Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

Sebenarnya apa yang menentukan nilai bounty One Piece? Kenapa Chopper dihargai 100 Belly sementara Luffy 500 juta? Inilah jawabannya!

Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

Sebenarnya apa yang menentukan nilai bounty One Piece? Kenapa Chopper dihargai 100 Belly sementara Luffy 500 juta? Inilah jawabannya!

Bounty One Piece adalah nominal uang yang siap dibayar Pemerintah Dunia atau Angkatan Laut saat seorang buronan tertangkap atau mati. Fungsi utamanya tentu saja adalah untuk membuat pemburu bayaran dan rakyat jelata di seluruh belahan dunia terdorong untuk membantu pihak berwajib memburu nama-nama di poster.

Adapun faktor-faktor yang menentukan nilai bayaran sebuah bounty adalah....

[page_break no="1" title="Ancaman Kepada Pemerintah Dunia"]

Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

[read_more id="278169"]

Faktor utama yang menentukan nilai bounty One Piece adalah tingkat ancaman sang buronan terhadap Pemerintah Dunia. Orang seperti Luffy yang sempat mengalahkan seorang Shichibukai, menyerbu Ennies Lobby, dan melawan Angkatan Laut di Marineford seperti Luffy jelas akan diganjar dengan nilai buruan tinggi.

Tapi jangan kira hanya tindakan kriminal terang-terangan seperti itu saja yang membuat wajahmu dilabeli harga buruan. Nico Robin kecil memperoleh angka bounty yang sangat besar sejak sebelum ia bergabung dengan kelompok Bajak Laut apapun hanya karena dia berasal dari Ohara.

Bahkan sebenarnya ketahuan meneliti Void Century - atau punya hubungan signifikan dengan peneliti Void Century - akan membuatmu diincar lebih parah dari "sekedar" kejahatan biasa. Kapten Kuro dihargai 16 juta Belly meski dia adalah seorang perompak yang tak segan membunuh. Don Krieg dihargai 17 juta Belly meski pasukannya adalah salah satu armada terbesar, terlicik, dan bersenjata paling lengkap di East Blue.

Bandingkan angka itu dengan nilai buruan Robin kecil.

[page_break no="2" title="Tindak Kejahatan"]

Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

Faktor lain yang akan mempengaruhi angka bounty One Piece tentunya adalah tindak kejahatan. Dengan hadiah 315 juta Belly, Eustass Kid adalah Supernova termahal saat pertemuan pertama di Pulau Sabaody. Padahal dari segi "prestasi" dan ancaman ke pemerintah dunia, dia kalah dari Luffy yang selamat dari Buster Call, menghancurkan CP9, dan mengalahkan dua Shichibukai.

Penyebab angka Kid bisa begitu tinggi adalah tendensinya untuk membunuh. Semua musuh Luffy masih bernyawa setelah melawan dia. Dari informasi yang beredar, dan dari yang dilakukan Kid saat ia mencapai New World, Supernova yang satu ini tak mengenal ampun. Tak terlalu mengherankan kalau nanti terungkap sebelum sampai ke Sabaody ia telah membunuh beberapa Angkatan Laut.

Kalau saja Luffy benar-benar melakukan kejahatan lain, seperti melakukan pembunuhan besar-besaran, angkanya bisa melampaui Kidd sejak Sabaody.

Tidak semua bajak laut suka memperoleh perhatian Angkatan Laut dan pemburu bayaran. Bajak laut pintar seperti Arlong lebih memilih menutup-nutupi kejahatannya, seperti dengan menyuap Kapten Nezumi. Tindakan seperti itu membuat angka Arlong "hanya" 20 juta Belly. Padahal dari sisi kekuatan dan tindak kejahatan, ia bisa lebih mahal lagi.


 

Faktor apa lagi yang bisa mempengaruhi nilai bounty One Piece? Kamu bisa membacanya di halaman kedua!

[page_break no="3" title="Kekuatan"]

Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

[read_more id="277849"]

Kekuatan seorang bajak laut jelas juga menjadi bahan pertimbangan bounty One Piece. Karenanya bajak laut seperti Kid, Luffy, dan para Yonko serta panglimanya diberi harga sangat tinggi.

Tapi kekuatan bukan faktor mutlak untuk menentukan harga. Dua faktor di atas lebih mempengaruhi penghitungan angka Belly sebelum kekuatan. Lihat saja Crocodile. Nilai bounty-nya 81 juta Belly. Begitu di Marineford, dia tak ada masalah bertarung menghadapi kriminal yang nilainya lebih mahal dari dia.

Nico Robin, yang sekali lagi dijadikan contoh, sudah dihargai 79 juta Belly sejak ia belum bergabung dengan kru bajak laut apapun. Saat ia memperoleh bounty pertama, Robin bahkan belum bisa bertarung sebaik sekarang.

Nilai bounty Foxy 24 juta Belly, hanya selevel penjahat-penjahat East Blue. Tetap saja Foxy bisa memanfaatkan tipu daya untuk menyulitkan Luffy, yang saat menghadapinya sudah diberi harga 100 juta Belly.

Saat seorang penjahat memiliki nilai buruan yang lebih tinggi dari Luffy (Crocodile di Alabasta, Doflamingo di Dressrosa), pembaca bisa tahu kalau kira-kira orang itu dapat membuat Luffy kesulitan. Tapi kekuatan bukan angka mutlak untuk menentukan harga.

[page_break no="4" title="Penampilan"]

Sebetulnya Apa Sih yang Menentukan Nilai Bounty One Piece?

Penampilan bukan segalanya. Luffy yang lebih sering terlihat konyol, bahkan di poster buruan pertamanya, sudah dihargai 30 juta Belly sejak ia mengalahkan Arlong. Tapi ada satu karakter yang penampilan fisiknya membuat dia diberi harga yang tidak sesuai: Tony Tony Chopper.

Sebagai dokter kru Topi Jerami yang memiliki banyak wujud untuk bertarung, Chopper seharusnya diberi angka yang cukup tinggi. Mungkin di level Nami. Masalahnya, karena penampilan dia begitu, dia hanya dianggap sebagai peliharaan dan angkanya pun sangat konyol.

Sekedar tebakan: kalau suatu saat nanti Chopper akan mendapat nilai lebih dari seratus perak, foto di posternya pastilah wujud monsternya.


 

Itulah kira-kira empat faktor yang menentukan angka bounty One Piece. Ada faktor lain yang kamu rasa bisa mempengaruhi nilai bounty? Silakan sampaikan di kolom komentar!

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU