5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu!

Lima fakta yang harus kamu tahu sebelum nonton. Fakta nomor lima yang paling penting!

5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu!

5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu!

Tinggal menghitung jam lagi turnamen e-Sports terbesar ini akan digelar. Sebelum ikut dalam keseruannya, simak dulu lima fakta Dota 2: The International 2016 yang harus kamu tahu berikut ini.

Setiap tahun, gelaran turnamen tingkat dunia Dota 2: The International 2016 selalu meninggalkan kesan tersendiri baik untuk para peserta, pemain Dota 2 di seluruh dunia, maupun gamer dan pecinta e-Sports secara keseluruhan. Turnamen ini bukan hanya memberikan kemegahan dan hadiah yang prestisius (serta tentu menggiurkan), akan tetapi juga seringkali memberikan kejutan yang tak diduga-duga.

Tahun ini, turnamen Dota 2: The International 2016 akan digelar pada tanggal 3 hingga 13 Agustus 2016. Event puncaknya sendiri digelar tanggal 8-13 Agustus bertempat di KeyArena, Seattle Amerika Serikat. Sebelum mulai ikut keseruannya, simak dulu lima fakta Dota 2: The International 2016 yang harus kamu tahu berikut ini!

[page_break no="1" title="Pecahkan Rekor Hadiah Setiap Tahun"]

5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu!

Ya, satu hal yang menjadi daya tarik utama Dota 2: The International adalah jumlah prize money yang sangat jumbo. Bukan hanya itu, jumlah hadiah yang diberikan pun selalu meningkat setiap tahunnya. The International 2014 memecahkan rekor hadiah di e-Sports tahun tersebut dengan total hadiah mencapai US $ 10 juta (sekitar Rp 140 miliar). Lalu, rekor tersebut dipecahkan gelaran tahun 2015 lalu dengan total hadiah US $18,42 juta (lebih dari Rp100 miliar).

Tahun ini? Total hadiahnya tercatat sudah US $19,330 juta atau mencapai Rp251 miliar! Jika jadi juara, benar-benar akan jadi miliarder dadakan nih!

[page_break no="2" title="Gamer Turut Menyumbangkan Hadiah"]

5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu!

Fakta Dota 2: The International 2016 selanjutnya adalah mengenai sumber hadiah yang jumbo tersebut atau yang seringkali dikenal dengan prize pool. Disebut prize pool karena jumlah sebesar ini bukan hanya disediakan oleh pihak developer saja. Ingin tahu total hadiah asli dari developer? "Hanya" US $1,6 juta atau sekitar Rp21 miliar. Sisanya yang US $18 juta lebih datang dari hasil penjualan Battle Pass kepada para pemain Dota 2 di seluruh dunia. Yap, 25% dari hasil penjualan Battle Pass akan terus ditambahkan ke prize pool The International 2016 ini.

Battle Pass sendiri berisi berbagai macam fitur dan item in game yang berbeda-beda tergantung level yang kamu beli. Semakin banyak Battle Pass yang terjual, maka tentu prize pool dari turnamen ini juga akan semakin besar.

Lanjut ke halaman selanjutnya untuk fakta penting lainnya!

[page_break no="3" title="Tim-tim yang Berlaga Tahun ini"]

5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu! Evil Geniuses, jawara The International 2015 tahun lalu[/caption]

Total ada 18 tim akan berlaga tahun ini yang terbagi menjadi tiga kategori sumber keikutsertaan mereka, undangan langsung (Direct Invitation), pemenang kualifikasi regional dan Wild Card. Undangan langsung terdiri dari OG (Eropa), Team Liquid (Eropa), Natus Vincere (Ukraina), LGD Gaming (Cina), Newbee (Cina), MvP Phoenix (Korea). Pemenang kualifikasi regional terdiri dari Evil Geniuses (Amerika), Digital Chaos (Runner up Amerika), Wings Gaming (Cina), Vici Gaming Reborn (Runner up Cina), Team Secret (Eropa), Alliance (Runner Up Eropa dari Swedia), TnC Gaming (Asia Tenggara dari Filipina) dan Fnatic (Runner Up Asia Tenggara dari Malaysia).

Lalu ada empat tim yang lolos dengan status wild card antara lain Complexity Gaming (Amerika), EHome (Cina), Escape Gaming (Eropa) dan Execration (Asia Tenggara, dari Filipina). Empat tim ini akan bersaing untuk memperebutkan dua tempat di babak final yang akan terbagi menjadi dua grup, masing-masing berisi delapan tim.

[page_break no="4" title="Pertama Kalinya Bisa Dinikmati dengan Menggunakan VR"]

5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu!

Bersamaan dengan penyelenggaraan turnamen tahun ini, Valve pun merilis satu fitur tambahan menarik bagi gamer Dota 2 yang disebut dengan Dota VR Hub. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkanmu untuk menikmati replay dan live match Dota 2 langsung di depan mata menggunakan gadget Steam VR. Nah, tentunya nonton live match The International 2 pun bisa kamu lakukan menggunakan cara ini, sehingga aksi-aksi yang dihadirkan pun terlihat sangat nyata!

Bukan hanya itu, kamu pun bisa menikmati setiap detail hero, item, skill dan juga bagaimana cara pemain favoritmu dalam menggunakannya. Bisa jadi pelajaran yang berharga, siapa tahu kamu memiliki mimpi untuk bertanding di The International suatu saat nanti! Akankah nonton pertandingan e-Sports menggunakan VR bakal jadi tren baru ke depannya?

[page_break no="5" title="Bagaimana Cara Menikmati Pertandingannya?"]

5 Fakta Dota 2: The International 2016 yang Harus Kamu Tahu!

Tidak bisa ke Seattle untuk menonton secara langsung? Jangan khawatir. Kamu bisa menonton setiap pertandingan Dota 2: The International 2016 melalui live streaming. Cukup kunjungi situs resmi The International dan kamu bisa menikmati live streaming-nya di tab LIVE. Tidak punya waktu untuk menonton live streaming? Kamu bisa nonton replay-nya di tab REPLAYS. Mudah sekali bukan?

Itulah lima fakta Dota 2: The International 2016 yang harus kamu tahu. Bagaimana menurut pendapatmu? Kira-kira tim mana yang akan jadi juara dalam turnamen tahun ini?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU