8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Tidak hanya bagus, 8 film action terbaik di daftar ini sampai bisa mempengaruhi film-film lain lho! Judul-judul apa saja yang termasuk?

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Tidak hanya bagus, 8 film action terbaik di daftar ini sampai bisa mempengaruhi film-film lain lho! Judul-judul apa saja yang termasuk?

[page_break no="8" title="The Raid"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

[read_more id="277390"]

Pengaruh: Menyebarkan kehebatan pencak silat ke luar negeri, meroketkan nama sejumlah aktor Indonesia, koreografinya menginspirasi film Marvel.

Pengaruh The Raid mungkin lebih ke dunia film lokal, tapi tetap saja film ini patut diperhitungkan. Kisahnya memang sederhana: sepasukan polisi mencoba menangkap gembong kriminal, terjadi masalah, lalu polisi yang tersisa terpaksa bertarung habis-habisan demi bertahan hidup. Tapi penyajian sederhana itu dikemas dengan aksi bela diri brutal dan memukau.

The Raid yang disukai penonton Amerika ini membuat banyak orang memperhatikan seni bela diri pencak silat. Koreografi pertarungannya pun sampai mempengaruhi film Marvel seperti Captain America: The Winter Soldier (pertarungan di dalam elevator) sampai seluruh serial Marvel Netflix.

The Raid juga menjadi film yang membuat nama-nama seperti Yayan Ruhian, Joe Taslim, dan Iko Uwais dilirik para sineas Hollywood.

[page_break no="7" title="Bullit"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Pengaruh: Inovator model aksi kejar-kejaran di film action modern.

Sebelum Bullit, aksi kejar-kejaran biasanya mengandalkan seorang aktor duduk di dalam mobil, lalu ada proyeksi layar di belakang yang digunakan untuk membangkitkan ilusi kendaraannya sedang bergerak.

Bullit lalu menampilkan aksi kejar-kejaran berkecepatan tinggi antara mobil di lokasi nyata. Sejak film ini, model aksi kejar-kejaran seperti itu lebih sering digunakan. Mungkin ongkosnya jauh lebih mahal ketimbang mengandalkan studio saja, berhubung aksi seperti ini juga pasti akan melibatkan pemeran pengganti yang ahli. Tapi ketegangan yang disajikan benar-benar memikat penonton.

[page_break no="6" title="The Avengers"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Pengaruh: Meroketkan konsep shared universe.

Film superhero adalah genre aksi utama di dekade ini. Di antara semua judul, Avengers pertama bukan hanya salah satu film superhero terbaik, tapi juga layak masuk daftar film action terbaik. Meski dari segi cerita filmnya mungkin tidak istimewa, kerja sama dari pahlawan seperti Iron Man, Captain America, Hulk, Hawkeye, Black Widow, dan Thor adalah momen bersejarah.

Avengers juga merupakan titik meroketnya film-film Marvel Cinematic Universe. Kalau kamu buka Box Office Mojo, kamu akan melihat pendapatan film Marvel sebelum Avengers tak terlalu istimewa. Semuanya sukses, namun hanya Iron Man yang pendapatannya paling besar. Film pertama Captain America, Thor, dan, Incredible Hulk tidak semengagumkan sekarang.

Setelah Avengers? Apapun judul yang Marvel rilis, mau sekuel Iron Man atau karakter baru seperti Doctor Strange dan Ant-Man, filmnya pasti sukses besar. Tak heran kalau konsep shared universe di mana para pahlawan bisa saling bertemu dan bergabung jadi sangat menggiurkan.

Warner Bros sudah siap mengikuti, memanfaatkan properti DC Comics yang sudah mereka miliki. Bahkan Universal Studio pun berencana ikut, menggabungkan tokoh-tokoh monster mereka di film.

[page_break no="5" title="The Dark Knight"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Pengaruh: Memulai tren film superhero yang kelam, serius, dan dewasa.

The Dark Knight adalah film yang fenomenal. Menampilkan perseteruan antara Batman dan Joker, yang diperankan sangat luar biasa oleh Heath Ledger, penonton akan dibuat terpukau dari awal hingga akhir film. Bahkan saat ini The Dark Knight menempati posisi nomor dua dalam daftar film action terbaik di IMDB.

Sebelum Batman Begins, franchise Batman masih dihantui respons buruk terhadap Batman and Robin. Karenanya sejak Batman Begins Christopher Nolan mengambil pendekatan yang lebih dewasa, kelam, dan realistis untuk sang manusia berkostum kelelawar.

The Dark Knight yang sempat menjadi film superhero terlaris inilah yang meyakinkan banyak studio kalau pendekatan kelam dan serius bisa digunakan untuk menyajikan kisah pahlawan. Bahkan nuansa itulah yang sempat digunakan oleh Warner Bros untuk menyajikan para pahlawan super mereka di DC Extended Universe.


Film apa lagi yang sukses masuk ke daftar film action terbaik dan berpengaruh ini? Cek daftar lanjutannya di halaman kedua! 

[page_break no="4" title="Star Wars"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Pengaruh: Membuat film sci-fi/fantasi diperhitungkan oleh Hollywood.

[read_more id="277224"]

Star Wars bukan genre sci-fi murni. Lebih tepat rasanya menyebut kisah petualangan antariksa ini sebagai fantasi yang latarnya mengambil luar angkasa.

Karena sifatnya inilah, saat trilogi perdana Star Wars sukses besar Hollywood pun melihat kesempatan mendulang uang lewat genre sci-fi dan fantasi. Tak hanya petualangan canggih di luar angkasa, Star Wars membuka jalan juga untuk film fantasi abad pertengahan seperti Legend atau Willow.

[page_break no="3" title="Enter the Dragon"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Pengaruh: Mengukuhkan status Bruce Lee sebagai ikonnya film kung-fu, membuat gaya bertarung Asia jadi sangat populer di Hollywood.

Sebelum film yang ini, Bruce Lee memang sudah diperhitungkan sebagai aktor berkualitas baik di Amerika maupun Asia. Tapi Enter the Dragon pada akhirnya yang membuat ia benar-benar dinilai sebagai ikon. Tak tanggung-tanggung, film ini membuat Hollywood dan seluruh masyarakat Amerika langsung tergila-gila kung-fu di tahun 70an.

Premis turnamen yang mendasari plot Enter the Dragon pun sepertinya ikut mempengaruhi para pengembang game bertarung seperti Street Fighter.

[page_break no="2" title="The Matrix"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Pengaruh: Bullet time, gaya bela diri spektakuler, tema digital, integrasi simbolisme berat dan plot rumit sukses mempengaruhi banyak film aksi tahun 2000an.

The Matrix menceritakan perjuangan Neo, yang menyadari kalau selama ini ia hidup di dalam penjara virtual. Umat manusia telah diperbudak mesin, dan ia dibantu Trinity dan Morpheus harus memenuhi takdirnya sebagai sang terpilih yang akan menjadi juru selamat. Awalnya begitu, tapi di sekuelnya terkuak kalau urusan Neo tidak begitu sederhana.

Plot The Matrix terkadang sangat membingungkan. Namun walaupun penonton tidak mengerti ceritanya pun mereka tetap bisa terpukau dengan aksi-aksi bela diri yang terkadang mengabaikan hukum fisika, bullet time, integrasi pertarungan jarak dekat dengan senjata api, bahkan pertempuran manusia melawan mesin.

Pengaruh dari Matrix terasa di film seperti Wanted, X-Men, bahkan Inception. Karenanya, tak hanya salah satu film action terbaik (yang pertama terutama), The Matrix juga adalah salah satu film paling berpengaruh dalam sejarah.

[page_break no="1" title="Seven Samurai"]

8 Film Action Terbaik yang Sampai Mempengaruhi Film Lain

Pengaruh: Inovator teknik perfilman seperti slow motion, plotnya sudah menginspirasi banyak sekali judul.

Tujuh orang dari berbagai latar belakang bersatu demi tujuan mulia. Sebagian besar dari mereka tidak akan selamat, namun mereka berkorban hingga titik darah penghabisan. Premis ini pretama digunakan oleh Seven Samurai, lalu diadaptasi Magnificent Seven. Kemudian sineas-sineas lain, dari seluruh dunia, antara terinspirasi Magnificent Seven atau Seven Samurai dan membuat versi lokalnya juga.

Tak hanya terasa di film, kisah Seven Samurai juga diadaptasi hingga ke game dan anime juga. Itu menunjukkan betapa kekalnya konsep seperti ini.

Film ini sendiri menggabungkan subplot ke dalam film, seperti percintaan antara samurai muda dengan gadis desa. Subplot seperti itu mungkin wajar ditemui di film sekarang, tapi Seven Samurai adalah film pertama yang menggabungkannya.


 

Itulah daftar film action terbaik dan berpengaruh. Ada judul lain yang kamu rasa pantas masuk di daftar ini? Silakan sampaikan di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU