LINE Creativate 2016, Ini Pestanya Pelaku Industri Kreatif Digital Indonesia!

LINE CREATIVATE 2016

Dengan jumlah penduduk yang besar, potensi industri kreatif digital di Indonesia tentu juga yang terbesar di Asia Tenggara. Banyak event menarik yang diselenggarakan untuk mengakselerasi pertumbuhan industri kreatif digital ini. Salah satunya adalah perusahaan instant messaging tenar dari Jepang, LINE yang selama tiga hari ini (18 sampai 20 November) 2016 menggelar event bertajuk LINE CREATIVATE!

Diawali dengan kompetisi kreatif digital pada Oktober lalu dengan target partisipasi 10.000 insan kreatif, puncak acara LINE CREATIVATE 2016 diselenggarakan tanggal 18-20 November 2016 di Mall Gandaria City dan berhasil melampaui target dan menjaring lebih dari 15.000 partisipan.

Tahun ini, LINE CREATIVATE 2016 kembali mendapat dukungan dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) untuk bersama-sama mempercepat pertumbuhan dan pembangunan ekosistem kreatif digital. Dengan berbagai kompetisi untuk LINE WEBTOON (komik digital), LINE Sticker (ilustrasi stiker), dan Game Developer yang diharapkan dapat melahirkan calon-calon superstar di bidang ekonomi kreatif, LINE CREATIVATE 2016 juga menyajikan rangkaian pameran dan seminar yang diharapkan dapat memberikan inspirasi kepada talenta-talenta kreatif digital muda.

Sejak hadir di Indonesia pada 2013, LINE telah aktif mendukung dan berkolaborasi dengan para kreator Indonesia dalam menyediakan layanan dan konten yang relevan dengan budaya dan kebutuhan lokal. LINE percaya bahwa potensi kreatif Indonesia akan semakin berkembang dan LINE akan terus mendukung insan kreatif Indonesia agar berkarya melalui platform digital.

LINE CREATIVATE 2016
Triawan Munaf, Kepala BEKRAF Indonesia

“Ini tahun kedua kami mendukung acara kreatif digital dari LINE,” ungkap Triawan Munaf, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) Indonesia seperti dikutip dari pernyataan resminya. “Kegiatan LINE CREATIVATE 2016 sejalan dengan komitmen kami mendukung ke-16 subsektor ekonomi kreatif Indonesia termasuk bidang desain grafis, animasi dan apps developer. Lebih dari itu, bersama dengan LINE kami juga telah mengadakan rangkaian roadshow di lima kota besar di Indonesia untuk menjaring talenta lokal dan memperkenalkan serta memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif agar memiliki hak kekayaan intelektual (HKI) sehingga memperkuat daya saing di pasar global,” lanjutnya.

LINE CREATIVATE 2016
Rudiantara, Menkominfo Indonesia

“Internet sekarang tak hanya sekedar untuk mencari informasi dan chatting, masyarakat kota besar kini menjadikannya sebagai gaya hidup,” tambah Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Indonesia. “Untuk itu, kami berharap industri kreatif dan digital dapat berjalan beriringan dan dapat terus dikembangkan sehingga dapat mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020. Sebagai Smart Portal kami melihat LINE telah menjadi bagian dalam masyarakat Indonesia dengan berbagai konten dan fitur yang kaya akan unsur lokal dan turut berkontribusi dalam mendukung target kami, salah satunya melalui acara LINE CREATIVATE 2016,” lanjutnya.

LINE CREATIVATE 2016
Ongki Kurniawan, Managing Director LINE Indonesia

“Kami percaya bahwa setiap orang memiliki jiwa kreatif dan dan sebagai Smart Portal, LINE bisa menjadi platform terbaik untuk eksplorasi kreativitas dan berkarya,” ungkap Ongki Kurniawan Managing Director LINE Indonesia. “Lewat LINE CREATIVATE 2016, kami ingin turut serta bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam pembangunan ekosistem industri kreatif digital. Kami ingin membuka peluang bagi para insan kreatif Indonesia untuk me-monetize, terhubung, dan menampilkan karyanya ke pasar lokal dan internasional,” tambahnya.

Untuk kompetisinya, LINE sudah menunjuk beberapa insan kreatif Indonesia untuk menjadi juri antara lain:

  • Junkoo Lim (LINE WEBTOON Founder) – Kompetisi LINE WEBTOON,
  • Joshua Simandjuntak (Deputi Pemasaran Bekraf) – Kompetisi LINE WEBTOON,
  • Annisa Nisfihani (Pemenang Kompetisi WEBTOON 2015) – Kompetisi LINE WEBTOON,
  • Faza Meonk (Kreator WEBTOON Si Juki) – Kompetisi LINE WEBTOON,
  • LINE Editorial Sticker Team – Kompetisi LINE Sticker,
  • Ari Juliano (Deputi Fasilitasi Hak Kekayaan Intelektual Bekraf) – Kompetisi LINE Sticker,
  • Junaidi Lim (Pemenang Kompetisi LINE Sticker 2015) – Kompetisi LINE Sticker,
  • Dean Kim (Lead of LINE Games Global Business for Indonesia) – Kompetisi LINE Game Developer,
  • Hari Sungkari (Deputi Infrastruktur Bekraf) – Kompetisi LINE Game Developer,
  • Eldwin Viriya (CEO Own Games, kreator game Tahu Bulat) – Kompetisi LINE Game Developer,
  • Kevin Kurniawan (Co-Founder Dicoding) – Kompetisi LINE Game Developer

Apa saja sih rangkaian acara LINE CREATIVATE 2016 selama tiga hari ini? Buka halaman 2 ya!

1
2

SHARE
Previous article5 Film Komedi Dwayne “The Rock” Johnson yang Siap Mengocok Perutmu
Next articlePecinta Anime Indonesia Semakin Dimanjakan Lewat Channel ANIMAX dari Genflix
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.