Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Pembahasan sejarah panjang game Pokemon sudah mendekati akhir dan sampai pada bagian ketiga: game-game Pokemon untuk Nintendo DS!

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Pembahasan kita mengenai sejarah game Pokemon sudah setengah jalan, lho. Kemarin kita sudah membahas Pokemon di era Game Boy dan kemudian masa-masa Game Boy Advance.

Sekarang kita masuk ke sejarah game Pokemon Nintendo DS! Game-nya banyak juga lho, total ada 19 game Pokemon Nintendo DS!

Pokemon Diamond dan Pearl (Jepang dan Taiwan - 2006, Global 2007)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Game Pokemon Nintendo DS yang memperkenalkan "Generasi IV" Pokemon, melalui daerah Sinnoh dan menambahkan 107 jenis Pokemon baru, di antaranya adalah Piplup, pinguin; Chimchar, monyet api; dan Turtwig, kura-kura dengan tunas di kepalanya.

Game ini rilis di Jepang dan Taiwan pada 28 September 2006, dan negara-negara lain pada tahun berikutnya, 22 April di Amerika Utara, 21 Juni di Australia, dan 27 Juli 2007 di Eropa. Sementara Korea Selatan baru mendapatkannya pada 14 Februari 2008, dan sejak seri ini, semua game Pokemon keluar resmi di Korea.

Karena Nintendo DS memiliki slot untuk game Game Boy Advance, Diamond dan Pearl memiliki fitur dimana kamu bisa menangkap Pokemon-Pokemon dari generasi sebelumnya dengan memasukkan game Game Boy Advance (seperti FireRed dan Sapphire) di bagian bawah mesin.

Nintendo juga memperkenalkan sistem trading online untuk pertama kalinya yang disebut Global Trading System, atau GTS, di judul ini.

Versi internasional dari Diamond dan Pearl merupakan game Pokemon pertama yang menggunakan huruf kapital dengan "benar”"(contoh: ULTRA BALL di game-game sebelumnya menjadi Ultra Ball). Namun nama-nama Pokemon masih memakai huruf kapital.

Kalau kamu merasa pernah memainkan game Pokemon Diamond di Game Boy Color, jangan merasa heran dan bertanya-tanya kenapa Nintendo mendaur-ulang nama. Karena sebenarnya versi Diamond itu adalah versi terjemahan palsu dari serial game lain yang berjudul Keitai Denjū Telefang!

Pokemon Platinum (Jepang dan Taiwan - 2008, Global 2009)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Masih mengikuti tradisi, versi update Diamond dan Pearl ini diberi nama Pokemon Platinum, yang menampilkan Pokemon legendaris Giratina di sampulnya.

Game ini dirilis pada 13 September 2008 di Jepang dan Taiwan. Sementara daerah-daerah lain menyusul pada 2009, 22 Maret di Amerika Utara, 14 Mei di Australia, 22 Mei di Eropa, dan 2 Juli di Korea Selatan.

Selain pembaruan dan pembetulan di beberapa aspek permainan, Platinum juga memberi fitur menarik, yaitu tempat bermain mini-game bersama 20 pemain lain menggunakan koneksi Wi-Fi melalui tempat bernama Wi-Fi Plaza.

Pokemon HeartGold dan SoulSilver (2009 - Jepang, 2010 - Global)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Sejak Pokemon FireRed dan LeafGreen, Nintendo membuat tradisi lain selain versi terbaru dari dua judul terpisah, yaitu adanya versi remake game lama pada mesin handheld generasi baru. Dan di Nintendo DS, pemain Pokemon dimanjakan dengan HeartGold dan SoulSilver, versi baru Gold dan Silver yang sudah dirombak habis-habisan.

Versi terbaru Generasi II Pokemon ini dikeluarkan 12 September 2009 di Jepang dan Taiwan, 4 Februari 2010 di Korea, 14 Maret 2010 di Amerika Utara, 25 Maret 2010 di Australia dan 26 Maret di Eropa (mengesampingkan Belanda, Luxembourg, dan Belgia karena adanya masalah data, dan kopi yang sudah diperbaiki baru rilis 2 April 2010).

Versi ini memberikan beragam fitur dan perbaikan yang tidak ada pada game aslinya, dan juga mengembalikan fitur yang hanya muncul sekali di Pokemon Yellow dan ditemui pada tempat khusus saja di Pokemon Diamond, Pearl, dan Platinum, yaitu Pokemon yang mengekori kita selama permainan.

Pokemon Black dan White (2010 - Jepang, Taiwan, Hong Kong - 2011, Global)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Pokemon beralih ke "Generasi V" ditandai dengan rilisnya Pokemon Black dan White pada 18 September 2010 di Jepang, Taiwan, dan Hong Kong.

Daerah lain baru kebagian pada 2011, tepatnya 6 Maret di Amerika Utara, 4 Maret Eropa, 10 Maret Australia, dan 21 April Korea Selatan.

Generasi baru ini meningkatkan lagi jumlah total jenis Pokemon menjadi 649 macam, dengan menambahkan 156 Pokemon baru.

Bertualang di negeri Unova, pemain akan ditemani salah satu dari 3 Pokemon: Oshawott, berang-berang biru; Tepig, babi bercorak oranye-hitam; dan Snivy, si ular hijau, dalam melengkapi PokeDex dan melawan organisasi jahat Team Plasma.

Black dan White memperkenalkan beragam fitur online baru dengan Global Link dan Dream World-nya, di mana pemain tidak hanya bisa bertukar dan bertanding Pokemon saja, tetapi juga mendapat item dan berinteraksi dengan cara lain.

Sementara, fitur offline yang paling signifikan adalah adanya Season/Musim (Semi, Panas, Dingin, dan Gugur), yang mempengaruhi tampilan lokasi dan bahkan wujud Pokemon Deerling dan Sawsbuck.

Game Pokemon Nintendo DS ini juga merupakan game Pokemon pertama yang memiliki sekuel langsung: Black 2 dan White 2.

Lanjut ke halaman 2...

Pokemon Black 2 dan White 2 (Global - 2012)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Sekuel ini dirilis untuk semua daerah pada 2012. 23 Juni untuk Jepang, Taiwan, dan Hong Kong. 7 Oktober di Amerika Utara. 11 dan 12 Oktober untuk Australia dan Eropa. Serta 8 November di Korea Selatan.

Black 2 dan White 2 mengambil waktu dua tahun setelah game pertamanya tamat. Ada area baru yang muncul seperti Pokemon World Tournament, dimana pemain bisa melawan karakter-karakter dari game lama, dan perubahan atau penggantian pada Gym Leader. Dan kali ini, semua gambar karakter dan Pokemon memiliki animasinya masing-masing.

Pokemon Mystery Dungeon (2005, 2007, 2009)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Di game spin-off RPG dungeon crawler, Pokemon Mystery Dungeon, kamu akan berperan sebagai manusia yang tiba-tiba berubah menjadi Pokemon dan harus hidup bersama Pokemon-Pokemon lainnya.

Game pertamanya, Blue Rescue Team dirilis bersamaan dengan versi Game Boy Advance-nya, Red Rescue Team pada 17 November 2005 di Jepang dan 18 September 2006 di Amerika.

Semua Pokemon dari Generasi I, II, III, dan IV (total berjumlah 491 Pokemon) muncul di judul terbaru serial game ini, Explorers of the Sky, baik sebagai kawan maupun lawan.

Pokemon Ranger (2006, 2008, 2010)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Di serial Pokemon Ranger, kamu tidak bermain sebagai pelatih (trainer) Pokemon, melainkan penjaga alam Pokemon yang disebut sebagai Ranger.

Untuk meminta bantuan Pokemon-Pokemon liar menjalankan tugasmu menjaga kelestarian alam dan kehidupan Pokemon di alam bebas, karaktermu dilengkapi Capture Styler. Di kontrol melalui layar sentuh Nintendo DS, alat itu berfungsi untuk menjinakkan Pokemon.

Total, terdapat 3 game Pokemon Nintendo DS yang memiliki subjudul Ranger: Pokemon Ranger, Shadows of Almia, dan Guardian Signs.

Pokemon Trozei dan Dash (2005, 2004)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Dikenal juga sebagai Pokemon Link!, Pokemon Trozei adalah game puzzle dimana kamu mencocokkan gambar-gambar Pokemon secara berurutan untuk menghancurkan balok-balok.

Sementara Pokemon Dash sebenarnya adalah game Pokemon Nintendo DS yang paling pertama rilis dan menampilkan Pokemon Generasi IV. Di game yang satu ini kamu akan memainkan Pikachu bertanding balapan dengan Pokemon lain.

Pokemon Conquest (2012)

Jangan Ngaku Master PoGo Sebelum Kenal Game Pokemon Nintendo DS Ini!

Berbeda dari game-game Pokemon lain, Pokemon Conquest merupakan game strategi taktis hasil kerjasama dengan Tecmo Koei, pengembang serial Nobunaga Ambition dan Samurai Warriors.

Game ini pun memadukan unsur mengoleksi dan pertandingan Pokemon dengan permainan strategi versi sederhana dari Nobunaga Ambition serta dibintangi tokoh-tokoh Samurai Warriors.

Majalah Nintendo Power dan Famitsu memuji game ini dari aspek sistem tactical RPG-nya yang mudah dimengerti bahkan oleh anak-anak tetapi tetap seru.

Di Conquest, pemain akan berperan sebagai seorang penguasa muda yang berusaha menyatukan negara Ransei yang terpecah-belah menjadi 17 daerah, masing-masing merupakan representasi dari Type yang dimiliki para Pokemon (Water, Fire, Grass, dan seterusnya).

Pertama kali dipublikasikan di DuniaGames

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU