Inhumans Menjadi Serial TV! Masih Terhubung dengan Film-Film Marvel?

inhumans-marvel

Kabar mengejutkan hari ini: Inhumans Marvel berubah status dari film layar lebar menjadi serial TV! Apa masih berhubungan dengan Marvel Cinematic Universe?

Pernah ada masa di mana film Inhumans seperti dipersiapkan untuk menjadi pengganti X-Men, yang lisensinya masih aman di tangan 20th Century Fox. Bahkan kaum Inhuman pun meledak penggunaannya. Di komik, populasi Inhuman tiba-tiba meningkat sementara para mutan justru kembali berada di ambang kepunahan. Di serial TV, Agents of SHIELD memunculkan kaum Inhuman dengan ekstensif.

Jangan lupakan juga film Inhumans pernah masuk ke dalam rencana Marvel Studio.

jadwal-film-marvel

Sebelum digeser jadi Juli 2019, seharusnya film ini akan dirilis 2 November 2018 di Amerika. Tapi faktor-faktor seperti perilisan Indiana Jones terbaru dan kembalinya Spider-Man ke Marvel Studio membuat film ini diundur-undur hingga akhirnya lenyap total dari rencana Marvel Cinematic Universe.

Sekarang, diumumkan resmi oleh Marvel kalau Inhumans akan menjadi serial TV. Serial ini akan ditayangkan di ABC untuk periode 2017. Episode perdananya akan ditayangkan di bioskop IMAX terpilih. Ini pertama kalinya ada serial TV memperoleh perlakuan istimewa seperti itu.

Untuk tokoh utama, Marvel mengumumkan serialnya akan menyorot Black Bolt dan keluarga kerajaan Inhuman.

Apakah ada Hubungan dengan Marvel Cinematic Universe?

inhumans-marvel-02

Belum ada pengumuman resmi dari Marvel apakah serial ini akan terhubung dengan Marvel Cinematic Universe. Tapi asumsi sementara adalah: tidak, serial ini tidak akan terhubung dengan semesta layar lebar Marvel.

Dasar dari asumsi ini adalah nasib dari seluruh serial Marvel, termasuk Marvel Netflix yang dipuji-puji itu. Karena berbagai faktor, termasuk Marvel sudah merencanakan plot untuk film mereka sejak jauh hari, sejauh ini Marvel Cinematic Universe masih mengabaikan kejadian di TV. Tony Stark dan kawan-kawan masih menganggap Phil Coulson mati, tim Coulson bahkan tidak diajak Nick Fury di Age of Ultron, dan tidak ada yang pernah mendengar Luke Cage serta Daredevil meski Tony Stark dan Peter Parker tinggal di New York.

Kaum Inhuman pun termasuk bagian dari serial TV yang diabaikan oleh Marvel Cinematic Universe. Seperti sudah disebut sebelumnya, dengan karakter seperti Skye dan Lash, kaum ini sudah tampil ekstensif di Agents of SHIELD. Bahkan sebenarnya keberadaan kaum Inhuman ini seakan dipersiapkan untuk melebur Agents of SHIELD dengan Marvel Cinematic Universe, berhubung sudah ada film dijadwalkan.

Dengan pengumuman serial TV ini, Marvel Cinematic Universe rasanya telah membuang sepenuhnya kaum Inhuman dari semesta layar lebar.

marvel future fight

Tapi ini juga bisa jadi kabar baik untuk fan kaum Inhuman yang sudah menjadi penonton setia Agents of SHIELD. Setelah serialnya hanya bisa menyajikan Inhuman kurang populer seperti Lash, mungkin sekarang kamu juga bisa melihat crossover yang melibatkan Inhuman papan atas seperti Black Bolt, Medusa, Karnak, dan Miss Marvel Kamala Khan.

Biar bagaimanapun, Agents of SHIELD dan Inhumans sama-sama akan tayang di saluran ABC. Lebih mudah membuat crossover antara dua serial itu ketimbang dengan lini Netflix.

Kenapa Inhumans bisa Tersisih?

isaac-perlmutter_3279449b

Keputusan Inhumans menjadi pengganti X-Men ini adalah sesuatu yang diinginkan Ike Perlmutter, CEO-nya Marvel Entertainment. Perlmutter sempat mengambil pendekatan garis keras untuk memaksa Fox mengembalikan X-Men. Termasuk di antaranya mengurangi produksi merchandise X-Men dan Fantastic Four serta peningkatan kaum Inhuman.

Lalu Perlmutter konflik dengan Kevin Feige. Feige menyampaikan ini ke pihak Disney, dan terjadi keajaiban di mana divisi komik Marvel dipotong sepenuhnya dalam penanganan film layar lebar Marvel.

Sejak Feige berkuasa absolut atas Marvel Cinematic Universe inilah Inhumans statusnya jadi tidak jelas. Awalnya diundur, kemudian lenyap dari jadwal film layar lebar, dan sekarang malah jadi serial TV. Melihat kesuksesan Doctor Strange, yang ditangani Feige sepenuhnya tanpa bantuan orang-orang di lini komik Marvel, status quo ini rasanya tak akan berubah dalam waktu dekat.

Walau tersisih, setidaknya keputusan Marvel Studio ini masih menguntungkan tim kreatif Agents of SHIELD dan tidak sepenuhnya PHP ke fan kaum Inhuman.

 

Sumber: Marvel, Bleeding Cool


SHARE
Previous articleBedah Trailer Beauty and the Beast – Versi Baru Kisah Romantis Disney
Next articleTernyata Diam-Diam Kerja Sama Fox-Marvel Sudah Terjadi!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.