Ini Penjelasan Tingkatan Dewa di Dunia Dragon Ball

duniaku

Seperti apa tingkatan Dewa di Dragon Ball?

Di dunia Dragon Ball tidak hanya ada manusia dan alien -seperti Saiyan- saja, tapi juga terdapat Dewa-Dewa. Dewa di Dragon Ball memiliki peran sebagai penguasa, penjaga, hingga penghancur semesta. Dan gak nanggung-nanggung, Son Goku dan kawan-kawan berlatih di bawah bimbingan dewa-dewa ini, bahkan Goku malah berani bertarung dengan mereka!

Dewa di Dragon Ball tentu memiliki tingkatan kekuasaan tersendiri. Seperti apa tingkatan dewa di dunia Dragon Ball? Saya akan mengurutkannya dari level paling bawah hingga teratas!

Kami-Sama

dragon-ball-4

Dewa paling rendah adalah Dewa di Planet. Untuk Dewa Planet Bumi saat ini adalah Dende yang menggantikan Kami-Sama, pisahan tubuh King Piccolo. Tugasnya adalah sebagai penjaga Bumi. Namun karena Dewa Bumi merupakan bangsa Namek, ia juga bisa menciptakan Dragon Ball.

Enma Daiō

dragon-ball-1

Enma Daiō merupakan Dewa di Dragon Ball yang menjaga akhirat. Ia menerima arwah yang datang dan menimbangkan kemana arwah itu pergi: ke Surga atau Neraka. Terkadang bukan amalan atau dosa yang membuat seseorang pergi ke Surga atau Neraka, misalnya Dabura sang Raja Neraka yang dikirim ke Surga justru agar ia tersiksa.

Kaiō

dragon-ball-7

Di atasnya Dende adalah Kaiō, yaitu penguasa wilayah semesta yang dibagi menjadi empat yaitu Utara, Timur, Selatan, dan Barat. Planet Bumi berada di wilayah dunia bagian Utara yang dipimpin oleh Kita no Kaiō.

dragon-ball-4

Kaiō memiliki atasan yang disebut Dai Kaiō. Dai Kaiō ini adalah yang melatih Son Goku hingga menjadi Super Saiyan 3. Dai Kaiō merupakan atasan dari empat Kaiō dan menguasai 1/4 bagian Alam Semesta.

Kaiōshin

dragon-ball-6

Kaiōshin ini adalah penguasa semesta. Seperti Kaiō, tadinya terdapat Kaiōshin penjaga Utara, Selatan, Timur, Barat, dan seorang Dai. Namun empat orang Kaiōshin Semesta ke-7 terbunuh oleh Buu hingga tersisa satu.

Zamasu-Dragon-Ball-Super-3

Gowasu dan Zamasu juga merupakan Kaiōshin di Semesta ke-10, namun tidak dijelaskan keberadaan struktur Kaiōshin seperti pada Semesta-7

Hakaishin

dragon-ball-3

Hakaishin adalah God of Destruction, bertugas menghancurkan Dunia untuk menjaga keseimbangan. Hakaishin adalah satu paket dengan Kaiōshin. Artinya jika salah satu mati, yang lainnya akan ikut mati. Itulah kenapa Zamasu dan Black Goku mengincar Kaiōshin agar Hakaishin ikut mati.

Zen-Oh

dragon-ball-1

Zen-Oh adalah Raja bagi seluruh semesta sehingga dia adalah struktur teratas dalam kekuasaan Semesta di Dragon Ball. Konon tadinya terdapat 18 semesta, namun enam semesta dihancurkan Zen-Oh sehingga tersisa 12 semesta.

Tori-Bot

dragon-ball

Tori-Bot adalah Dewa di Dragon Ball yang merupakan entitas tertinggi, karena ialah pencipta dunia Dragon Ball.

Dalam arti lain, Tori-Bot adalah representasi dari Akira Toriyama, sang mangaka Dragon Ball. 😜

Tori-Bot terkadang tampil bersama istri dan anaknya, yang merupakan representasi keluarga Akira Toriyama.

Entitas Dewa lainnya:

Shenlong

25b4d65e031473741a84248cf4cc23f7

Shenlong adalah Dewa Naga, Dewa yang muncul saat Dragon Ball terkumpul dan dipanggil untuk mewujudkan permintaan. Konon kekuatannya tidak bisa melebihi penciptanya.

Angel

dragon-ball-2

Angel adalah Malaikat yang mendampingi Dewa dengan tugas tertentu, misalnya Whis yang menjadi Malaikat pendamping Beerus.


SHARE
Previous articleDance Up, Game Mobile Terbaru yang Bisa Bikin Kamu Punya Pacar Baru!
Next articleBaru Tayang Seminggu, Film Live Action Death Note Langsung Puncaki Box Office Jepang!
Toto yang merupakan pemerhati dunia komik dan game ini pernah menjalani karier sebagai editor buku anak selama 3 tahun. Bekerja dalam dunia anak membuat jiwa mudanya selalu ada dalam kehidupan sehari-hari. Saat ini, orang yang melanjutkan karier nya sebagai perancang pameran ini suka bereksplorasi seni melalui tulisan dan gambar (desain), yang kebanyakan terinspirasi dari berbagai komik dan game kesukaannya.