Kabar Duka, Pak Hasmi Sang Kreator Gundala Telah Meninggal Dunia

Pak Hasmi sang kreator Gundala Putera Petir telah meninggal dunia. Duniaku menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya legenda komik Indonesia ini.

Kabar Duka, Pak Hasmi Sang Kreator Gundala Telah Meninggal Dunia

Kabar Duka, Pak Hasmi Sang Kreator Gundala Telah Meninggal Dunia Image credit: Video"> Live Sketch Hasmi[/caption]

Pak Hasmi sang kreator Gundala Putera Petir telah meninggal dunia. Duniaku menyampaikan turut berduka cita atas berpulangnya legenda komik Indonesia ini.

Dari semua tokoh komik di Indonesia, Gundala mungkin termasuk yang paling populer. Dari yang kelahiran tahun 60an hingga tahun 2000 pasti minimal pernah mendengar nama dari pahlawan super lokal tersebut. Pak Harya Suraminata alias Hasmi adalah kreator yang bertanggung jawab atas tokoh tersebut.

Dikabarkan kalau Pak Hasmi telah berpulang di hari Minggu, 6 November 2016 sekitar pukul 12:30. Beliau tutup usia di umur 70 tahun. Sebelumnya, beliau dikabarkan dirawat di Rumah Sakit Bethesda karena operasi usus.

Sebagai seorang komikus veteran, karya beliau sudah menghibur dan bahkan menginspirasi sejumlah komikus dari generasi yang lebih muda. Tak heran kalau kabar duka ini mengguncang Indonesia, terutama pelaku industri kreatif lokal dan penikmat komik. Saat artikel ini ditulis, Gundala Putera Petir dan nama Hasmi masih menjadi Trending Topic di Twitter.

https://twitter.com/masbutet/status/795139850961719298

Ucapan belasungkawa datang dari berbagai pihak atas berpulangnya komikus veteran ini. Salah satunya datang dari seniman Butet Kartaredjasa melalui akun Twitter-nya. Ungkapan belasungkawa juga disuarakan oleh Faza Meonk sang kreator dari tokoh komik Juki, sutradara Hanung Bramantyo, dan aktor Marcelino Lefrandt melalui pos di akun Facebook resmi Hasmi.

https://twitter.com/FazaMeonk/status/795145999706562560

https://twitter.com/Hanungbramantyo/status/795157012958953472

Dalam wawancara dengan Suara Merdeka di tahun 2005, Hasmi mengakui kalau karakter Gundala desain fisiknya ia dasarkan dari Flash, sang superhero tercepat DC Comics. Tapi lewat tangannya, beliau dapat memberi muatan lokal kepada karakter ciptaannya hingga yang tercipta adalah seorang pahlawan super yang unik, bukan sekedar tiruan mentah.

Selain Gundala, Hasmi juga menciptakan pahlawan super lain. Di antaranya adalah Pangeran Mlaar, Maza dan Jin Kartubi, Kalong dan Sembrani.

Saat ini, walau mungkin ada pembaca muda yang belum tahu, status legenda sudah disandang karakter Gundala di sejarah komik Indonesia. Diharapkan kalau setelah ini pun karya-karya beliau tak terlupakan, dan justru semakin terkenal hingga mendunia.

Selamat jalan, Pak Hasmi.

 

 

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU