Yuk Lihat Lebih Dekat Para Gundam di Kota-Kota Ini!

gundam di kota

Kamu bisa menemukan Gundam di kota-kota Jepang lho! Di mana saja dan model apa saja yang dipamerkan? Ini dia daftarnya untuk kamu-kamu yang ingin melihat!

Meski sudah ada sejak tahun 1979, Gundam ternyata masih sangat populer di berbagai kalangan. Bukan hanya bagi para fans-nya, orang awam pun pasti mengenal Gundam atau paling tidak pernah mendengar namanya. Kepopuleran tersebut juga terlihat dari banyaknya perusahaan mainan yang tidak henti-hentinya memproduksi berbagai mainan koleksi terkait robot satu ini. Mulai dari model kit Gundam, action figure Gundam sampai candy toys Gundam masih sering kita temui dan kolektornya pun sudah tersebar di seluruh dunia. Nah, jika kamu salah satunya, kamu wajib tahu nih beberapa tempat di Jepang yang terkenal akan patung Gundam-nya. Penasaran? Yuk langsung disimak!

 

1. Gundam RX-78-2 (Suginami, Tokyo)

Image by cuso4

Inilah Manfaat Mengoleksi Mainan Bagi Kolektornya

Kata siapa koleksi mainan cuma buang-buang duit? Inilah beberapa contoh manfaat mengoleksi mainan yang justru menguntungkan kolektornya!
Baca Juga

Patung Gundam di kota Suginami, Tokyo ini ada di depan stasiun Seibu Kami-Igusa. Model Gudamnya sendiri adalah Gundam RX-78-2 yang merupakan mecha asli Gundam dari seri Mobile Suit Gundam yang tayang pada tahun 1979. Dilihat dari fisiknya, Gundam ini memang tidak terlalu proporsional dan detailnya kurang rapi. Namun tetap saja patung Gundam ini memiliki daya tarik tersendiri dan mampu menjadi ikon stasiun Kami-Igusa. Ya, patung Gundam yang dibuat dari perunggu setinggi 3 meter ini selalu menjadi pusat perhatian para pengunjung stasiun tersebut. Kerennya lagi, jika kamu berkunjung ke stasiun ini kamu bisa sekalian mampir ke Sunrise Studio, sebuah rumah produksi yang pertama kali memperkenalkan anime Gundam ke dunia.

2. Gundam RX-78-2 dan Char’s Zakku II (Inagi, Tokyo)

Image by gundaminfo

Jika kamu berkunjung ke Tokyo, jangan lupa mampir ke Inagi yah. Sejak bulan Maret lalu, dua patung Gundam di kota ini siap menyambut kedatanganmu. Patung Gundam RX-78-2 dan Char’s Zakku II ini bersanding dengan Nashinosuke, maskot resmi kota Inagi dan Haro, patung Gundam lainnya. Adapun patung-patung tersebut berdiri di luar stasiun, atau lebih tepatnya di Pear Terrace dan galeri terbaru kota Inagi.

3. Life-size Gundam RX-78-2 (Odaiba, Tokyo)

Image by gamexon

Ingin melihat Gundam dengan ukuran asli? Wajib banget nih berkunjung ke Odaiba, Tokyo. Di kota ini, kamu akan melihat Gundam RX-78-2 dengan tinggi 18 meter atau seukuran aslinya. Kerennya, Gundam ini memiliki 50 bagian yang dapat memancarkan cahaya, 14 bagian yang dapat mengeluarkan asap dan juga kepala yang dapat bergerak. Selain itu, di waktu-waktu tertentu Gundam ini juga akan mempertontonkan efek geraknya ditambah dengan suara yang mirip Gundam aslinya.

4. Gundam dari Bunga (Odaiba, Tokyo)

Image by gunjap

Gundam di kota Odaiba ini dibuat dari bunga loh. Gundam dari bunga ini dibangun didekat Life-size Gundam RX-78-2 dengan memanfaatkan sekitar 10.000 bunga begonia, zinnia, dan bunga daisy. Uniknya, Gundam dari bunga ini akan berubah-rubah wujudnya, tergantung dengan musim yang sedang terjadi di Jepang.

5. Gundam RX-78-2 (Fujiyoshida, Prefektur Yamanashi)

Image by tofugu

Satu lagi patung Gundam RX-78-2 yang bisa kamu temui di Jepang. Patung ini dibuat pada tahun 2007 dan dipajang di sebuah taman hiburan bernama Fuji-Q (Fujikyu) di Fujiyoshida prefektur Yamanashi. Tidak tanggung-tanggung, Gundam ini dibangun dengan skala 1:1 atau seukuran aslinya. Sayangnya, tidak seperti Gundam Odaiba yang bisa berdiri, Gundam di Fuji-Q ini hanya dipajang dalam keadaan berbaring.

6. Gundam dari Batu (Yansu, Prefektur Shiga)

Image by sgcafe

Selain dari bunga, ternyata ada juga Gundam yang dibuat dari batu. Gundam dari batu ini terletak di Kisa Sekizai Boseki Center, Kota Yasu di Prefektur Shiga. Kisa Sekizai sendiri adalah sebuah toko pengrajin batu nisan di daerah tersebut. Berawal dari iseng, sang pemilik toko kemudian membuat patung Gundam setinggi 4 meter dan berat sekitar 10 ton. Hebatnya, meski dibuat dari batu namun patung Gundam ini terlihat proporsional dan semakin cantik dengan sedikit tambahan warnanya.

“Orang-orang yang lewat mengambil gambar patung itu dengan ponsel mereka. Dan patung itu dibahas di berbagai blog dan 4 dari 5 kelompok orang mengunjungi kami untuk melihat patung itu. Bahkan beberapa orang datang dari wilayah Kanto. Mereka menceritakan kepadaku tentang Gundam. Apa pun itu, saya senang karena patung itu dapat membuat orang lain merasa senang” kata sang pemilik toko, seperti dilansir dari situs Megindo.

 

Itulah beberapa patung Gundam yang bisa kamu temui di Jepang. Kamu bisa membahas lebih banyak seputar Gundam dengan para komunitasnya di Jakarta Convention Center pada tanggal 3-4 Desember 2016. Di acara tahunan yang diselenggarakan oleh Colony ini, kamu bisa berburu pernak-pernik anime untuk dikoleksi. Selain itu, kamu juga dapat bertemu dengan tokoh-tokoh ikonik di dunia toys & games, mengikuti berbagai kegiatan seru seperti kompetisi cosplay, rare item auction, games virtual reality dan juga mencoba motion sensor yang sedang hits.

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan kunjungi website Colony Collection Market atau hubungi cs@colony.co.id.

Artikel ini pertama diterbitkan di Colony.co.id.

SHARE
Previous articleTips Dark Souls III – Cara Mengalahkan Sister Friede dari Ashes of Ariandel
Next articlePerilisan Persona 5 Versi Global Diundur Hingga April 2017! Atlus Beri Jangka Waktu Untuk Menabung