Berusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight

Setelah dirilis di Google Play dan Apple App Store, kini Si Kancil merambah platform Steam. Bantu binatang yang dikenal cerdik ini untuk mencegah meluasnya pembakaran hutan dengan memainkan gamenya.

Berusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight

Berusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight

Tahun lalu Binary Studio 54 mengkonfirmasikan Si Kancil. Sebuah game edukasi yang sangat familiar judulnya, dan kerap kita dengar sebagai nama salah satu karakter dalam kisah dongeng Si Kancil, cerita rakyat asli Indonesia. Namun dalam game Si Kancil ini, ternyata jauh dari kesan cerita rakyat yang dibintangi oleh jenis rusa bertubuh kecil tersebut. Game yang saat ini lebih dikenal dengan judul Si Kancil: The Adventurous Mousedeer ini baru saja dipastikan masuk ke Steam Greenlight, setelah awal tahun ini dirilis di Android dan iOS.

Download Game of DiceAndroid (Gratis), iOS (Gratis)

Sedangkankan untuk halaman Steam-nya, bisa kalian akses melalui Berusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight

Si Kancil adalah sebuah game 2D Puzzle Platformer. Di dalam game ini kalian akan bermain sebagai Kancil, hewan kecil yang pintar, cerdas juga baik hati. Tujuan utama dari game ini adalah menyelesaikan puzzle atau rintangan yang ada di setiap stage untuk dipecahkan. Si Kancil harus melakukan apapun untuk memecahkan puzzle-nya, seperti mendorong dan menarik batu, jerami, dan objek lain yang ada di hutan. Si kancil juga harus melewati dan mengelabuhi pemburu yang datang ke hutan tersebut yang datang untuk mengekploitasi hutan tempat Kancil Hidup.

Suatu hari, ada seekor kancil kecil yang tinggal disebuah hutan yang rimbun dan teduh. Sebenarnya hutan itu adalah hutan yang damai sebelum para pemburu datang. Semenjak banyak pemburu dihutan itu, banyak binatang yang ditangkap untuk dijual di kota, mereka juga melakukan penebangan pohon dan pembakaran lahan. Sekarang hutan itu dipenuhi asap dan api, binatang-binatang hutan tersebut pun terperangkap dalam situasi itu.

Kancil harus menyelamatkan mereka semua dengan kecerdikan otaknya.

Ap ayang menarik dalam Si Kancil, Binary Studio 54 menyoroti masalah illegal logging, pengerusakan hutan, hingga perburuan liar. Isu yang cukup memperihatinkan dan pasti keap menghantui pemberitaan media khususnya di Indonesia setiap tahunnya. Menurut Binary Studio 54, hutan sangat penting sebagai penghasil oksigen yang dibutuhkan oleh manusia, dan sudah selayaknya masyarakat memahami isu-isu tersebut untuk keberlangsungan hidup anak cucu mereka dan juga menjaga keanekaragaman hayati agar tidak punah. Dan melalui game Si Kancil ini, Binary Studio ingin menyajikan isu-isu tentang pengerusakan hutan oleh manusia yang dikemas dalam sebuah dongeng Si Kancil dalam sebuah game 2D Puzzle Platformer.

Si Kancil : The Adventurous Mousedeer Official Trailer

Berusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight

Si Kancil dibangun menggunakan engine Unity. Kalian memainkannya sebagai game 2D Puzzel Platformer yang dibagi berdasarkan misi dalam setiap stage (yang bervariasi kondisi cuacanya, seperti ada yang pagi, siang dan sore hari), dimana karakter Kancil dapat melompat, menarik dan mendorong beberapa item yang tersedia di stage tersebut.

[read_more id="229497"]

Untuk lokasi permainannya mengambil latar hutan yang meliputi antara lain, dalam hutan, pinggiran tebing, pinggiran sungai, camp pemburu, dll. Tugas kalian melalui Si Kancil adalah menolong para binatang di tengah hutan yang terkena imbas penebangan liar. Di setiap stage Si Kancil harus menyelesaikan setiap teka-teki untuk membebaskan para teman binatangnya dan di setiap stage disediakan beberapa item yang berguna untuk mendukung kalian.

Berusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight

Dengan demikian, secara tidak langsung Binary Studio 54 berusaha membuat kalian para pemain game ini (khususnya anak-anak di usia 10 tahunan yang menjadi target pemainnya) peduli terhadap isu penebangan liar yang semakin hari semakin meningkat dan membahayakan bumi. Game ini (mungkin) akan menjadi representasi dari dunia yang keadaannya semakin hari semakin memburuk apabila manusia masih bangga dengan ketamakannya dan melakukan penebangan hutan secara besar-besaran (illegal). Sehingga dapat menyebabkan berubahnya suhu di bumi, karena semakin menipisnya lapisan ozon akibat penebangan liar.

Berusaha Selamatkan Hutan Indonesia, Si Kancil Kini Masuk Steam Greenlight

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU