Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

ZenFone 3 Deluxe memang tiada duanya... RAM 6GB, dan harga yang ga beda jauh dari ZenFone 3 yang dijual 3 jutaan! Nih kami punya beberapa bukti jika Android Asus ini mampu kalahkan produk unggulan para pesainnya!

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

[read_more id="254747"]

Seperti yang telah dijadwalkan sebelumnya, Asus resmi mengkomfirmasikan seri Asus ZenFone 3 pada 30 Mei kemarin selama event Computex 2016. Kabar mengenai spesifikasi smartphone unggulan Asus ini, bahkan sampai prediksi harga ZenFone 3 sudah banyak tersiar sejak awal tahun lalu. Dan seperti yang sudah kami perkirakan, melihat tradisi Asus sebelumnya, yang merilis banyak varian ZenFone 2, dengan banyak nomor seri penamaan, yang kerap membuat penggunanya bingung, kali ini ZenFone 3 juga bakal ditawarkan lebih dari satu tipe. Selain ZenFone 3, juga ada dua varian lainnya, Deluxe dan Ultra.

Meet the ASUS ZenFone 3 Deluxe | ASUS

Setelah sebelumnya kami mengulas seri entry level-nya, ZenFone 3, kemudian merasakan betapa masifnya layar 6.8-inchi pada ZenFone 3 Ultra, kini kami beberkan apa saja fitur dan kelebihan yang membuat tipe flagship Asus tahun ini, Asus ZenFone 3 Deluxe, pantas menjadi Android terbaik 2016 dan sanggup mempermalukan flagship Android lainnya seperti seri Xperia Z5, LG G5, Xiaomi Mi5 dan bahkan keluarga Galaxy S7.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

[read_more id="254761"]

Apa yang paling menarik dari ZenFone 3 Deluxe justru terletak pada istilah yang digunakan Asus selama press conference mereka. Mereka menyebutnya sebagai smartphone metal pertama dengan desain antena yang tidak menempel pada punggung atau tubuh sisi luarnya.  Meskipun kami yakin kalian tidak terlalu peduli dengan klaim "yang pertama" dari Asus untuk seri ZenFone 3 Ultra mereka ini, namun pada kenyataannya memang belum ada satu pin produsen smartphone di dunia ini, termasuk Samsung dan Apple, yang smartphone metal unibody (desain menyatu, tidak bisa dibuka casingnya) mereka bebas dari garis / bagian khusus di sisi luar tubuhnya yang menjadi lokasi dimana bagian antenanya berdiam.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Wajar sih, ketika mau nge-klaim prosesor Snapdragon 820, sudah ada banyak yang menggunakan. Untuk RAM 6GB pun, sebelumnya juga sudah ada beberapa smartphone asal Cina yang duluan dikonfirmasikan. Atau, yang pertama menggunakan kamera dengan sensor Sony Exmor RS IMX318? Sayangnya, modul kameranya juga 23-megapixel, sudah banyak Android yang memiliki kamera dengan sensor 23MP.

All Metal. Pure Beauty - ZenFone 3 Deluxe | ASUS

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Sampai sejauh ini Asus tidak memberikan keterangan tambahan apa kelebihan casing metal tanpa garis antena yang terlihat tersebut, selain dari segi estetika, terlihat lebih bersih saja. Di sisi desain, ZenFone 3 Deluxe sama seperti ZenFone 3 Ultra. Selain bebas dari garis antena di punggung, menggunakan bahan full metal, dan bagian tertipis di tubuhnya (pada bagian pinggir ketebalannya hanya 4.2mm saja). Diantara ketiga keluarga ZenFone 3, layar Deluxe juga menegaskan kemewahan. Layar berdimensi 5.7-inchi resolusi Full HD (1920 by 1080-pixel) tersebut menggunakan material Super AMOLED. Sesuatu yang baru untuk jajaran smartphone Asus.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

[read_more id="241788"]

Hasilnya penggunaan jenis layar tersebut, kalian mendapatkan saturasi warna yang tinggi, dengan nilai gamut mencapai 100% NTSC yang diterjemahkan pada warna yang terlihat lebih cerah. Super AMOLED juga terkenal pada ketahanannya melawan cahaya matahari, sehingga masih jelas ketika digunakan di luar ruangan. Asus juga berhasil membuat bezel ZenFone 3 begitu tipis, dan rasio antara layar dengan tubuhnya mencapai 79%.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Jika daya tarik luar tersebut belum memuaskan kalian, sektor mesinnya juga termasuk wah. Asus membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 820, yang dibekingi GPU Adreno 530, dan dukungan 6GB RAM. Kemudian kameranya sama seperti yang digunakan ZenFone 3 Ultra, yaitu 23MP, menggunakan sensor Sony IMX318, bukaan lensa f/2.0, 4-axis optical image stabilization untuk mendukung selama aktivitas memotret resolusi tinggi yang minim blur dan dan noise hampir di semua kondisi cahaya. Asus juga masih menyematkan 3-axis electronic image stabilization yang akan mendukung selama proses merekam video 4K Ultra HD.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Untuk sistem fokusnya, kalian bisa bergantung pada sistem ASUS TriTech yang dengan cerdas akan memilih menggunakan salah satu dari tiga metode fokus yang dimilikinya. Baik itu laser, phase detection atau PDAF, atau yang lebih tradisional, continuous autofocus untuk menentukan fokus secara cepat, hanya 0.03-detik saja. Semua itu juga kembali diwujudkan melalui antar muka software kamera PixelMaster 3.0 terbaru yang diberikan Asus mulai ZenFone 3 ini.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Sisa spesifikasi lainnya masih sama seperti ZenFone 3 Ultra. Kalian medapatkan sensor sidik jari, yang untuk Deluxe ini kembali diposisikan di punggungnya, cocok untuk meraihnya menggunakan jari telunjuk. Fitur Quick Charge 3.0 juga diberikan Asus di sini, untuk membantu pengisian baterai dengan cepat, port USB 3.0 Type-C yang tidak perlu membat kalian kuatir jika salah posisi ketika memasukkan konektor charger-nya, sampai konfigurasi audio gahar melalui 5-magnet speaker dan NXP amplifier, hasilnya, menurut Asus ketika kalian mendengarkan musik melalui headphone, kualitasnya empat kali lebih baik daripada kualitas CD.

Lanjut ke halaman 2.... untuk alasan kenapa ZenFone 3 Deluxe ini mampu kalahkan para pesainnya, dan pantas menjadi Android terbaik 2016!

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016[read_more id="241748"]

Dibandingkan ZenFone 3 Ultra, seri Deluxe ini mendapatkan kelebihan di sisi prosesor Snapragon 820 yang sejauh ini dianggap yang paling kencang. Kemudian juga di sisi layar Super AMOLED yang mana (bergantung pada mata yang melihatnya juga sih!), masih dianggap sebagai layar yang paling ideal untuk smartphone (irit, adem di mata, dan tetap jelas digunakan di bawah paparan cahaya matahari), dan bentuk yang lebih ideal untuk digenggam. Semuanya itu bisa kalian dapatkan dengan harga sekitar Rp6.8 jutaan saja, atau sedikit lebih mahal dibandingkan harga ZenFone 3 Ultra, namun lebih murah dibandingkan beberapa flagship lainnya seperti Galaxy S7 (yang dijual Rp9 jutaan) dan LG G5 (yang ditawarkan Rp8 jutaan, dan itu pun varian spec down-nya).

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

[read_more id="242217"]

Tergantung kebutuhan kalian, dengan keterpautan harga yang tidak terlalu besar, ZenFone 3 Deluxe ini sebenarnya sama saja pisau bermata gada bagi ZenFone 3 Ultra, dan juga para smartphone pesaingnya. Terutama dari segi harga, jika Asus Indonesia akan menjualnya dengan banderol harga yang sama seperti versi globalnya, atau sekitar Rp6.8 jutaan jika dikonversikan, ZenFone 3 Deluxe memang masih lebih mahal dibandingkan Xiaomi Mi5 varian terendah, yang saat ini ditawarkan dengan harga mulai Rp4.8 - 5 jutaan. Namun jika diandingkan dengan Galaxy S7 (Rp9 jutaan), Galaxy S7 edge (Rp10 jutaan), LG G5 SE (Rp8 jutaan), Xiaomi Mi5 64 GB (Rp6.5 - 7 jutaan), hingga Xiaomi Mi5 Pro (Rp 8 jutaan), harga ZenFone 3 Deluxe tetap yang termurah, dan yang paling tinggi value-for-money-nya.

Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

[read_more id="242320"]

Selain harga adalah penggunaan chipsetnya, Qualcomm MSM8996, atau Snapdragon 820. Ini bukan yang versi lite seperti yang digunakan Xiaomi pada seri Mi5 non Pro mereka. Chipset dengan proses 14nm dan empat prosesor Kyro yang kecepatannya 2x 2.15 GHz + 1.59 GHz tersebut ditandemkan dengan GPU Adreno 530 yang kecepatannya 624MHz, serta RAM LPDDR4 yang sangat kencang dengan kapasitas 6GB. Adreno 530 (dan juga Adreno 510 yang digunakan pada GPU-nya ZenFone 3 Ultra) pun sudah mendukung Vulcan API (Lebih Gahar dari Galaxy S7, LG G5 dan Xiaomi Mi5, ZenFone 3 Deluxe Android Terbaik 2016

Du luar harga dan prosesor, faktor lainnya yang tidak kalah penting adalah kamera, dan juga desain. Jika desain eksternal masalah selera, maka data angka pada modul kameranya tidak bisa dibantah. Lagi-lagi, di atas kertas, kamera 23-megapixel yang digunakan Deluxe di sini sudah menunjukkan kelasnya. Memang dari sisi bukaan lensa akan muncul keraguan sebaik apa kinerja sensor Sony Exmor terbaru ini digunakan pada kondisi ruangan yang minim cahaya. Kita masih perlu melakukan pengujian langsung. Namun dengan adanya tiga metode fokus, serta juga modul stabilizer OIS, Kami yakin ZenFone 3 Deluxe juga tidak akan mengecewakan di sisi fotografi.

Beberapa hal tersebut yang menurut kami menjadi alasan Asus ZenFone 3 Ultra ini unggul dibandingkan para pesaingnya, dan pantas jika dinobatkan sebagai Android terbaik 2016! Bagiamana menurut kalian? Apakah ada fitur dan teknologi lain smartphone terbaru Asus ini yang mendukung untuk menegaskan ZenFone 3 Ultra sebagai Android terbarik 2016?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU