Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Sebagai salah satu bajak laut terkenal di dunia One Piece ada beberapa alasan yang menegaskan Luffy layak menjadi Yonko. Apa saja?

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Sebagai salah satu bajak laut terkenal di dunia One Piece ada beberapa alasan yang menegaskan Luffy layak menjadi Yonko. Apa saja?

Yonko bukanlah sebuah perkumpulan yang dibentuk pihak tertentu seperti Shichibukai. Mereka bahkan bukan benar-benar kelompok. Dari yang terlihat sejauh ini, Yonko adalah sebutan untuk empat bajak laut terkuat yang bukan hanya mampu mencapai New World, tapi juga menguasainya. Bukan hal mudah, mengingat bagian laut yang ini bahkan bisa lebih gila dari bagian Grand Line sebelumnya.

Karenanya, dalam waktu dekat pembaca mungkin akan melihat Luffy dianggap sebagai Yonko. Bukan karena dia mau (karena Luffy jelas menjunjung tinggi kebebasan bertindak), tapi karena berbagai faktor lain. Tapi memangnya apa saja sih alasan Luffy layak menjadi Yonko? Ini beberapa di antaranya.

[page_break no="1" title="Kekuatan"]

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

[read_more id="276793"]

Untuk bisa mengklaim gelar Yonko, seorang bajak laut harus memiliki kekuatan yang luar biasa. Blackbeard saja dapat merengut posisi Whitebeard yang kosong mengandalkan kekuatan dirinya dan juga pengikutnya.

Salah satu alasan Luffy layak menjadi Yonko adalah... dari segi kekuatan, bajak laut muda yang satu ini telah membuktikan dirinya berkali-kali. Daftar orang yang ia kalahkan semakin hari semakin impresif. Apalagi sekarang ia sudah mulai menguasai Haki, hingga ia dapat melawan pengguna kekuatan Logia seperti seluruh Laksamana Angkatan Laut.

Jangan lupakan juga kru bajak lautnya. Zoro jelas adalah tukang pukul utama kelompok. Nami dan Usopp yang dulu hanya pendukung sekarang mampu bertarung di garis depan bila dibutuhkan. Sanji sang koki juga sudah berkembang jauh. Tapi yang terakhir itu masih harus diselamatkan dulu dari Big Mom serta keluarga Vinsmoke.

[page_break no="2" title="Sekutu dan Aliansi"]

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Sekutu dan aliansi adalah faktor lain yang bisa membuat seorang Yonko ditakuti Pemerintah Dunia. Kalau kamu lihat baik-baik, tiga dari empat Yonko saat ini memiliki wilayah besar. Blackbeard mengklaim wilayah-wilayah Whitebeard dan membangun armada bajak laut, dengan pengikut lamanya dipromosikan sebagai kapten. Kaido terlibat dengan beberapa negara, seperti Wano. Big Mom mengendalikan banyak area, termasuk Fishman Island.

Tapi Luffy dan kelompok Topi Jerami adalah bajak laut bebas. Bukankah mereka tidak pernah mengklaim wilayah maupun membangun aliansi?

Kurang tepat. Lihat saja gambar di atas. Luffy memang tidak pernah merebut wilayah, tapi ia sudah membangun aliansi Topi Jerami di akhir Dressrosa. Kelompok ini sudah terbukti diisi petarung-petarung berkekuatan besar.

Sebagai orang yang menjunjung tinggai kebebasab, Luffy tidak akan memanggil aliansinya kecuali ia memiliki alasan mendesak. Tetap saja setiap anggota Aliansi Topi Jerami di atas akan membantu Luffy bila mereka dipanggil.

Luffy juga dekat dengan banyak pihak berpengaruh. Sebut saja Dalton sang penguasa Sakura Kingdom, keluarga Nefertari di Alabasta, Gan Fall yang sedang menjadi penguasa Skypea, hingga Riku Dold III sang penguasa sah Dressrosa.

Elizabello II dari Prodence Kingdom juga siap membantunya bila dibutuhkan, terutama kalau Riku Dold, sahabatnya, mendukung. Ada juga Boa Hancock dari Amazon Lily, yang begitu tergila-gila dengan Luffy hingga ia bisa saja membuang kursinya sebagai Shichibukai hanya untuk menolong sang kapten Topi Jerami. Bila Jinbe dan Fishman Island terbebas dari Big Mom, mereka juga akan menjadi sekutu yang tak akan pikir panjang untuk membantu.

Kalau Luffy dipaksa untuk memanggil semua pihak ini untuk membantunya, ia akan memiliki armada yang sangat impresif. Inilah alasan lain Luffy layak menjadi Yonko.

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Ngomong-ngomong, karena alasan di atas juga jangan remehkan Shanks. Sejauh ini, bajak laut berambut merah ini memang tak terdengar memiliki wilayah kekuasaan seperti Blackbeard, Big Mom, atau Kaido. Tapi mengingat sifatnya mirip Luffy, bisa saja dia juga telah membangun aliansi. Ia hanya akan memanggil mereka bila situasinya penting.


 

Apakah tiga alasan lain yang membuktikan Luffy layak menjadi Yonko? Kamu bisa melihatnya di halaman kedua!

[page_break no="3" title="Reputasi"]

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

[read_more id="276266"]

Sudah pengetahuan umum di dunia One Piece kalau Luffy adalah anak Dragon, cucu Garp, dan saudara angkat Ace. Dari segi itu saja dia rasanya sudah bisa mengintimidasi banyak orang.

Walau belum pernah berkomunikasi dengan ayah kandungnya, Luffy juga membuat gerakan revolusioner atas kehendaknya sendiri. Dia menyebabkan Drum Kingdom runtuh, digantikan oleh Sakura Kingdom. Dia juga melengserkan Doflamingo, seorang Shichibukai, sehingga Riku Dold III bisa kembali berkuasa.

Selain itu, tidak bisa dilupakan juga aksinya di Marineford War, menjebol keluar dari Impel Down, hancurnya CP9, selamatnya dia dari Buster Call yang menghancurkan Ennies Lobby, dan masih banyak prestasi hebat lain.

Pemerintah Dunia kadang akan menawarkan bajak laut ternama posisi sebagai Shichibukai. Aksi-aksi Luffy membuatnya terlalu panas untuk ditawari posisi tersebut. Karenanya, dari reputasi saja Luffy layak menjadi Yonko.

[page_break no="4" title="Haki"]

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Luffy adalah satu dari sangat sedikit orang yang memiliki Haoshoku Haki, jenis Haki yang biasanya dimiliki orang-orang yang layak menjadi penguasa. Pemilik jenis Haki ini mencakup Shanks dan Whitebeard, dua Yonko ternama.

Bakat Haoshoku Haki Luffy menandakan ia memang ditakdirkan untuk bersaing merebut gelar raja bajak laut. Tapi sebelum itu, ia bisa saja menggunakannya untuk terlebih dahulu mengklaim gelar Yonko.

[page_break no="5" title="Ia Berpotensi Melengserkan Kaido atau Big Mom"]

Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

Melihat kembali kasus Blackbeard dan Whitebeard, sepertinya sederhana saja agar seorang bajak laut bisa dianggap Yonko: mereka hanya tinggal memanfaatkan kesempataan saat tercipta kekosongan dalam keseimbangan.

Saat Whitebeard meninggal, kekosongan itu muncul. Blackbeard dengan cepat memanfaatkannya, dan sekarang ia menjadi Yonko.

Kalau Luffy menjatuhkan salah satu dari Big Mom atau Kaido, dan mereka ditangkap oleh Angkatan Laut, maka ia tidak perlu memanfaatkan situasi seperti Blackbeard. Fakta bahwa dia mengalahkan salah satu Yonko, dipadukan dengan empat alasan sebelum ini, bisa membuat Pemerintah Dunia otomatis menganggap Luffy sebagai Yonko baru.


 

Fokus utama Luffy selalu menjadi raja bajak laut. Hanya saja, seperti disebutkan dalam lima poin di atas, untuk menjadi Yonko ia bisa jadi tak perlu menginginkannya. Ia hanya tinggal mengalahkan Big Mom atau Kaido, dan Pemerintah Dunia bisa otomatis menganggap ia menggantikan mereka.

Jadi jelas, Luffy layak menjadi Yonko. Yang akan menarik adalah apa yang akan terjadi bila ternyata ia justru akan menghancurkan para Yonko lain. Saat artikel ini ditulis, ia sedang bersilangan jalan dengan Big Mom. Di saat bersamaan, Kaido sudah mengincarnya. Luffy juga jelas punya masalah dengan Blackbeard.

Apakah pada akhirnya alih-alih menjadi Yonko, Luffy justru menjadi kekuatan penghancur Yonko? Ataukah bila Kaido, Big Mom, Blackbeard, dan bahkan Shanks tumbang, Supernova seperti Hawkins, Bege, Kidd, atau bahkan Law akan memanfaatkannya untuk menggantikan posisi mereka?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU