DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?

Ini kata sutradara film The Avengers, Joss Whedon, mengenai siapa yang terbaik antara DC dan Marvel. Menurutmu dia akan memilih siapa?

DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?

DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?DC vs Marvel, inlah perdebatan paling populer yang seringkali dibicarakan oleh masing-masing penggemar franchise superhero tersebut. Pada saat ini Marvel Cinematic Universe telah berjalan dengan lancar tanpa masalah apapun, sedangkan DC Extended Universe mendapat awal yang cukup sulit karena usianya yang masih sangat muda. Setelah cukup lama menyaksikan kedua franchise tersebut, sekarang Joss Whedon telah siap menjawab pertanyaan: siapakah franchise yang lebih baik?

Aku tidak sempat menonton Suicide Squad. Aku melihat Batman v Superman. Keduanya [DC dan Marvel] punya cara mereka masing-masing. Aku pikir Marvel mungkin lebih sukses dalam hal cara kerja mereka sementara DC lebih bagus dalam hal sinematografi – apa yang mereka buat sangat luar biasa – tapi aku merasa Kevin [Feige, Presiden dari Marvel Studio] adalah seorang penulis cerita yang sangat baik. Dia sangat peduli terhadap hubungan antar ceritanya, dan aku pikir trend tidak akan mempengaruhi Marvel.

Sebenarnya ini adalah penjelasan terbaik yang dapat digunakan untuk membedakan kedua franchise tersebut. Komentar yang diberikan Joss Whedon kepada Complex telah berhasil menenangkan perdebatan panjang antara para penggemar dari DCEU dan MCU.

DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?

[read_more id="273151"]

Walaupun film Marvel memang tidak selalu mengikuti trend seperti saingannya, alur ceritanya adalah satu hal yang menjadi fokus utama para sutradaranya. Mereka ingin membuat sebuah dunia yang saling berhubungan untuk para karakternya, sama seperti apa yang telah dilakukan dalam komiknya.

DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?Disisi lain, dengan bantuan Zack Snyder, DC ingin membuat nuansa yang sama antara komik dengan adaptasi filmnya. Hal ini berarti ada banyak adegan yang dibuat semirip mungkin dengan komiknya untuk ‘menghidupkan’ apa yang telah dilihat oleh para penggemarnya.

DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?

[read_more id="273155"]

Baik DC ataupun Marvel memang memiliki tujuan yang sangat berbeda, namun, bukan berarti salah satu di antara mereka salah. Joss Whedon telah lama bekerja dengan Marvel dan bahkan dirinya pernah berkata bahwa ini adalah salah satu pekerjaan terberat yang pernah dia lakukan. Marvel memiliki reputasi yang kurang baik dalam memberikan sutradaranya kebebasan membuat sebuah cerita, dan inilah alasan mengapa ada banyak kabar seperti keluarnya Edgar Wright dari posisinya sebagai sutradara Ant-Man karena perbedaan pendapat antara dirinya dengan pihak Marvel.

DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?

[read_more id="273153"]

Hal inilah dimana DC lebih unggul daripada Marvel. Mereka dapat memberikan kebebasan kepada para sutradaranya untuk membuat film yang mereka inginkan. Sayangnya hal ini dapat membuat semua filmnya berbeda satu sama lain, dan hal ini juga telah membuat banyak orang merasa kekurangan DC adalah tidak adanya hubungan dalam filmnya seperti apa yang Marvel lakukan dengan MCU.

DC vs Marvel, Siapakah yang Dapat Membuat Film Superhero Terbaik?Untuk menjawab kritik tersebut, DC lebih memilih untuk mulai memperkenalkan hubungan antarsuperhero dunianya dalam film Justice League, dan sudah pasti kita semua tidak sabar untuk melihat bagaimana cara DC memperkenalkan superhero seperti The Flash, Aquaman, dan Cyborg ke layar lebar.

Apakah kamu setuju dengan komentar Joss Whedon? Siapakah menurutmu franchise yang lebih baik, DC atau Marvel? Segera berikan jawaban kamu dibawah yah!

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU