Guide CoC untuk Para Pemula yang Baru Main dari Nol

Guide CoC

Baru main Clash of Clans dari nol? Pingin cepetan naik Town Hall? Simak Guide CoC untuk para pemula dari saya ini. Dijamin sangat cepat naik Town Hall!

Tips Clash of Clans tentang Pelatihan Prajuritmu Setelah Update Terakhir

Supercell baru saja memberikan fitur yang memudahkan pengaturan prajurit. Kali ini saya akan berikan tips Clash of Clans yang memanfaatkan fitur tersebut.
Baca Juga

Clash of Clans merupakan salah satu game mobile terbaik sepanjang masa. Game ini sendiri telah dirilis pada bulan Agustus 2012 silam. Sudah 4 tahun berjalan, game yang dikembangkan Supercell ini masih mampu menjadi game strategi terbaik, meskipun banyak sekali game-game mobile lain yang bergrafis mewah bermunculan.

Tentu hal tersebut membuat banyak gamer baru malas untuk memainkan game menahun yang satu ini. Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang sudah ketinggalan level Town Hall mereka. Namun ada juga yang ternyata masih mau menimati Clash of Clans dari awal, meskipun sudah tertinggal dengan pemain lainnya. Nah kali ini saya akan memberikan guide CoC, untuk kamu yang masih di Town Hall bawah, memulai lagi dari level 1.

1

Pelajari satu persatu bangunan dan upgrade merata

Guide CoC

Guide CoC yang paling awal adalah mempelajari bangunan satu per satu. Misalnya Barrack dan Army Camp untuk perang, Collector dan Storage untuk mengolah dan mengatur sumber daya, dan sebagainya. pastikan juga semua bangunan yang kamu miliki kamu upgrade secara merata. Banyak pemain yang akhirnya bosan, karena mereka terlalu agresif meng-upgrade Town Hall mereka.

Padahal dengan naiknya TH, maka musuh-musuh yang akan kamu hadapi akan semakin sulit dan kamu akan sangat kesulitan untuk meng-upgrade bangunan lainnya. Terlebih karena pekerja yang kamu miliki terbatas, kamu akan sulit untuk berkembang dan sering dijarah pemain lain. Kondisi ini disebut TH prematur, yang justru akan merugikanmu sendiri. Saran saya adalah upgrade seluruh bangunan termasuk Wall hingga maksimal level di TH yang kamu miliki, baru kamu tingkatkan level TH.

2

Gunakan Shield awal dengan bijak

Guide CoC

Guide CoC nomor 2 ini sangat amat krusial bagi pemulaanmu bermain. Kamu akan diberi 3 hari Shield, pelindung agar kamu tidak bisa dijarah (Raid) oleh pemain musuh. Jadi kamu benar-benar aman menjaga sumber daya baik Gold maupun Elixir yang kamu miliki.

Dalam tiga hari pertama ini, tujuanmu adalah membangun sebuah desa awal yang kuat, mempersiapkan pertahanan sebelum pemain lain bisa menyerang desamu. Gunakan waktu ini dengan baik, jika butuh sumber daya kamu bisa menyerang desa Goblin dengan menyelesaikan beberapa Campaign awal. Atau kamu bisa menunggu Gold dan Elixir Collector dengan sabar.

3

Bangun segera Clan Castle

Guide CoC

Karena sudah banyak TH tinggi yang bermunculan di Clash of Clans, maka guide dari saya adalah segeralah mungkin untuk membuat Clan Castle untuk menikmati fitur menariknya. Kamu bisa membuatnya setelah mencapai TH level 3 dengan biaya 10 ribu Gold. Pada level awal, kamu bisa meminta prajurit dengan total 10 housing space.

Jika kamu memiliki teman di Clan level tinggi, ini merupakan suatu keberuntungan juga. Karena kamu bisa meminta prajurit level tinggi seperti Balloon atau Hog Rider level tinggi. Gunakan unit pasukan Clan Castle tersebut untuk melakukan raid kepada pemain yang memiliki sumber daya melimpah. Saya yakin, kebutuhan sumber daya kamu akan terpenuhi dengan cepat, sehingga kamu bisa meningkatkan TH lebih cepat.

4

Bijak dalam mengatur pekerja

Guide CoC

Nah guide CoC kali ini akan sedikit memperhitungkan waktu karena semua proses bangun membangun di CoC ini menggunakan perhitungan waktu. Diawal permainan kamu akan diberi 2 pekerja. Saran saya, kamu harus mengatur proses pembangunan sesuai dengan jadwal harian yang kamu miliki. Misalnya saja, pagi hari kamu kuliah atau kerja mulai dari jam 7. Istirahat pertama jam 12 siang, jadi selama 5 jam tersebut kamu bisa gunakan untuk membangun bangunan.

Misalnya saja untuk membangun Collector diperlukan waktu 6 jam, berarti kamu bisa membangunnya mulai dari jam 6 pagi, sehingga jam 12 siang kamu bisa mengatur di jam istirahat kamu. Antara kedua pekerja juga harus seimbang, jadi saat kamu mau membuka game untuk mengatur, semua pekerja yang kamu miliki bisa dengan bersamaan dalam keadaan “menganggur.”

Masih ada tips lagi di halaman selanjutnya!

1
2
SHARE
Previous articleAkhirnya Terbukti, Ternyata Gear 4 Luffy Lebih Kuat dari Super Saiyan Blue Goku
Next articleDuniaku Weekly eSport News | 31 Oktober – 7 November 2016
Pembaca Omega-Zigma di zaman pembahasan DOTA. Tertarik dalam dunia game, mencoba mencari guide game Online sebelum main. Suka mencoba character build sendiri, hingga pernah mengikuti event Dragonica Online dan berhasil menang. Saat ini bekerja di Zigma-Omega karena referensi dari teman kuliah. Selain bekerja saat ini sibuk dengan kuliah juga.