Facebook Gameroom Dirilis, Tantang Steam Plus Hidupkan Kembali Game Sosial!

Facebook Gameroom

Sekitar lima atau empat tahun lalu, Facebook sangat “berkuasa” dengan platform web based game yang terintegrasi dengan media sosialnya. Mungkin kamu masih ingat dengan masa kejayaan game-game sosial seperti FarmVille, Mafia Wars, Criminal Case dan sebagainya. Namun sayang, kehadiran game-game mobile rupanya cukup banyak menggerus popularitas game-game Facebook ini, meskipun tidak sampai “mematikan” sepenuhnya.

Entah ingin kembali menggaet gamer-gamer kasual yang sudah “direbut” oleh game mobile atau justru ingin bertarung dengan Steam, pada bulan Agustus 2016 kemarin Facebook pernah mengkonfirmasikan rencananya untuk membuat sebuah platform game PC baru. Dan di bulan November 2016 ini, plaftorm baru yang dikembangkan bersama dengan Unity tersebut akhirnya sudah memiliki nama: Facebook Gameroom!

Facebook Gameroom

Berbeda dengan platform game Facebook sebelumnya, platform game PC baru dari Facebook ini adalah platform game PC desktop, dimana gamer bisa men-download game dan memainkannya (tidak harus selalu online) melalui PC desktop atau laptop mereka. Sistemnya bakal mirip dengan Steam, namun yang membedakan adalah platform ini akan lebih banyak berisi game-game kasual, mengikuti tren game-game yang sebelumnya sudah pernah dirilis di platform web game-nya dulu.

Facebook Gameroom
Ada banyak kategori game yang bisa kamu mainkan di Gameroom

Bukan hanya itu, karena bekerja sama dengan Unity, Facebook Gameroom nantinya bisa memainkan lebih dari sekedar game web, akan tetapi juga memainkan game-game mobile yang di-porting untuk Facebook Gameroom, ataupun game yang dikembangkan khusus secara native. Karena menggunakan sebuah aplikasi client terpisah yang bisa di-download, tentunya kamu tidak perlu khawatir saat bermain akan diganggu dengan notifikasi atau news feed dari Facebook (kecuali notifikasi untuk game-nya). Menarik bukan?

Dengan menghadirkan sebuah aplikasi client yang terpisah, tentunya Facebook Gameroom bisa menjadi salah satu penantang serius dari Steam. Dengan jumlah user mencapai 125 juta di seluruh dunia, bukan menjadi rahasia bahwa tidak semua gamer Steam merupakan gamer hardcore. Nah, “potongan roti” gamer kasual yang memainkan game di Steam ini dan game mobile inilah yang menjadi target utama dari Facebook Gamesroom. Bisa dibilang, Facebook Gamesroom adalah kombinasi dari game sosial ala Facebook, dengan kemudahan akses dan fitur-fitur dari Steam.

Facebook Gameroom

Bukan hanya untuk gamer, kehadiran Facebook Gameroom ini tentunya menjadi alternatif menarik bagi developer yang selama ini berkutat di game mobile. Bagaimana tidak, dengan menggandeng Unity, Facebook Gameroom akan memberikan kemudahan bagi developer untuk mengembangkan game bagi platform tersebut. Rencananya dalam Unity 5.6 yang rencananya dirilis awal tahun depan, Unity akan menyediakan fitur untuk langsung export game yang dibuat ke Facebook Gameroom. Jadi hanya dengan membuat satu game mobile, developer bisa langsung export game tersebut untuk dipublikasikan di Facebook Gameroom juga.

Tantang Steam, Facebook Gandeng Unity Bikin Platform Game PC Baru!

Sistemnya mirip Steam, namun dengan game-game yang lebih kasual. Apakah rencana Facebook ini akan sukses?
Baca Juga

Kabar baiknya, kamu tidak perlu menunggu lama untuk mencicipi Facebook Gameroom ini. Kamu sudah bisa download aplikasinya (untuk Windows 7 ke atas) melalui tautan ini. Setelah men-download, kamu akan bisa memainkan game-game berbasis web dari Facebook yang saat ini sudah disediakan, atau yang sudah pernah kamu mainkan sebelumnya. Bagi developer (terutama yang menggunakan Unity untuk mengembangkan game), bisa mencoba untuk melakukan porting game yang sudah mereka buat dengan mengikuti langkah-langkah yang ada di dokumentasi resminya.

Facebook Gameroom
Mencicipi Gameroom untuk main Critical Ops

Bagaimana menurutmu? Apakah Facebook Gameroom nantinya bisa mengembalikan “kejayaan” game sosial ala FarmVille, atau justru Facebook Gameroom akan menjadi “Steam”-nya gamer kasual, dengan kata lain menjadi platform utama gamer PC kasual untuk bermain?

Sumber: Techcrunch


SHARE
Previous articleSiap Menjadi Barang Kolektor, Produksi Nintendo Wii U Segera Dihentikan
Next articleManjakan Mata Kalian, Seperti Ini Kualitas Grafis 4K dari Game Unggulan PS4 Pro
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.