Rupanya Ini Alasan Pokemon Go Bermasalah di Beberapa Wilayah!

Wilayah kamu sepi Pokemon? Tidak peduli seberapa jauh kamu berjalan, kamu tidak menemukan PokeStop, gym, maupun monster? Mungkin ini penyebabnya!

Rupanya Ini Alasan Pokemon Go Bermasalah di Beberapa Wilayah!

Rupanya Ini Alasan Pokemon Go Bermasalah di Beberapa Wilayah!

Di beberapa wilayah, Pokemon Go bermasalah. Jangankan menangkap Pokemon, mau jalan jauh pun tidak ada monster terlihat. Kenapa? Ini alasannya!

Kalau kamu tinggal di daerah padat seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, atau Surabaya kamu tak akan memiliki masalah menemukan Pokemon. Kamu hanya tinggal membuka aplikasi dan berjalan. Walau tidak mengikuti panduan gamenya pun kamu pasti akan menemukan PokeStop, gym, atau monster-monster tertentu.

[read_more id="258629"]

Lain halnya kalau kamu menghuni kota kecil atau pedesaan. Di wilayah seperti itu, bahkan kotak petunjuk keberadaan Pokemon pun kosong. Dan ini bukan hanya terjadi di Indonesia. Sudah mulai mengalir laporan dari wilayah resmi seperti Australia dan Amerika yang mendapati Pokemon Go bermasalah seperti ini. Kenapa bisa?

Seperti kamu mungkin sudah tahu, Niantic, Inc. yang menciptakan Pokemon dulunya membuat game berjudul Ingress. Ini sangat berpengaruh untuk Pokemon Go. Kalau dulunya daerahmu bukan daerah yang dipadati pemain Ingress, maka jangankan monster, lokasi seperti PokeStop dan gym saja bisa jadi tidak ada.

Rupanya Ini Alasan Pokemon Go Bermasalah di Beberapa Wilayah!

[read_more id="258716"]

Ingress memang masih sangat mempengaruhi Pokemon Go. Kamu bahkan bisa menggunakan aplikasi yang terhubung dengan Ingress untuk mengetahui area-area PokeStop dan gym berada. Bahkan salah satu alasan kenapa banyak tempat ibadah menjadi PokeStop atau gym adalah karena tempat itu dulu diusulkan oleh pemain Ingress.

Masalah berikutnya: Pokemon Go akan lebih mudah memunculkan Pokemon bila banyak yang memainkan game ini di satu area. Kalau ternyata di wilayah kamu yang main sedikit jangan heran kalau tidak ada monster terlihat, tak peduli seberapa jauh kamu bergerak.

Sebaliknya, kalau kamu ingin mencoba, kamu bisa berkumpul dengan teman-teman satu wilayah yang sudah memakai Pokemon Go. Aktifkan gamenya bersama-sama, nyalakan incense, dan coba lihat apakah ada monster yang datang. Tentunya, ini metode yang belum benar-benar teruji, jadi kamu bisa juga tidak mendapatkan apa-apa.

Rupanya Ini Alasan Pokemon Go Bermasalah di Beberapa Wilayah!

Seperti sudah ditulis di atas, ini adalah masalah internasional. Kamu-kamu yang di kota kecil atau pedesaan dan mengalami masalah seperti ini tak perlu berkecil hati. Seharusnya Niantic, Inc. akan terdorong untuk mengatasinya segera, mengingat yang protes juga tidak sedikit.

Pokemon Go bermasalah juga dalam hal server error. Persoalan ini sudah terjadi sejak awal rilis di Australia, dan masih juga menghantui hingga saat ini. Hal ini tampaknya disebabkan karena Niantic, Inc. tidak siap menghadapi luapan pemain. Hal serupa juga dialami oleh pemain Amerika. Seperti disampaikan [outbound_link text="Comicbook.com" link="http://comicbook.com/2016/07/09/pokemon-go-servers-are-down-for-fourth-consecutive-day/"], masalah server ini bahkan sudah menghantui pemain Amerika selama empat hari berturut-turut.

Solusinya? Untuk yang ini seharusnya Niantic, Inc. bisa mengatasinya dengan lebih cepat. Sumber daya mereka tampaknya akan terfokus untuk menyelesaikan persoalan ini, mengingat komplain yang sudah beredar di media sosial.

Apa yang bisa kita lakukan? Kalau kamu bersedia, kamu bisa tidak mengaktifkan aplikasinya dulu hingga gamenya rilis resmi secara global. Itu akan mengurangi beban server yang sudah telanjur berat, bahkan tanpa muatan ekstra. Siapa tahu nanti persoalan minimnya Pokemon, PokeStop, dan gym di daerah kecil juga sudah ikut teratasi.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU