8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

ArnoldTerminator

Tidak hanya bagus, 8 film action terbaik di daftar ini sampai bisa mempengaruhi film-film lain lho! Judul-judul apa saja yang termasuk?
8

The Raid

film indonesia terbaik

Iko Uwais akan Beraksi Bareng Tony Jaa dan Tiger Chen di Triple Threat!

Untuk yang menantikan Iko Uwais beraksi dengan Tony Jaa atau Tiger Chen, harapanmu terkabul. Iko akan tampil bersama kedua aktor itu di film Triple Threat!
Baca Juga

Pengaruh: Menyebarkan kehebatan pencak silat ke luar negeri, meroketkan nama sejumlah aktor Indonesia, koreografinya menginspirasi film Marvel.

Pengaruh The Raid mungkin lebih ke dunia film lokal, tapi tetap saja film ini patut diperhitungkan. Kisahnya memang sederhana: sepasukan polisi mencoba menangkap gembong kriminal, terjadi masalah, lalu polisi yang tersisa terpaksa bertarung habis-habisan demi bertahan hidup. Tapi penyajian sederhana itu dikemas dengan aksi bela diri brutal dan memukau.

The Raid yang disukai penonton Amerika ini membuat banyak orang memperhatikan seni bela diri pencak silat. Koreografi pertarungannya pun sampai mempengaruhi film Marvel seperti Captain America: The Winter Soldier (pertarungan di dalam elevator) sampai seluruh serial Marvel Netflix.

The Raid juga menjadi film yang membuat nama-nama seperti Yayan Ruhian, Joe Taslim, dan Iko Uwais dilirik para sineas Hollywood.

7

Bullit

film-action-terbaik-bullit

Pengaruh: Inovator model aksi kejar-kejaran di film action modern.

Sebelum Bullit, aksi kejar-kejaran biasanya mengandalkan seorang aktor duduk di dalam mobil, lalu ada proyeksi layar di belakang yang digunakan untuk membangkitkan ilusi kendaraannya sedang bergerak.

Bullit lalu menampilkan aksi kejar-kejaran berkecepatan tinggi antara mobil di lokasi nyata. Sejak film ini, model aksi kejar-kejaran seperti itu lebih sering digunakan. Mungkin ongkosnya jauh lebih mahal ketimbang mengandalkan studio saja, berhubung aksi seperti ini juga pasti akan melibatkan pemeran pengganti yang ahli. Tapi ketegangan yang disajikan benar-benar memikat penonton.

6

The Avengers

film-action-terbaik-the-avengers

Pengaruh: Meroketkan konsep shared universe.

Film superhero adalah genre aksi utama di dekade ini. Di antara semua judul, Avengers pertama bukan hanya salah satu film superhero terbaik, tapi juga layak masuk daftar film action terbaik. Meski dari segi cerita filmnya mungkin tidak istimewa, kerja sama dari pahlawan seperti Iron Man, Captain America, Hulk, Hawkeye, Black Widow, dan Thor adalah momen bersejarah.

Avengers juga merupakan titik meroketnya film-film Marvel Cinematic Universe. Kalau kamu buka Box Office Mojo, kamu akan melihat pendapatan film Marvel sebelum Avengers tak terlalu istimewa. Semuanya sukses, namun hanya Iron Man yang pendapatannya paling besar. Film pertama Captain America, Thor, dan, Incredible Hulk tidak semengagumkan sekarang.

Setelah Avengers? Apapun judul yang Marvel rilis, mau sekuel Iron Man atau karakter baru seperti Doctor Strange dan Ant-Man, filmnya pasti sukses besar. Tak heran kalau konsep shared universe di mana para pahlawan bisa saling bertemu dan bergabung jadi sangat menggiurkan.

Warner Bros sudah siap mengikuti, memanfaatkan properti DC Comics yang sudah mereka miliki. Bahkan Universal Studio pun berencana ikut, menggabungkan tokoh-tokoh monster mereka di film.

5

The Dark Knight

Film action terbaik

Pengaruh: Memulai tren film superhero yang kelam, serius, dan dewasa.

The Dark Knight adalah film yang fenomenal. Menampilkan perseteruan antara Batman dan Joker, yang diperankan sangat luar biasa oleh Heath Ledger, penonton akan dibuat terpukau dari awal hingga akhir film. Bahkan saat ini The Dark Knight menempati posisi nomor dua dalam daftar film action terbaik di IMDB.

Sebelum Batman Begins, franchise Batman masih dihantui respons buruk terhadap Batman and Robin. Karenanya sejak Batman Begins Christopher Nolan mengambil pendekatan yang lebih dewasa, kelam, dan realistis untuk sang manusia berkostum kelelawar.

The Dark Knight yang sempat menjadi film superhero terlaris inilah yang meyakinkan banyak studio kalau pendekatan kelam dan serius bisa digunakan untuk menyajikan kisah pahlawan. Bahkan nuansa itulah yang sempat digunakan oleh Warner Bros untuk menyajikan para pahlawan super mereka di DC Extended Universe.


Film apa lagi yang sukses masuk ke daftar film action terbaik dan berpengaruh ini? Cek daftar lanjutannya di halaman kedua! 

1
2

SHARE
Previous articleMungkinkah Street Fighter V Perlu “Iblis” yang Satu Ini Biar Laku Dijual?
Next articleKeren! Karakter Final Fantasy 15 Tampil Casual Pakai Jaket Bomber Lawan Monster
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.