Inilah 7 Anime Olahraga Terbaik Pilihan Fans Jepang

anime-olahragaMeskipun di era modern ini anime begitu didominasi oleh genre action ataupun petualangan, tapi hal tersebut tak menyurutkan deretan anime genre olahraga untuk unjuk gigi dan mencuri perhatian para fans.

Nah dari sekian banyak anime olahraga yang telah ada, mana kira-kira yang terbaik? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, bulan lalu Akiba Souken telah melakukan polling di Jepang yang berhasil mengumpulkan 2.384 suara. Hasilnya, terpilihlah tujuh anime olahraga yang paling banyak dipilih oleh fans.


7

Yowamushi Pedal


yowamushi-pedalYowamushi Pedal merupan anime yang tayang perdana tahun 2013 lalu dan memiliki 38 episode. Meskipun olahraga sepeda tidak begitu populer, tapi lewat alur cerita yang menarik membuat anime olahraga ini menjadi salah satu favorit fans Jepang.

Menceritakan kisah Sakamichi Onoda, seorang otaku sejati yang rela pergi ke Akiba menggunakan sepeda sejauh 90 km. Di sekolah barunya, Onoda memutuskan untuk membentuk sebuah klub anime. Sayang karena sifatnya yang aneh, Onoda malah  dijauhi teman-temannya.

Cerita pun semakin menarik ketika Shunsuke Imaizumi, seorang atlet sepeda yang bertekad menggunakan bukit curam sekolah untuk latihan bertemu dengan Onoda. Imaizumi terkejut melihat kemampuan Onoda mendaki bukit curam menggunakan sepeda tua. Sebagai pembalap, Imaizumi akhirnya menantang Onoda menaklukan bukit curam tersebut. Jika ia kalah, ia akan bergabung dengan klub anime yang dibentuk Onoda.

Anime olahraga ini mendapatkan 144 suara dari para fans di Jepang.


6

Over Drive


over driveYowamushi Pedal bukan satu-satunya anime olahraga yang mengusung balap sepeda sebagai jalan cerita utama. Pasalnya, Over Drive pun masuk sebagai anime olahraga terbaik pilihan fans.

Shinozaki Mikoto adalah murid kelas 1 SMA yang sering di-bully oleh kakak kelasnya. Kegiatan yang serba biasa membuat Mikoto merasa bosan dengan hidupnya. Sampai suatu hari ia bertemu seorang gadis cantik bernama Fukazawa Yuki. Yuki mengundang Shinozaki untuk bergabung ke klub sepeda yang dipimpin oleh kakak laki-lakinya.

Alur cerita yang menarik membuat anime olahraga Over Drive mendapat 164 suara dan menduduki peringkat ke enam.


5

Free!


freeDisutradarai oleh Hiroko Utsumi, Free! merupakan anime yang diangkat dari novel karya Koji Oji berjudul High Speed!.

Dirilis tahun 2013 lalu, Free! menceritakan kisah empat orang sahabat bernama Haruka, Makoto, Nagisa dan Rin di arena olahraga renang. Namun setelah lulus dari sekolah dasar, mereka berpisah. Bertahun-tahun kemudian, Haruka dan Makoto bergabung kembali dengan Nagisa saat Nagisa mendaftar ke SMA setahun setelah Haruka dan Makoto.

Bersama-sama, mereka membangkitkan kembali klub olahraga renang SMA Iwatobi dan menjadikan salah satu klub renang SMA terbaik. Selain itu, mereka juga bertekad untuk mengalahkan Rin di sebuah kompetisi renang.

Anime Free! meraih 179 suara dari fans.


4

Prince of Stride: Alternative


prince-of-stridePrince of Stride: Alternative merupakan anime yang mengusung tema olahraga unik bernama Stride. Stride sendiri adalah olahraga ekstrim di mana setiap tim terdiri dari enam orang yang berlari melewati sebuah kota secara bergantian atau estafet.

Cerita berfokus kepada Sakura Nana yang memiliki ketertarikan kepada olahraga Stride setelah menonton video pertandingan Stride SMA Hounan Academy. Pada akhirnya Nana pun bergabung dengan sebuah klub Stride dan mengikuti berbagai macam perlombaan.

Prince of Stride: Alternative dipilih oleh 193 fans sebagai anime olahraga terbaik.

LANJUT KE HALAMAN DUA