Mekanika Dota 2: Mengenal Disjoint, Mekanika Untuk Kabur di Dota 2

dota-disjoint-featured
Sumber: dotafire.com

Selamat datang di Mekanika Dota 2! Rubrik terbaru di Duniaku Network yang akan mengupas berbagai macam mekanika permainan yang ada di dalam Dota 2.

Salah satu tujuannya dibuatnya rubrik ini adalah, agar kita bisa sama-sama belajar dan dapat bermain Dota 2 dengan lebih baik. Bagaimanapun meski Dota 2 menyenangkan untuk dimainkan, namun jika kamu ingin jadi lebih baik dalam permainan butuh waktu untuk belajar banyak hal juga belajar menerapkannya.

Pada pekan ini, kami akan membahas mekanika Disjoint. Apa itu Disjoint? Bagaimana cara kerjanya? Berikut penjelasannya.

 

Disjoint, Cara Tepat untuk Hindari Projectiles di Dota 2!

dota-disjoint-01
Sumber: youtube.com

Pada Dota 2 terdapat elemen permainan yang bernama projectilesProjectiles atau proyektil ini adalah berbagai bentuk abilities atau basic attack yang meluncur seperti peluru, beberapa contohnya seperti Stiffling Dagger milik Phantom Assassin atau Magic Missile milik Vengeful Spirit, atau basic attack dari hero tipe ranged.

Meski cara cast abilities tersebut dengan menggunakan point-and-click, namun sebenarnya skill proyektil dapat dihindari dengan cara disjointDisjoint adalah tindakan menghindari proyektil atau membuat proyektil tersebut kehilangan jejak targetnya. Suatu tindakan dapat dinilai sebagai disjoint apabila proyektil berhenti melacak targetnya.

Pada hakekatnya, sebuah ability atau basic attack dapat dibuat jadi disjoint dengan menggunakan tiga cara, teleportinvisible, dan menggunakan ability lainnya.

 

Disjoint Menggunakan Ability

dota-disjoint-02
Sumber: dotageeks.com

Beberapa ability milik para hero di Dota 2, bisa melakukan disjoint. Berikut daftar ability yang bisa disjoint.

Borrowed Time icon.png Abaddon – Borrowed Time1 Mirror Image icon.png Naga Siren – Mirror Image
Chemical Rage icon.png Alchemist – Chemical Rage Doppelganger icon.png Phantom Lancer – Doppelganger3
Primal Split icon.png Brewmaster – Primal Split Supernova icon.png Phoenix – Supernova4
Phantasm icon.png Chaos Knight – Phantasm Phase Shift icon.png Puck – Phase Shift
Infest icon.png Lifestealer – Infest Tricks of the Trade icon.png Riki – Tricks of the Trade
True Form icon.png Lone Druid – True Form2 Pounce icon.png Slark – Pounce
Manta Style icon.png Manta Style – Mirror Image Ball Lightning icon.png Storm Spirit – Ball Lightning
Waveform icon.png Morphling – Waveform Metamorphosis icon.png Terrorblade – Metamorphosis

1. Disjoint hanya bila diaktifkan secara manual
2. Juga bisa disjoint
3. Disjoint untuk Phantom Lancer dan semua Ilusi miliknya
4. Disjoint untuk Phoenix dan semua kawan yang dimasukkan ke dalam

Dengan menggunakan ability tersebut di atas, para hero di dalam Dota 2 jadi bisa menghindari proyektil baik skill atau juga basic attack. Berikut contoh penerapannya.

Dalam video berdurasi 55 detik tersebut, kita bisa melihat bagaimana alchemist – chemical rage dapat disjoint basic attack dari Mirana. Alhasil HP milik Alchemist tak berkurang sedikit pun, meski mirana menggunakan enam divine rapier untuk menyerang alchemist.

 

Disjoint Menggunakan Teleport

dota-disjoint-03
Sumber: steamcommunity.com

Teleport juga bisa digunakan untuk disjoint basic attack maupun ability projectiles tertentu. Eit jangan salah sangka, teleport di sini bukan menggunakan item teleport saja. Maksud teleport di sini adalah berpindah posisi secara cepat dari satu posisi ke posisi lain, contoh: blink. Berikut beberapa teleport yang bisa digunakan untuk disjoint.

Blink (Anti-Mage) icon.pngAnti-Mage – Blink Ethereal Jaunt icon.png Puck – Ethereal Jaunt
Blink Dagger icon.png Blink Dagger – Blink Blink (Queen of Pain) icon.png Queen of Pain – Blink
Boots of Travel 1 icon.png Boots of Travel – Teleport Town Portal Scroll icon.png Town Portal Scroll – Teleport
Relocate icon.png Io – Relocate1 Dark Rift icon.png Underlord – Dark Rift
Return (Spirit Bear) icon.png Spirit Bear – Return Time Lapse icon.png Weaver – Time Lapse
Teleportation icon.png Nature’s Prophet – Teleportation

Salah satu cara disjoint menggunakan teleport yang cukup umum dikenal para pemain Dota 2 adalah dengan menggunakan skill blinkBlink baik menggunkana blink dagger atau ability milik Queen of Pain atau Anti-Mage bisa digunakan untuk menghindari projectiles. Dalam penerapannya timing menggunakan blink harus tepat agar bisa disjoint projectiles tersebut.

 

Disjoint Dengan Cara Menghilang

dota-disjoint-04
Sumber: dotafire.com

Menghilang juga bisa jadi salah cara lain untuk disjoint. Menghilang di sini tentu adalah menghilang menggunakan Shadow Blade atau ability lainnya yang membuat suatu hero jadi tak terlihat. Berikut daftar kemampuan menghilang yang bisa dimanfaatkan untuk disjoint.

Invisibility (Hawk) icon.png Hawk – Invisibility Ghost Walk icon.png Invoker – Ghost Walk Bottle (Invisibility) icon.png Invisibility Rune – Invisibility
Shadow Walk icon.png Bounty Hunter – Shadow Walk Invisibility (Lycan Wolf) icon.png Lycan Wolf – Invisibility Sand Storm icon.png Sand King – Sand Storm
Wind Walk (Storm) icon.png Storm – Wind Walk Moonlight Shadow icon.png Mirana – Moonlight Shadow Shadow Amulet icon.png Shadow Amulet – Fade
Spin Web icon.png Broodmother – Spin Web Vendetta icon.png Nyx Assassin – Vendetta Shadow Blade icon.png Shadow Blade – Shadow Walk
Skeleton Walk icon.png Clinkz – Skeleton Walk Burrow icon.png Nyx Assassin – Burrow Silver Edge icon.png Silver Edge – Shadow Walk
Glimmer Cape icon.png Glimmer Cape – Glimmer Cloak and Dagger icon.png Riki – Cloak and Dagger Shadow Dance icon.png Slark – Shadow Dance
Meld icon.png Templar Assassin – Meld Smoke of Deceit icon.png Smoke of Deceit – Conceal Nature's Guise icon.png Treant Protector – Nature’s Guise
Shukuchi icon.png Weaver – Shukuchi

 

Layaknya cara disjointing lainnya Layaknya menggunakan blink untuk disjointtiming menjadi elemen penting demi berhasilnya disjoint dengan menggunakan invisible.

Itu dia beberapa ability yang dapat digunakan untuk disjoint ability tertentu. Tapi ability apa saja yang bisa dijadikan disjoint? Sabar yaa, nanti akan kami bahas pada rubrik Mekanika Dota 2 selanjutnya. Simak terus yaa.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleKabar Gembira, Sekuel Shaun The Sheep Movie Segara Dibuat Tahun Depan!
Next articleBenarkah Mi Mix, Android Berlapis Emas 18K, Desainnya Bukan Asli Xiaomi?
Bukan orang biasa yang hobi main game dan jadi hobi menulis tentang game. Game favorit adalah game multiplayer kompetitif, kini juga jadi pengamat dunia persilatan eSport lokal dan internasional.