Tips Dark Souls III – Cara Mengalahkan Sister Friede dari Ashes of Ariandel

dark-souls-3-high-lord-wolnir

Kalau kamu tidak siap, Sister Friede dari Dark Souls III bisa terasa sangat sulit. Simak tips Dark Souls III ini agar kamu bisa mengalahkannya!

Tidak seperti DLC Dark Souls I maupun trilogi Lost Crown-nya Dark Souls II yang lumayan kaya boss, hanya ada dua boss ekstra di DLC Ashes of Ariandel-nya Dark Souls III. Untungnya, salah satu boss itu adalah Sister Friede yang sangat seru untuk dihadapi.

Sebagai pembuka tips Dark Souls III edisi Sister Friede ini, ada satu hal yang harus kamu ketahui sebelum melawan dia: Friede adalah boss marathon. Tak tanggung-tanggung, dia memiliki tiga fase berbeda yang harus kamu hadapi sekaligus. Kalau kamu mati di fase dua atau tiga, kamu akan mengulang lagi dari awal.

Untuk tips lainnya….

1

Lengkapi Dulu Estus Flask dan Undead Bone Shard Kamu

Rekomendasi Game Steam Summer Sale 2016

5 Boss Dark Souls III Tersulit Ini Dijamin Bisa Bikin Gamer Stress

5 boss Dark Souls III ini terbukti sangat brutal dan sadis. Kalau kamu tidak tahu trik-triknya, kamu bisa sampai menangis karena stres!
Baca Juga

Namanya juga boss marathon, sebaiknya pastikan Estus Flask kamu sudah penuh dan setiap teguk bisa menyembuhkan dengan sebanyak mungkin. Walau kamu sudah mengalahkan semua boss lain di game, termasuk boss terakhir, pukulan Friede akan tetap terasa sakit bila kamu tidak siap atau karaktermu memang bukan tipe petarung.

Dengan Estus Flask penuh, minimal kamu masih punya harapan melanjutkan pertarungan meski terkena serangannya. Untuk kamu yang malas harus mencari sendiri, selalu banyak panduan bertebaran demi menemukan obat penentu hidup mati di game Dark Souls ini.

2

Slave Knight Gael

tips dark souls III

Saat pertarungan melawan boss sudah bisa diakses, kamu bisa memanggil phantom Slave Knight Gael. Bila kamu berdiri di bonfire menghadap ruangan boss, tanda untuk memanggil Gael kira-kira ada di kiri depan, sebelum tangga turun.

Dengan gelar seperti “Slave Knight,” kamu mungkin akan langsung berasumsi Gael payah. Tapi kalau memang begitu sih dia tidak akan dimasukkan ke tips Dark Souls III ini. Jangan khawatir, Gael cukup tangguh. Minimal dia bisa menjadi distraksi untuk membantu pemain-pemain yang karakternya bertarung jarak jauh.

Patut diingat kalau Gael baru akan muncul saat kamu memasuki fase kedua duel melawan Friede.

3

Siap-Siap Anti-Frost dan Dark

Dark-Souls-III-28

Di fase-fase awal, Friede akan menggunakan serangan-serangan berelemen es. Terutama waspadai saat ia menyelimuti lantai dengan es. Saat es-es itu pecah, damage-nya sakit. Kalau kamu sukses bertahan hingga fase tiga, baru Friede akan mengeluarkan elemen dark. Pertimbangkan faktor-faktor ini saat kamu mempersiapkan bawaan dan perlengkapan kamu.

Uniknya sih kalau kamu sempat bicara dengan Friede saat dia masih duduk di kapel dia bisa memberikanmu Chillbite Ring yang akan membantumu mengurangi efek frost lebih baik dari Fleshbite Ring.

4

Strategi untuk Fase 1

dark-souls-iii-blackflame-friede

Di fase 1, Sister Friede sebenarnya cukup sederhana. Seperti musuh standar, kamu bisa mem-parry beberapa serangannya dan bahkan mem-backstab dia. Cincin Aldritch’s Ruby yang bisa memulihkan sebagian HP setiap critical bisa kamu equip, sekedar untuk menghemat Estus untuk fase berikutnya.

Celah untuk memberi serangan critical ini biasanya adalah setelah dia menghilang dan melompat. Ia akan diam sejenak untuk menghimpun kekuatan. Kalau kamu cepat, dia bahkan tidak akan meninggalkan pose diam ini saat kamu menemukan dia lagi.

Masalahnya hanya sebelum dia menghimpun kekuatan ini Friede akan membuat dirinya tidak kelihatan. Jadi perhatikan baik-baik lingkungan sekitarmu, karena pendaratan Friede biasanya akan menimbulkan bunyi dan bahkan membuat jejak. Metode lain untuk menemukannya adalah menyerang Friede dengan panah. Biasanya anak panah yang menancap di tubuhnya tidak akan ikut menghilang saat ia menyamarkan diri.

5

Strategi untuk Fase 2 dan 3

Tips Dark Souls III

Kalau kamu menyelesaikan fase 1 Friede, jangan senang dulu. Fase 2 dimulai di arena yang lebih besar. Kali ini Friede pun akan dibantu oleh Father Ariandel. Untungnya HP Friede dan Ariandel dianggap sebagai satu kesatuan, jadi kamu bebas menyerang yang mana pun.

Distraksi dari Gael atau karakter yang kamu panggil bisa sangat membantu di sini, minimal untuk menarik perhatian Friede. Di antara keduanya, gerakan Father Ariandel lebih mudah diantisipasi. Celah untuk menyerangnya pun lebih mudah ditemukan. Selain itu kamu juga akan menghasilkan damage yang lebih besar bila kamu menyerang Ariandel ketimbang Friede.

Tetap saja jangan lupakan Friede saat kamu menyerang Ariandel. Friede masih memiliki serangan-serangannya sebelumnya, termasuk kemampuan menghilang, membekukan lantai, dan serangan sabitnya yang sangat kuat.

Dia juga akan memiliki satu trik lagi: Friede bisa menggunakan miracle untuk mengisi kembali HP. Saat dia menggunakan ini malah sebaiknya jangan repot-repot mengejar Friede untuk menghentikannya. Kamu justru bisa memanfaatkan momen ini untuk menyerang Ariandel dengan bebas, mumpung Friede yang pengganggu utama sedang sibuk sendiri.

Minimal kamu bisa menyakiti Ariandel sama dengan jumlah HP yang disembuhkan Friede. Terutama kalau senjata yang kamu gunakan sudah di-upgrade. 

Di fase ketiga, Friede akan mulai menggunakan sihir-sihir dark dan serangan dari atas yang mematikan. Tetap tenang, antisipasi serangannya, lalu hajar dia saat kamu mulai melihat peluang. Fase terakhir ini sama sekali tidak mudah, tapi setidaknya kamu tidak perlu lagi terlalu menghemat Estus Flask-mu.


 

Itulah tips Dark Souls III dari Duniaku.net untuk melawan Sister Friede, musuh utama dari DLC Ashes of Ariandel.  Secara keseluruhan, pertarungan ini akan benar-benar menguji kemampuanmu. Ada tiga fase, dan masing-masing fase memiliki pola sendiri yang harus diwaspadai.

 

 


SHARE
Previous articleYuk Kenalan dengan Lola Zieta, Cosplayer Imut Rising Star dari Jogja!
Next articleYuk Lihat Lebih Dekat Para Gundam di Kota-Kota Ini!
Novelis yang telah menulis cerpen Apollyon di Fantasy Fiesta 2010, Selamanya Bersamamu di Fantasy Fiesta 2011, serta novel Hailstorm dan Redfang untuk seri Vandaria Saga. Menyukai dunia video game, literatur, komik, dan tabletop game. Berharap suatu saat nanti bisa menguasai dunia lewat karya-karyanya.