancarkan sinyal microwave elektromagnet dengan frekuensi tinggi dan memiliki baterai cadangan yang sudah terinstalasi di dalamnya. Fakta inilah yang kemudian menjadi faktor penentu yang meyebabkan 10.000 player terjebak di game virtual reality Sword Art Online (Aincrad), sebuah istana melayang dengan 100 lantai.  Penjelasan mengenai NerveGear tersebut sepertinya cukup rumit yah, karena mem-bypass sepenuhnya kesadaran manusia. Namun pada kenyataannya, proyek NerveGear yang saat ini dikembangkan IBM di Jepang jauh dari kenyataan tersebut. Yah, masih untung mereka sadar dan menghindari rasa malu dengan menyebutnya sekadar “NerveGear Prototype” saja! sumber

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU