Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!

Enggak semua manga atau anime menceritakan hal-hal fantasi yang sulit dinalar oleh akal sehat. Pasalnya, beberapa manga atau anime pun tak jarang mengambil jalan cerita yang berasal dari kisah nyata.

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!

Saat membaca manga atau menonton anime mungkin kamu berharap menyaksikan banyak hal fantasi di dalamnya. Sebut saja seperti petualangan Luffy mencari one piece di Greenland atau pengejaran mimpi Naruto untuk menjadi seorang Hokage yang harus melewati berbagai macam rintangan. Tapi, nggak semua manga atau anime menceritakan hal-hal fantasi yang sulit dinalar oleh akal sehat. Pasalnya, beberapa manga atau anime pun tak jarang mengambil jalan cerita yang berasal dari kisah nyata.

Berikut ini Duniaku telah merangkum deretan manga atau anime yang berasal dari kisah nyata.

1. Barefoot Gen

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!(Dok. Madhouse/Barefoot Gen)

Jika kamu belajar sejarah, pasti masih ingat dengan kejadian bom atom Hiroshima dan Nagasaki yang terjadi pada Perang Dunia II. Momen kelam bangsa Jepang tersebut ternyata menginspirasi mangaka Keiji Nakazawa untuk menciptakan manga dan anime Barefoot Gen. Anime yang berasal dari kisah nyata ini menceritakan Keiji seorang anak yang selamat dari bencana bom atom Hiroshima. Namun ia harus kehilangan seluruh keluarganya karena tragedi tersebut. Tak hanya di Jepang, Barefoot Gen pun cukup populer di negara-negara Eropa. Bahkan anime ini juga diangkat kedalam dua anime movie dan tiga live action.

2. Rurouni Kenshin

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!Studio Gallop/Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin pertama kali dirilis tahun 1994 oleh publisher Shueisha. Manga atau anime ini berlatar belakang pada awal dari era Meiji di Jepang. Cerita berfokus kepada Kenshin Himura atau dikenal dengan julukan “Hitokiri Battousai” yang menyesali perbuatan di masa lampaunya dimana ia telah banyak membantai orang-orang tak bersalah. Kenshin berjanji untuk tidak membunuh lagi. Dari situ dimulailah perjalanan Kenshin menjadi seorang pengembara yang menggunakan pedang dengan mata pisau terbalik. Kisah Rurouni Kenshin ini berasal dari kisah nyata yang terjadi pada akhir kekuasaan Dinasti Tokugawa. Pertarungan antara ishin shishi dengan shinsengumi benar-benar terjadi dalam sejarah Jepang. Karakter Saito Hajime dan Okito Souji pun memang ada di dunia nyata dan merupakan samurai terkuat di masa itu.

3. Vinland Saga

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!afternoon.kodansha.co.jp

Manga atau anime yang berasal dari kisah nyata selanjutnya adalah Vinland Saga. Manga karya Makoto Yukimura ini pertama kali dirilis tahun 2005 dan mendapat apresiasi tinggi dari pada pembaca. Cerita Vinland Saga berasal dari kisah Bangsa Denmark yang dikenal dengan sebutan Viking yang berseteru dengan Inggris. Makoto Yukimura sendiri menarik catatan sejarah dari era ini menggunakan The Flateyjarbók, The Saga of the Greenlanders, dan The Saga of Erik the Red.

4. Mudazumo Naki Kaikaku

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!(Dok. TYO Animations/Mudazumo Naki Kaikaku)

Bisa dibilang cerita manga Mudazumo Naki Kaikaku cukup unik. Pasalnya, sang mangaka Hideki Ohwada menggambarkan kehidupan para politisi dunia yang dikemas lewat analogi strategi bermain Mahjong. Pemilihan Mahjong sendiri karena permainan ini cukup populer dan juga memiliki strategi-strategi menarik ala para politikus. Bahkan karakter-karakter yang muncul di manga ini pun merupakan tokoh-tokoh nyata pemimpin dunia seperti Junichiro Koizumi, Vladimir Putin, George W. Bush, sampai Adolf Hitler.

5. Bakuman

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!animemotivation.com

Setelah sukses bersama manga Death Note, duo Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata mencoba peruntungan lewat manga komedi berjudul Bakuman yang terbit sejak tahun 2008. Sudah bisa ditebak, kolaborasi Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata pun kembali sukses. Terbukti lewat penjualan yang lebih dari 15 juta kopi, dan sekaligus membuat Bakuman bercokol di posisi tujuh sebagai manga terlaris pada tahun 2011. Manga Bakuman menceritakan dua orang pemuda yang bercita-cita untuk menjadi mangaka. Namun siapa sangka, ternyata kisah ini berasal dari kisah nyata duo pembuat manga ini yaitu Tsugumi Ohba dan Takeshi Obata. Di sini mereka mencurahkan isi hatinya mengenai dunia mangaka yang begitu keras dan belum banyak diketahui orang.

6. Vagabond

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!cbr.com

Manga atau anime yang berasal dari kisah nyata selanjutnya adalah Vagabond. Manga karya Takehiko Inoue didasarkan dari cerita novel Musashi karya Eiji Yoshikawa. Diterbitkan di Jepang sejak tahun 1998 oleh Kodansha, versi bahasa Indonesianya diterbitkan oleh Level Comics, anak perusahaan Gramedia. Sampai saat ini, Vagabond sudah memiliki 21 volume. Cerita Vagabond diambil dari kisah nyata kehidupan Miyamoto Musashi, seorang petarung yang sangat berambisi untuk menjadi seorang pengguna pedang nomor satu di dunia. Diyakini juga jika Miyamoto Musashi berhasil memenangkan 60 duel pedang semasa hidupnya.

7. Sengoku Basara

Siapa Sangka 7 Manga dan Anime Ini Ternyata Berasal dari Kisah Nyata!(Dok. Production I.G/Sengoku Basara)

Anime ini mengambil latar di era Sengoku tahun 1493-1497, menceritakan dua orang samurai Masamune Date dan Sanada Yukimura. Kedua samurai tersebut bersatu dan membentuk aliansi untuk melawan musuh utama mereka, Oda Nobunaga dan para pengikutnya. Kira-kira apalagi manga atau anime yang diambil dari kisah nyata menurutmu?

Baca Juga: Rekomendasi 10 Anime Fantasi dengan Jalan Cerita yang Tidak Biasa!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU