Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Baru main Clash of Clans dari nol? Pingin cepetan naik Town Hall? Simak Guide CoC untuk para pemula dari saya ini. Dijamin sangat cepat naik TH!

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Baru main Clash of Clans dari nol? Pingin cepetan naik Town Hall? Simak Guide CoC untuk para pemula dari saya ini. Dijamin sangat cepat naik Town Hall!

[read_more id="276007"]

Clash of Clans merupakan salah satu game mobile terbaik sepanjang masa. Game ini sendiri telah dirilis pada bulan Agustus 2012 silam. Sudah 4 tahun berjalan, game yang dikembangkan Supercell ini masih mampu menjadi game strategi terbaik, meskipun banyak sekali game-game mobile lain yang bergrafis mewah bermunculan.

Tentu hal tersebut membuat banyak gamer baru malas untuk memainkan game menahun yang satu ini. Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang sudah ketinggalan level Town Hall mereka. Namun ada juga yang ternyata masih mau menimati Clash of Clans dari awal, meskipun sudah tertinggal dengan pemain lainnya. Nah kali ini saya akan memberikan guide CoC, untuk kamu yang masih di Town Hall bawah, memulai lagi dari level 1.

[page_break no="1" title="Pelajari satu persatu bangunan dan upgrade merata"]

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Guide CoC yang paling awal adalah mempelajari bangunan satu per satu. Misalnya Barrack dan Army Camp untuk perang, Collector dan Storage untuk mengolah dan mengatur sumber daya, dan sebagainya. pastikan juga semua bangunan yang kamu miliki kamu upgrade secara merata. Banyak pemain yang akhirnya bosan, karena mereka terlalu agresif meng-upgrade Town Hall mereka.

Padahal dengan naiknya TH, maka musuh-musuh yang akan kamu hadapi akan semakin sulit dan kamu akan sangat kesulitan untuk meng-upgrade bangunan lainnya. Terlebih karena pekerja yang kamu miliki terbatas, kamu akan sulit untuk berkembang dan sering dijarah pemain lain. Kondisi ini disebut TH prematur, yang justru akan merugikanmu sendiri. Saran saya adalah upgrade seluruh bangunan termasuk Wall hingga maksimal level di TH yang kamu miliki, baru kamu tingkatkan level TH.

[page_break no="2" title="Gunakan Shield awal dengan bijak"]

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Guide CoC nomor 2 ini sangat amat krusial bagi pemulaanmu bermain. Kamu akan diberi 3 hari Shield, pelindung agar kamu tidak bisa dijarah (Raid) oleh pemain musuh. Jadi kamu benar-benar aman menjaga sumber daya baik Gold maupun Elixir yang kamu miliki.

Dalam tiga hari pertama ini, tujuanmu adalah membangun sebuah desa awal yang kuat, mempersiapkan pertahanan sebelum pemain lain bisa menyerang desamu. Gunakan waktu ini dengan baik, jika butuh sumber daya kamu bisa menyerang desa Goblin dengan menyelesaikan beberapa Campaign awal. Atau kamu bisa menunggu Gold dan Elixir Collector dengan sabar.

[page_break no="3" title="Bangun segera Clan Castle"]

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Karena sudah banyak TH tinggi yang bermunculan di Clash of Clans, maka guide dari saya adalah segeralah mungkin untuk membuat Clan Castle untuk menikmati fitur menariknya. Kamu bisa membuatnya setelah mencapai TH level 3 dengan biaya 10 ribu Gold. Pada level awal, kamu bisa meminta prajurit dengan total 10 housing space.

Jika kamu memiliki teman di Clan level tinggi, ini merupakan suatu keberuntungan juga. Karena kamu bisa meminta prajurit level tinggi seperti Balloon atau Hog Rider level tinggi. Gunakan unit pasukan Clan Castle tersebut untuk melakukan raid kepada pemain yang memiliki sumber daya melimpah. Saya yakin, kebutuhan sumber daya kamu akan terpenuhi dengan cepat, sehingga kamu bisa meningkatkan TH lebih cepat.

[page_break no="4" title="Bijak dalam mengatur pekerja"]

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Nah guide CoC kali ini akan sedikit memperhitungkan waktu karena semua proses bangun membangun di CoC ini menggunakan perhitungan waktu. Diawal permainan kamu akan diberi 2 pekerja. Saran saya, kamu harus mengatur proses pembangunan sesuai dengan jadwal harian yang kamu miliki. Misalnya saja, pagi hari kamu kuliah atau kerja mulai dari jam 7. Istirahat pertama jam 12 siang, jadi selama 5 jam tersebut kamu bisa gunakan untuk membangun bangunan.

Misalnya saja untuk membangun Collector diperlukan waktu 6 jam, berarti kamu bisa membangunnya mulai dari jam 6 pagi, sehingga jam 12 siang kamu bisa mengatur di jam istirahat kamu. Antara kedua pekerja juga harus seimbang, jadi saat kamu mau membuka game untuk mengatur, semua pekerja yang kamu miliki bisa dengan bersamaan dalam keadaan "menganggur."

Masih ada tips lagi di halaman selanjutnya!

[page_break no="5" title="Ikut Clan War"]

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Proses perang CoC melalui fitur Clan War ini sangat unik. Meskipun kamu memiliki TH kecil, nantinya Clan kamu akan mendapatkan lawan seimbang yang memiliki anggota dengan TH yang setara dengan TH milikmu. Meskipun kamu tidak mampu mendapatkan 3 bintang, anggota Clan lain akan mendapatkan kesempatan untuk mencoba mengalahkannya.

Menariknya, jika kamu berhasil mendapatkan kemenangan 1 bintang saja, kamu sudah berhasil mendapatkan "bonus looting" berupa Elixir dan Gold yang nilainya sangat tinggi! Bonus tersebut bisa kamu dapatkan secara penuh jika Clan kamu memenangkan Clan War. Sumber daya tersebut juga akan tersimpan di kotak peti di Clan Castle yang mana tidak ada pemain lain yang bisa mencurinya.

[page_break no="6" title="Selesaikan misi harian"]

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Saran saya yang paling akhir adalah meneyelesaikan misi harian. Setiap harinya kamu akan mendapatkan misi bernama "Star Bonus." Misi ini diberikan pertama kali pada awal tahun 2016. Tugasnya sangat simpel yaitu melakukan raid hingga mendapatkan total 5 bintang kemenangan dalam satu hari. Nantinya kamu akan mendapatkan bonus Elixir dan Gold seseuai dengan tingkatan League yang kamu miliki.

[page_break no="7" title="OPTIONAL - Beli paketan Builder's Hut"]

Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Ini adalah guide CoC tambahan, untuk kamu yang ingin cepat berkembang di Clash of Clans! Caranya adalah membeli bundel paket Builder's Hut + 500 gems seharga 75 ribu rupiah. Dengan membeli bundel ini, kamu akan mendapatkan total 4 Builder's Hut jika ditambah dengan hasil achievement awal yang kamu capai di Th 3 atau 4. Bayangkan saja, jika pekerjaan 2 Builder dikerjakan 4 Builder, bukan kah 2 kali lebih cepat? Hehe..

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU