Inilah 6 Cara Call of Duty 4 Modern Warfare Mengubah Dunia FPS!

Call of Duty 4 Remaster

Sebelum Call of Duty 4 hadir, sebenarnya iklim game first-person shooter (FPS) sangatlah berbeda. Memainkan game FPS tidak di PC dianggap sebagai hal yang aneh, bahkan tabu. Jalannya pertempuran yang lebih cepat, mengandalkan seberapa cepat frame rate yang bisa dihasilkan komputermu serta kecepatan tangan dan mata yang luar biasa. Membuat game ini sulit dinikmati pendatang baru.

Namun game shooter garapan Infinity Ward yang satu ini berhasil merubah jalannya tren FPS dan membuat genre ini mampu diterima oleh seluruh kalangan. Fitur apa saja yang mampu merubah dunia game PC yang keras itu? Mari kita bahas bersama.

Kontrol FPS yang Nyaman untuk Konsol

Call of Duty 4 Alien control
Dulu, kontrol FPS yang sekarang kita sukai ternyata dianggap sangat aneh

Sebenarnya bisa dibilang serial Halo garapan Bungie yang dirilis oleh Microsoft merupakan pelopor diterimanya game bergenre FPS oleh gamer konsol. Tapi harus diperhitungkan juga, seberapa populer konsol Xbox original di luar pasar Amerika Serikat. Pastinya tidak banyak yang punya konsol pertama Microsoft itu, kan?

Nah, begitu rilisnya Xbox 360 dan Call of Duty 4 juga ikut keluar, game FPS yang satu ini pun berhasil merebut hati para gamer dan ikut mempopulerkan genre FPS di kalangan pemilik konsol.

Health Regeneration

Call of Duty 4 regen
Screenshot dari game parodi COD, Duty Calls

Salah satu fitur yang sangat populer di Call of Duty sejak mereka beranjak dari PS1 dan PS2 adalah fitur regenerasi nyawa. Tidak lagi mengandalkan bar HP dan medpack untuk mengisi kembali nyawa, dalam Call of Duty 4 kondisi nyawa karakter ditandai dengan layar yang semakin gelap dan napas karaktermu yang semakin terengah-engah.

Sistem Sprint

Call of Duty 4 sprint

Kalau kamu akrab dengan game-game FPS jadul macam Doom, Wolfenstein 3D, Quake, dan Unreal Tournament (atau yang bergaya jadul seperti Serious Sam!), pastinya kamu sadar dong kalau jalanmu sangat cepat? Begitu Medal of Honor, Call of Duty, dan Counter-Strike rilis, kecepatan jalan karakter pun berkurang mengikuti arus narasi dan gaya permainan yang diberikan oleh game.

Kemudian pada waktu Call of Duty 4 rilis, Infinity Ward mengembalikan sedikit kemampuan mobilitas pada gerakan karakter yang relatif melambat tersebut, dengan tombol lari/sprint khusus. Hal ini pun membuat permainan kembali lebih cepat, namun dengan sedikit kekurangan: saat berlari, karaktermu tidak bisa menembak.

Bahkan karakter Soldier: 76 di Overwatch saja sampai mendedikasikan satu slot skill khusus untuk memberinya kemampuan berlari. Seperti itulah pentingnya sistem Sprint di game FPS jaman sekarang.

5 Alasan Inilah yang Bikin Gamer Tidak Menyukai CoD Infinite Warfare!

Kini trailer Infinite Warfare ada di peringkat kedua video dengan dislike terbanyak di YouTube. Apa ya alasannya kok banyak yang tidak suka?
Baca Juga

Masih ada lagi tiga mekanika esensial COD yang mengubah dunia FPS di halaman 2…