Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

Baru memasuki Th 10? Ini adalah guide yang membantu kamu untuk memilih bangunan pertahanan mana yang cocok untuk di-upgrade lebih dulu.

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

Baru memasuki TH 10? Ini adalah guide yang membantu kamu untuk memilih bangunan pertahanan mana yang cocok untuk di-upgrade lebih dulu.

Kali ini saya akan memberikan tips TH 10 dari Clash of Clans bagi kamu yang baru saja memasuki TH ini. Dengan update yang diberikan Supercell kemarin, tentu saja semakin banyak bangunan pertahanan yang harus kamu urus di TH 10, agar pemain lain kesulitan untuk menyerangmu. Nah, kali ini saya akan memberikan tips TH 10 tentang apa yang harus kamu perhatikan dan bangunan mana yang harus kamu upgrade lebih dulu di TH ini. Nah berikut ini merupakan urutan prioritas bangunan mana yang harus kamu perhatikan terlebih dulu:

[page_break no="1" title="2 Inferno Tower ke level 3"]

Inferno Tower merupakan bangunan pertahan terbaik di game ini dan terbuka pertama pada Town Hall 10. Jadi begitu kamu memasuki TH 10, kamu bisa membangun dua Inferno Tower dan melakukan upgrade hingga level 3. Menariknya, Inferno Tower bisa kamu setting untuk menyerang single ataupun multiple target. Tentu saja serangan single target Inferno Tower jauh lebih besar dibanding multiple target. Biasanya Tower mode single target tersebut digunakan untuk melawan prajurit ber-HP tinggi seeprti Hero, P.E.K.K.A, Giant, atau Golem.

Kamu perlu membangun Inferno Tower di tempat strategis, dimana ada bangunan penjaga lain yang bisa menjaganya dari serangan banyak prajurit sekaligus seperti Mortar atau Bomb Tower. Jika tepat, maka saya jamin, kamu bisa bertahan dengan sangat baik di Clan Wars.

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

[page_break no="2" title="X-Bow ke 3, level 3"]

Tips TH 10 dari saya, janganlah kamu terburu-buru upgrade 2 X-Bow yang sudah kamu miliki di TH 9 menjadi level 4 terlebih dulu. Sebab ada hal yang lebih penting yang harus kamu perhatikan, yaitu munculnya satu unit X-Bow baru yang bisa kamu bangun. Prioritas utamamu adalah membangun XBow baru tersebut, lalu upgrade hingga mencapai level 3. Total pembangunan ini memakan waktu 25 hari, jadi persiapkan dengan baik.

[page_break no="3" title="Skeleton Trap ke 3, level 3"]

Skeleton Traps merupakan jebakan yang paling bagus untuk memancing Archer Queen dan Barbarian King, ketika mereka ingin langsung menyerang bangunan utamamu. Kamu juga bisa mengaturnya untuk menyerang unit udara seperti Balloons, apalagi Balloons tidak bisa menyerang balik mereka. Di TH 10 ini, kamu bisa membangun Skeleton Trap ke 3 dan meningkatkan levelnya menjadi 3. Segera lakukan hal ini, sebelum memperkuat bangunan lainnya. Upgrade ini cukup singkat, jadi bisa kamu lakukan dengan cepat.

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

[page_break no="4" title="Hidden Tesla ke level 8"]

Tips TH 10 berikutnya, kamu harus meng-upgrade keempat Hidden Tesla ke level 8. Ada banyak alasan kenapa bangunan ini menjadi prioritas keempat: area yang dibutuhkan unit ini hanya 2x2, sehingga bisa kamu tempatkan di mana saja dengan mudah. Lalu Hidden Tesla juga sangat jarang bisa diprediksi oleh musuh karena sesuai namanya, mereka tidak terlihat (tersembunyi). Alasan terakhir karena Tesla mampu menembakan listrik dengan cepat baik unit udara maupun darat.

[page_break no="5" title="Wizard Tower ke level 8"]

Wizard Tower juga merupakan bangunan penjaga yang sangat kuat karena memberikan splash damage kepada unit udara dan darat. Bangunan ini sangat cocok untuk mengalahkan Balloons, Lava Hound, dan Dragon. Apalagi kini waktu untuk melatih Dragon makin singkat, sehingga membuat kita semakin butuh unit pertahanan serangan udara. Hanya saja kamu harus menempatkannya dengan baik dan menjaga jarak dengan bangunan pertahanan anti-air lainnya.

[page_break no="6" title="Air Defense ke level 8"]

Air Defense mendapatkan tambahan status yang sangat optimal dari level 7 ke level 8, meningkatkan DPS dari 280 ke 320! Jadi tunggu apalagi untuk meng-upgrade unit yang satu ini. Alasan kenapa kita harus meng-upgrade Wizard Tower terlebih dulu dibanding dengan Air Defense, adalah Wizard Tower mampu menangani juga unit darat. Sedangkan Air Defense hanya bisa menyerang unit udara. Bangunan pertahanan ini sangat baik, apalagi untuk mengalahkan Dragon dan Lava Hound!

Lanjut ke halaman dua untuk tips berikutnya!

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

[page_break no="7" title="2 Bomber Tower level 4"]

Bangunan baru ini sangat efektif untuk menghancurkan serangan pasukan darat milik musuh. Sangat cocok digunakan untuk melindungi Air Defence yang biasanya ditarget oleh penguasa yang menggunakan unit udara sebagai ujung tombaknya. Kombo keduanya ini sangat mengunci pergerakan musuh. Selain itu Bomber juga mampu menggantikan posisi Wizard Tower jika dibutuhkan, karena sebenarnya kegunaan mereka sama yaitu memberikan splash damage. Sayangnya Bomber Tower tidak mampu menyerang unit udara.

[page_break no="8" title="X-Bow ke level 4"]

Tips TH 10 berikutnya, baru kamu bisa meng-upgrade seluruh X-Bow yang kamu miliki menjadi level 4. Sebenarnya, melakukan upgrade X-Bow bukan prioritas utama, karena upgrade ini memakan waktu 14 hari untuk 1 unitnya, serta kenaikan statusnya pun tidak signifikan (5 DPS dan 400 HP). Tapi cukup membantu bertahan dari serangan Archer Queen.

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

[page_break no="9" title="Archer Tower ke level 13"]

Bisa dibilang merupakan gabungan antara X-Bow dan Tesla. Tower ini menyerang unit udara dan darat, sehingga cocok untuk di-upgrade terlebih dulu dibanding bangunan-bangunan awal lainnya. Apalagi setelah mendapatkan buff yang mampu menyerang lebih cepat di patch sebelumnya, membuat tower ini lebih unggul dibanding tower awal lainnya. Sayangnya bangunan ini memiliki HP rendah, sehingga mudah dihancurkan lawan. Biasanya Archer Tower juga ditaruh didepan, karena mamakan space yang besar, dan tidak seberapa kuat dibanding X-Bow, Tesla, dan Inferno Tower.

[page_break no="10" title="Mortar ke level 8"]

Meskipun mendapat kenaikan yang cukup signifikan, Mortar level 8 tidak cukup penting dibanding Mortar level 7 yang mampu menghentikan banyak unit untuk farming. Lagi pula di TH 10 ini kamu sudah memiliki Tesla Tower, dengan mode serangan menyebarnya, mampu membunuh pasukan darat musuh dengan mudah (mampu membunuh 10 musuh sekaligus). Juga ada Bombing Tower yang jauh lebih efisien untuk menyerang pasukan darat musuh. Dari sisi DPS, Mortar juga sangat lambat, hanya mampu menyerang sekali dalam 5 detik, juga kadang tidak akurat. Itulah yang membuat ia berada di prioritas bawah di tips TH 10 ini.

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

[page_break no="11" title="Air Sweeper level 6"]

Tips TH 10 ini memang berkaitan dengan menjaga TH dari serangan unit udara. Untuk itu kita memerlukan Air Sweeper level 6! Masing-masing memakan waktu 9 hari untuk upgrade, tapi sangat berguna untuk menghalau Balloons untuk mendekat markas, sehingga bangunan anti-air kita mampu menghabisi mereka dengan lebih mudah.

[page_break no="12" title="Cannon ke 6, level 13"]

Kita mendekati akhir dari tips TH 10. Banyaknya unit pertahanan yang kita prioritaskan di atas, kini saatnya kita membangun unit bangunan pertahanan yang paling kurang efektif, Cannon. Yah, bisa dibilang terjelek, Cannon cukup membantu TH kita untuk bertahan dari serangan pasukan ber-HP besar seperti P.E.K.K.A, apalagi kini Tesla tidak menghasilkan serangan berlipat ganda ketika menyerang unit raksasa tersebut. Terlebih Cannon memakan waktu upgrade yang tidak begitu lama. Oh ya, di TH 10 ini kamu juga bisa membangun 1 Cannon baru untuk memperkuat penjagaan TH-mu dari unit pasukan darat.

Tips TH 10 Clash of Clans: Membangun Pertahanan Sesuai Update Terbaru

[page_break no="13" title="Semua Trap yang Ada"]

Prioritas berikutnya sebelum membangun Wall, adalah meningkatkan level semua trap yang ada. Trap yang paling penting adalah air bomb dan air mine, keduanya cukup membantumu dalam menghadapi pasukan udara musuh. Setelah itu baru kamu upgrade Giant Bomb ke level 4, meskipun kenaikannya tidak signifikan. Terakhir adalah Small Bomb, yang juga tidak begitu penting karena damage yang dihasilkan sangat sedikit.

[page_break no="14" title="Wall"]

Wall tidak membutuhkan waktu dalam upgrade. Hanya saja kamu membutuhkan banyak Gold dan Elixir sebagai persyaratan upgrade-nya. Selain itu kenaikan Wall juga tidak terlalu signifikan, tidak memberikan keuntungan besar bagi pertahanan, untuk itulah mengapa Wall selalu berada di prioritas akhir di setiap kita berpindah TH.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU