Inilah 7 Channel YouTube Anti Mainstream yang Bisa Bikin Kamu Tambah Pintar

kok-bisa-1Dibanding dengan media sosial lain, perkembangan YouTube di Indonesia belakangan ini begitu pesat. Terlebih dengan maraknya para remaja kreatif yang memanfaatkan YouTube sebagai wadah baru dalam mencari penghasilan.

Tapi yang menjadi kekhawatiran dengan tingginya minat netizen Indonesia terhadap YouTube adalah makin banyaknya konten-konten kurang berkualitas dan tak mendidik yang dibuat oleh para YouTuber. Tentu saja hal ini bisa menimbulkan dampak buruk yang bakal diterima oleh penonton YouTube yang mayoritas masih di bawah umur.

Nah daripada kamu terjebak dalam channel-channel YouTube kurang mendidik, lebih baik kamu tonton deretan channel YouTube yang bikin pintar berikut ini.


1

Crash Course


Jika kamu merasa jenuh dengan guru di sekolah yang menerangkan berbagai pelajaran secara membosankan, maka channel Crash Course merupakan solusi tepat memecahkan permasalahanmu tersebut. Channel yang sekarang ini memiliki hampir lima juta subscriber ini memiliki konten beragam mulai dari sejarah, biologi, kimia, fisika sampai ilmu sastra.

Dengan animasi dan infografis yang enggak ngebosenin, membuat kamu bakal betah terus buat menonton channel YouTube yang bikin pintar ini.


2

Kurzgesagt


Channel YouTube yang bikin pintar selanjutnya adalah Kurzgesagt – In a Nutshell. Channel ini akan memberikan kamu berbagai edukasi penting dengan berbagai pejelasan yang mudah dimengerti.

Sampai saat ini Kurzgesagt telah memiliki lebih dari tiga juta subscriber dengan lebih dari 50 video edukasi yang benar-benar bikin kamu tambah pintar.


3

Asapscience


Mungkin setelah menonton channel ini, kamu akan mendadak menyukai hal-hal yang berbau science. Disajikan dalam bentuk gambar, membuat berbagai penjelasan ilmiah yang tadinya super rumit bisa kamu pahami dengan mudah. Tak heran channel ini menjadi salah satu channel favorit untuk menambah ilmu pengetahuan.

Sampai saat ini Asapscience memiliki lebih dari lima juta subscriber dengan 190 video yang diunggah seminggu sekali.


4

Vsauce


Dibawakan oleh Michael, Vsauce adalah channel YouTube yang bikin pintar selanjutnya. Pada intinya, Vsauce akan menjawab segala pertanyaan seputar ilmu pengetahuan. Tapi tentu saja dikemas secara menarik, informatif dan juga ringan.

Saking populernya, channel Vsauce juga dibagi tiga yaitu Vsauce, Vsauce2, dan Vsauce3. Nah kamu tinggal pilih deh channel yang yang pengen ditonton.


5

Crazy Russan Hacker


Bagi kamu yang hobi mencoba hal baru dan mempraktekannya, maka channel yang satu ini wajib kamu kunjungi. Channel yang dibawakan oleh Teras Kulakov ini akan menunjukan dan mengajari kamu berbagai percobaan ilmiah yang menganggumkan.

Seperti namanya, orang Rusia ini sering melakukan percobaan-percobaan gila yang tak pernah terpikirkan. Saking menariknya, Crazy Russian Hacker sudah memiliki lebih dari delapan juta subscriber.


6

Crack an Egg


Bukan cuma orang luar negeri saja yang bisa membuat channel YouTube yang bikin pintar. Pasalnya, orang Indonesia pun mampu melakukannya, seperti channel Crack an Egg. Dikemas secara santai dan humoris, channel ini dengan mudah disukai oleh orang-orang yang butuh jawaban akan pertanyaan-pertanyaan remeh.

Sampai saat ini Crack an Egg telah memilik lebih dari 243 video dengan beragam konten menarik dan edukatif.


7

Kok Bisa


Bisa dibilang channel Kok Bisa adalah channel pertama buatan anak bangsa yang berisikan video-video edukatif melalui infografis menarik dan enak dilihat. Channel yang dibuat oleh tiga anak UI ini punya konsep yang sederhana. Di setiap videonya mereka berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana tapi penting secara logis lewat animasi-animasi yang menarik.

Melalui tagline “Tidak ada pertanyaan bodoh. Yang ada hanya orang bodoh yang tidak mau bertanya”, channel Kok Bisa terus berkembang dan terus memberikan edukasi positif bagi penikmatnya.

Kubu BAD VS Kubu GOOD! Inilah Alasan Drama Perpecahan YouTubers Indonesia

Dunia per-YouTube-an Indonesia sedang bergejolak terkait adanya perpecahan antara YouTubers. Penasaran alasannya kenapa?
Baca Juga

Nah apakah kamu punya rekomendasi lain tentang channel YouTube yang bikin pintar?

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleResmi Terungkap kalau Anak di Trailer Logan Memang X-23
Next articleSiap Gantikan Overwatch, Kreator World of Warcraft Rencanakan Proyek Rahasia!
Penikmat anime detective. Fans Liverpool layar kaca