7 Band Jepang Terbaik yang Wajib Ada di Playlist Lagumu!

Bukan cuma terkenal dengan anime dan manganya aja, Jepang pun dikenal sebagai negara yang melahirkan band-band top seperti berikut ini

7 Band Jepang Terbaik yang Wajib Ada di Playlist Lagumu!

7 Band Jepang Terbaik yang Wajib Ada di Playlist Lagumu!Jepang tidak hanya dikenal sebagai negara penghasil manga atau anime yang sangat digemari di seluruh dunia aja. Dari ranah industri musik pun, jangan pernah remehkan para musisi Jepang. Lewat lagu-lagu yang kental dengan nuansa J-POP atau J-Rock, band-band Jepang ini akhirnya bisa dikenal luas di seluruh dunia.

Contohnya seperti deretan band Jepang terbaik yang harus ada di playlist lagu kamu berikut ini.


[page_break no="1" title="L'arc en Ciel"]


Kebangetan sih kalau kamu enggak tau band maha keren yang satu ini. Dibentuk tahun 1991, L’arc en Ciel adalah band Jepang terbaik yang beranggotakan, Hyde (vokal), Ken (gitar), Tetsuya (bass), dan Yukihiro (drum). Nama L’arc en Ciel sendiri diambail dari bahasa Prancis yang berarti lengkungan di langit atau pelangi.

Mengusung aliran J-Rock, nama L’arc en Ciel mulai diperhitungkan di jagat musik Jepang ketika mereka memulai album perdana bertajuk DUNE pada tahun 1993. Album tersebut berhasil meraih posisi puncak di Oricon Indies Chart (Tangga Lagu Terpopuler di Jepang) pada bulan Mei, dan hanya dalam tempo 3 bulan berhasil terjual sebanyak 20.000 keping CD.

Popularitas band yang dibentuk di Osaka ini terus berlajut dengan dirilis album-album selanjutnya seperti Tierra, Heavenly, True, dan yang terakhir Butterfly. Total sudah 12 album yang telah dirilis L’arc en Ciel dengan penjualan di Jepang lebih dari 28 juta kopi. Jadi tak mengherankan jika lagu band Jepang terbaik ini harus ada di playlits kamu.


[page_break no="2" title="Coldrain"]


Coldrain merupakan band Jepang terbaik yang beraliran alternative metal. Band yang dibentuk tahun 2007 ini tak hanya menciptakan lagu berbahasa Jepang saja, tapi mereka juga tak jarang membuat lagu berbahasa Inggris, salah satu lagu tersebut adalah Die Tomorrow yang menjadi salah satu soundtrack dari PES 2011.

Dibentuk di Nagoya, Coldrain beranggotakan Masato David Hayakawa (vokal), Ryo “RKC” Yokochi (gitar), Kazuya “Sugi” Sugiyama (gitar), Ryo Shimizu (bass), dan Katsuma Minatani (drum). Sejauh ini, Coldrain telah melahirkan empat album yang terakhir dirilis tahun 2015 lalu.


[page_break no="3" title="One OK Rock"]


Bukan cuma populer di negeri asalnya saja, namun One OK Rock adalah salah satu band Jepang terbaik yang berhasil menancapkan kukunya dipanggung internasional berbagai benua seperti Amerika Serikat, Eropa, sampai Amerika Selatan. Beranggotakan Morita Takahiro, Yamashita Toru, Kohoma Ryota, dan Kanki Tomoyoa, One OK Rock sudah berhasil merilis empat album dengan kesuksesan luar biasa.

Nama One OK Rock sendiri diambil dari frasa bahasa Inggris yang berarti  one o’clock, yang berarti pukul 1.00. Pasalnya, dulu mereka selalu berlatih tepat jam 1 dini hari, sehingga 1 O’clock dijadikan inspirasi dalam menamakan bandnya.


[page_break no="4" title="X Japan"]


X Japan merupakan band beraliran progressive rock yang dibentuk oleh Yoshiki "YOSHIKI" Hayashi dan Toshimitsu "Toshi" Deyama pada tahun 1982. Setelah mengalami perpecahan antara personel di akhir tahun 90an dan dinyatakan bubar, pada tahun 2007 X Japan kembali lagi dan langsung menyapa fansnya di seluruh dunia lewat rangkaian world tour di Eropa, Amerika dan tentu saja Asia.

Saking kerennya lagu-lagu dari X Japan, Mantan Perdana Menteri Jepang, Junichiro Koizumi menyatakan bahwa ia adalah penggemar berat X Japan. Ia menuturkan bahwa lagu-lagu X Jepang telah mengubah cara berpikir sebagai politisi. Lagu favorit Junichiro Koizumi berjudul Forever Love.

LANJUT KE HALAMAN DUA


[page_break no="5" title="SCANDAL"]


Bukan cuma didominasi oleh kaum adam, band Jepang terbaik juga diisi oleh band yang beranggotakan gadis-gadis kawaii namun memiliki suara menggelegar. Beranggotakan Haruna Ono, Tomomi Ogawa, Mami Sasazaki, dan Rina Suzuki, SCANDAL mulai mencuri perhatian pecinta musik dengan mengusung aliran campuran J-POP dan J-ROCK.

Sejauh ini mereka telah mirilis  5 album dengan penjualan yang cukup memuaskan. Cara mempromosikan album mereka pun cukup unik, pasalnya mereka mengubah setiap anggota menjadi karakter anime yang imut.


[page_break no="6" title="Dir en Grey"]


Mengusung genre alternatif metal, Dir en Grey mulai mencuri perhatian pada tahun 1998, band ini menjadi banyak pusat perhatian setelah menjadi band indie pertama yang mendapat peringkat pertama pada sepuluh besar chart musik oricon jepang.

Puncak kesuksekan Dir en Grey terjadi pada tahun 2005 ketika mereka tampil pertama kalinya di luar Asia. Lewat tour mereka yang diberi tajuk It Whithers and Whiters, mereka berhasil menghipnotis para fans di negara Eropa seperti Belgia, Prancis, dan Jerman. Bukan hal aneh jika mereka layak disebut band Jepang terbaik.


[page_break no="7" title="uverWORLD"]


UverWORLD adalah band yang dibentuk tahun 2003 yang saat ini beranggotakan 6 personel yaitu Takuya, Katsuya, Akira, Nobuto, Shintaro, dan Seika. Dengan lebih dari 20 single sampai saat ini, unverWORLD pun dikukuhkan sebagai band rock Jepang terbaik saat ini. Meskipun uverWOLRD menyajikan lagu-lagu rock yang keras, namun lagu mereka tetep easy listening untuk masuk dalam playlist-mu.

[read_more id="268821"]

Nah sekarang kamu engga perlu kebingungan lagi kan kalau mau ngedengerin lagu-lagu yang enak asal negeri Sakura.

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU