Ini 5 Saran agar Kamu Jadi Pemain Game yang Baik!

pemaingameyangbaik-featuredBermain game memang menyenangkan, apalagi kalau kita bisa bermain dengan teman atau orang lain dalam game yang melibatkan banyak orang. Namun, bermain game juga bisa menjadi menyebalkan dikarenakan adanya orang-orang yang merusak suasana permainan. Celakanya, orang-orang yang bukan merupakan pemain game yang baik ini jumlahnya banyak!

Hal tersebut tentu membuat bermain jadi gak nyaman. Sebenarnya, kamu bisa membantu menanggulangi orang-orang tersebut dengan satu hal: manjadi pemain game yang baik, dimulai dari diri kamu sendiri! Berikut ini, ada beberapa saran yang bisa kamu ikuti agar kamu bisa menjadi pemain game yang baik dan menyebarkan energi positif ke orang lain. Yuk diikuti!

1

Mulai dengan Membangun Komunikasi

pemaingameyangbaik-ss1

Ketika bermain game yang melibatkan banyak orang, apalagi yang membutuhkan kerja sama tim, komunikasi antar pemain menjadi sangat penting. Kasus paling simpelnya, adalah soal bertanya atau meminta tolong di dalam game. Apapun permainannya, jangan sungkan untuk memulai komunikasi! Tentunya, dimulai dengan komunikasi yag baik ya.

Dengan memulai komunikasi yang baik, kamu dapat mengerti apa yang teman dalam game-mu pikirkan, dan begitu pula sebaliknya. Dalam MMORPG misalnya, kamu bisa bertanya-tanya mengenai quest atau event yang sedang dijalani, bisa jadi kamu punya kesempatan untuk berpetualang bersama.

Dalam game MOBA seperti Dota ataupun League of Legends, aspek komunikasi sangatlah penting. Kerja sama tim harus dibangun sejak awal dengan komunikasi yang baik. Untuk kemenangan kamu, tidak ada salahnya memulai komunikasi sejak awal. Mulailah dengan hal-hal simpel seperti tipe apa yang ingin kamu mainkan ataupun bertanya ke teman tim yang lain soal apa yang mereka ingin mainkan.

2

Selalu Lihat Kondisi dan Situasi dalam Permainan

Sumber gambar : wikihow.com
Sumber gambar : wikihow.com

Dalam bermain game, selalu ada macam-macam hal yang terjadi. Macam-macam hal ini dapat mempengaruhi permainan, dapat juga mempengaruhi orang-orang yang terlibat di dalamnya. Inilah kenapa melihat kondisi dan situasi dalam permainan menjadi sangat penting agar kamu dan temanmu bisa nyaman dalam bermain.

Tentunya, dengan komunikasi yang sudah kamu jalin dari awal, kamu dan temanmu bisa berbagi tentang situasi yang sedang kalian alami. Lihat juga apa yang sedang dan sudah terjadi sebelumnya dalam permainan, dan kemudian bicarakan dengan teman-temanmu. Kamu tentu gak mau terjebak dalam situasi yang bisa membahayakan karakter dan teman kamu yang lain kan?

3

Serius Tapi Santai, Santai Tapi Serius

pemaingameyangbaik-ss3

Bingung dengan saran nomor tiga ini? Percayalah, hal tersebut sebenarnya bisa menjadikan kamu pemain game yang baik. Karena, hal ini akan berefek pada seberapa baik kamu bermain dan seberapa besar tingkat kenyamanan bermain kamu. Ini juga akan mempengaruhi teman yang bermain bersamamu.

Hal ini dapat kamu aplikasikan di apapun genre game yang kamu mainkan. Kamu tentu harus serius ketika ingin menang saat bermain game MOBA, tapi kamu juga harus bisa tetap tenang dan tidak menekan teman tim kamu. Atau ketika kamu dan temanmu gagal menyelesaikan quest dalam game MMORPG, kamu bisa berkelakar untuk tetap membuat tim kamu semangat sembari menyelipkan beberapa saran strategi untuk kalian bermain kedepannya.

4

Hindari Hal-hal Negatif!

pemaingameyangbaik-ss4

Ini salah satu isu yang juga sangat penting. Sebisa mungkin, hindari hal-hal negatif saat bermain game. Karena ketika kamu sendiri memberikan dan melakukan sesuatu hal yang negatif, itu akan berpengaruh besar terhadap diri kamu sendiri dan teman-temanmu. Kamu tentu tidak ingin menjadi musuh bersama di dalam game kan?

Hal-hal negatif bisa berbentuk apa saja. Mulai dari ejekan, makian, sampai mengganggu apa yang sedang dikerjakan pemain lain, teman, ataupun tim kamu. Ketika kamu melakukan itu semua, pemain lain bisa jadi balik melakukan hal yang sama dan juga membuat kamu dibenci oleh pemain lainnya. Karenanya, selalu hindari memberikan dan melakukan hal-hal negatif ya!

5

Sabar dan Selalu Berpikir Positif

pemaingameyangbaik-ss5

Sabar mungkin susah, tapi itu bisa membantu kamu untuk menjadi pemain game yang baik. Karena dengan sabar, kamu bisa berpikir dengan jernih dan memberikan energi positif kepada pemain lainnya. Kamu juga bisa lebih tenang dalam menghadapi tekanan dan bisa menegur dengan halus pemain lain yang mungkin melakukan hal-hal yang negatif.

Berpikir positif juga penting, agar kamu dapat selalu bisa nyaman dalam bermain dan juga membantu kamu berpikir lebih jernih. Ketika misalnya kamu harus kalah dalam permainan tim kemudian ada pemain dalam tim kamu yang marah, kamu bisa lebih mudah menenangkannya sembari menyemangati teman tim lain agar tidak turut emosi dan tetap semangat dalam bermain.

Kelima saran tersebut yang penulis dapat sarankan kepada kamu untuk bisa menjadi pemain game yang baik. Karena apapun game yang kalian mainkan, kalian pasti ingin lebih nyaman dan mendapatkan kebahagiaan dalam bermain. Meskipun kalian akan menemui kesulitan, tapi tidak ada salahnya untuk memulai dari diri kita sendiri. Yuk jadi pemain game yang baik!

Diedit oleh Febrianto Nur Anwari

SHARE
Previous articleIndonesia Berpartisipasi dalam Ajang Garena All-Star 2016, Ini Dia Susunan Timnya!
Next articleImplementasikan Teknologi Hologram di Game-mu Lewat Workshop HoloLens Ini!
e-Sports Enthusiast, Game Connoisseurs. HK9