Opini: Kenapa Kimi no Na wa Bisa Disebut Film Animasi Terbaik?

Jika kamu sudah menonton film Kimi no Na wa, mungkin setuju jika ini merupakan salah satu film terbaik yang pernah ada

Opini: Kenapa Kimi no Na wa Bisa Disebut Film Animasi Terbaik?

Bagi kamu yang mengikuti perfilman Jepang, mungkin sudah tidak asing dengan film Kimi no Na wa yang tayang 28 Agustus 2016 lalu. Pasalnya, meskipun pada awalnya sedikit diremehkan, tetapi ternyata Kimi no Na wa atau Your Name mampu menghipnotis para penikmat film animasi Jepang.

Banyak juga yang berpendapat jika kesuksesan film Kimi no Na wa bakal mengulang keberhasilan film masterpiece Spirited Away karya animator legendaris Hayao Miyazaki. Tentunya, bukanlah hal mustahil, jika melihat deretan alasan kenapa Kimi no Na wa layak disebut film animasi terbaik yang pernah ada berikut ini.

1. Alur cerita menarik

https://www.youtube.com/embed/NooIc3dMncc

Tentu hal terpenting yang membuat kenapa Kimi no Na Wa merupakan film animasi terbaik karena memiliki alur cerita yang unik dan menarik. Meskipun berdurasi cukup panjang, yakni 1 jam 46 menit, tetapi penonton tidak akan dibuat bosan lewat adegan-adegan dan kualitas gambar yang ditampilkan

Kimi no Na wa sendiri menekankan kisah Taki yang tinggal di Tokyo dan Mitsuha yang berada di sebuah desa terpencil. Cerita pun semakin rumit sebab ketika tertidur, kadang tubuh mereka tertukar serta membuat kehidupan mereka menjadi kacau. Taki yang penasaran dengan fenomena aneh yang menimpanya, kemudian bertekad mencari tempat tinggal Mitsuha dan menemukan fakta yang tak pernah ia pikirkan sebelumnya.

2. Karena ini adalah karya Makoto Shinkai

Opini: Kenapa Kimi no Na wa Bisa Disebut Film Animasi Terbaik?dok. twitter.com/shinkaimakoto

Mungkin cerita film Kimi no Na wa tidak akan semenarik itu jika tanpa ada peran Makoto Shinkai di belakangnya. Ya, pria kelahiran 9 Februari 1973 ini adalah orang yang paling berjasa mengantarakan film Kimi no Na wa meraih kepopuleran di seluruh Jepang dan bahkan dunia.

Makoto Shinkai memang dikenal sebagai animator handal dan digadang-gadang sebagai penerus dari animator legendaris Hayao Miyazaki. Karya-karya sebelumnya seperti Hoshi no Koe, Byousoku 5 cm, dan Kotonoha no Niwa juga juga tak kalah populer dan menjadi film terbaik dari Makoto Shinkai.

Baca Juga: 10 Fakta Makoto Shinkai, Sutradara Film Anime Suzume no Tojimari

3. Mampu menembus box office

Opini: Kenapa Kimi no Na wa Bisa Disebut Film Animasi Terbaik?dok. CoMix Wave Films/ Your Name

Bukti sahih kenapa Kimi no Na wa merupakan film animasi terbaik bisa dilihat dari suksesnya film ini merajai puncak box office film Jepang. Bahkan bukan sekadar memuncaki, tetapi Kimi no Na wa juga selalu mendominasi puncak box office selama sembilan minggu berturut-turut sebelum dikalahkan oleh film live action Death Note, Death Note Light Up The New World.

Popularitas merajai box office selama sembilan minggu berturut-turut berbanding lurus dengan pendapatan yang diperoleh film Kimi no Na wa. Di minggu ketiganya saja, film ini sudah meraup keuntungan sebesar 6,2 miliar yen. Padahal pendapatan ini hanya berasal dari Jepang saja dan belum ditambah dengan penghasilan di 85 negara di luar Jepang.

4. Terhitung sebagai film animasi Jepang terlaris

Opini: Kenapa Kimi no Na wa Bisa Disebut Film Animasi Terbaik?Your Name (Dok. CoMix Wave Films/Your Name)

Kimi no Na Wa juga sukses merangsek ke posisi lima sebagai film animasi Jepang paling laris sepanjang masa. Mengingat film ini masih terus tayang di platform streaming online legal, bukan tak mungkin Kimi no Na Wa bakal menyalip film Spirited Away yang meraup pendapatan 30 miliar yen.

5. Menerima banyak penghargaan

Opini: Kenapa Kimi no Na wa Bisa Disebut Film Animasi Terbaik?Kimi no Na wa (Dok. CoMix Wave Films/Your Name)

Penghargaan demi penghargaan pun diraih oleh film Kimi no Na wa setelah tayang perdana 28 Agustus lalu. Salah satunya adalah terpilih sebagai film animasi terbaik di Sitgas Film Festival 2016. Sitgas sendiri merupakan ajang bergengsi untuk festival film yang diadakan di Spanyol. Raihan itu sekaligus bukti bahwa Kimi no Na wa memang pantas disebut film animasi terbaik yang pernah ada.

Nah, apa kamu setuju jika Kimi no Na wa layak disebut film animasi terbaik atau kamu punya pendapat lain mengenai film animasi terbaik menurut versimu? Bagikan di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 9 Fakta Suzume no Tojimari, Makoto Shinkai Sukses Cetak Rekor Baru!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU