Inilah 5 Alasan yang Membuktikan Luffy Layak Menjadi Yonko

luffy layak menjadi yonko

Sebagai salah satu bajak laut terkenal di dunia One Piece ada beberapa alasan yang menegaskan Luffy layak menjadi Yonko. Apa saja?

Yonko bukanlah sebuah perkumpulan yang dibentuk pihak tertentu seperti Shichibukai. Mereka bahkan bukan benar-benar kelompok. Dari yang terlihat sejauh ini, Yonko adalah sebutan untuk empat bajak laut terkuat yang bukan hanya mampu mencapai New World, tapi juga menguasainya. Bukan hal mudah, mengingat bagian laut yang ini bahkan bisa lebih gila dari bagian Grand Line sebelumnya.

Karenanya, dalam waktu dekat pembaca mungkin akan melihat Luffy dianggap sebagai Yonko. Bukan karena dia mau (karena Luffy jelas menjunjung tinggi kebebasan bertindak), tapi karena berbagai faktor lain. Tapi memangnya apa saja sih alasan Luffy layak menjadi Yonko? Ini beberapa di antaranya.

1

Kekuatan

one-piece-842-gear-4-luffy-min

Luffy Dalam Bahaya di One Piece 845! Akankah Dia Selamat?

Setelah gagal menyelamatkan Sanji, sekarang Luffy diperlihatkan dalam bahaya di One Piece 845! Lelah dan lapar, apakah dia bisa selamat?
Baca Juga

Untuk bisa mengklaim gelar Yonko, seorang bajak laut harus memiliki kekuatan yang luar biasa. Blackbeard saja dapat merengut posisi Whitebeard yang kosong mengandalkan kekuatan dirinya dan juga pengikutnya.

Salah satu alasan Luffy layak menjadi Yonko adalah… dari segi kekuatan, bajak laut muda yang satu ini telah membuktikan dirinya berkali-kali. Daftar orang yang ia kalahkan semakin hari semakin impresif. Apalagi sekarang ia sudah mulai menguasai Haki, hingga ia dapat melawan pengguna kekuatan Logia seperti seluruh Laksamana Angkatan Laut.

Jangan lupakan juga kru bajak lautnya. Zoro jelas adalah tukang pukul utama kelompok. Nami dan Usopp yang dulu hanya pendukung sekarang mampu bertarung di garis depan bila dibutuhkan. Sanji sang koki juga sudah berkembang jauh. Tapi yang terakhir itu masih harus diselamatkan dulu dari Big Mom serta keluarga Vinsmoke.

2

Sekutu dan Aliansi

one-piece-straw-hat-grand-fleet

Sekutu dan aliansi adalah faktor lain yang bisa membuat seorang Yonko ditakuti Pemerintah Dunia. Kalau kamu lihat baik-baik, tiga dari empat Yonko saat ini memiliki wilayah besar. Blackbeard mengklaim wilayah-wilayah Whitebeard dan membangun armada bajak laut, dengan pengikut lamanya dipromosikan sebagai kapten. Kaido terlibat dengan beberapa negara, seperti Wano. Big Mom mengendalikan banyak area, termasuk Fishman Island.

Tapi Luffy dan kelompok Topi Jerami adalah bajak laut bebas. Bukankah mereka tidak pernah mengklaim wilayah maupun membangun aliansi?

Kurang tepat. Lihat saja gambar di atas. Luffy memang tidak pernah merebut wilayah, tapi ia sudah membangun aliansi Topi Jerami di akhir Dressrosa. Kelompok ini sudah terbukti diisi petarung-petarung berkekuatan besar.

Sebagai orang yang menjunjung tinggai kebebasab, Luffy tidak akan memanggil aliansinya kecuali ia memiliki alasan mendesak. Tetap saja setiap anggota Aliansi Topi Jerami di atas akan membantu Luffy bila mereka dipanggil.

Luffy juga dekat dengan banyak pihak berpengaruh. Sebut saja Dalton sang penguasa Sakura Kingdom, keluarga Nefertari di Alabasta, Gan Fall yang sedang menjadi penguasa Skypea, hingga Riku Dold III sang penguasa sah Dressrosa.

Elizabello II dari Prodence Kingdom juga siap membantunya bila dibutuhkan, terutama kalau Riku Dold, sahabatnya, mendukung. Ada juga Boa Hancock dari Amazon Lily, yang begitu tergila-gila dengan Luffy hingga ia bisa saja membuang kursinya sebagai Shichibukai hanya untuk menolong sang kapten Topi Jerami. Bila Jinbe dan Fishman Island terbebas dari Big Mom, mereka juga akan menjadi sekutu yang tak akan pikir panjang untuk membantu.

Kalau Luffy dipaksa untuk memanggil semua pihak ini untuk membantunya, ia akan memiliki armada yang sangat impresif. Inilah alasan lain Luffy layak menjadi Yonko.

Shanks-One-Piece

Ngomong-ngomong, karena alasan di atas juga jangan remehkan Shanks. Sejauh ini, bajak laut berambut merah ini memang tak terdengar memiliki wilayah kekuasaan seperti Blackbeard, Big Mom, atau Kaido. Tapi mengingat sifatnya mirip Luffy, bisa saja dia juga telah membangun aliansi. Ia hanya akan memanggil mereka bila situasinya penting.


 

Apakah tiga alasan lain yang membuktikan Luffy layak menjadi Yonko? Kamu bisa melihatnya di halaman kedua!

1
2
SHARE
Previous articleGame Zombie ORBIZ Berkampanye di Steam Greenlight, Yuk Didukung!
Next articleDiumumkan Manga Toriko Tamat Tanggal 21 November
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.