Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Animanga Attack on Titan terkenal memiliki sangat banyak korban jiwa. Adegan kematian mana yang paling sedih? Ini daftarnya versi Duniaku.net!

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Animanga Attack on Titan terkenal memiliki sangat banyak korban jiwa. Adegan kematian mana yang paling sedih? Ini daftarnya versi Duniaku.net!

Mengingat ultralist animanga Attack on Titan ini berhubungan dengan kematian, jelas kalau isinya akan sangat, sangat mengandung spoiler. Mungkin kamu sudah menduganya sejak membaca judulnya. Jadi kalau kamu belum mengikuti AoT hingga bab terbaru, disarankan untuk menganggap peringatan besar-besar di bawah sebagai kesempatan terakhir untuk mundur.

Apalagi kalau kamu bahkan belum pernah membaca atau menonton Attack on Titan sama sekali.

SPOILER ALERT!!

[read_more id="277849"]

[page_break no="1" title="Kematian Carla Yeager"]

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Adegan kematian di bagian awal kisah ini sudah menegaskan kalau Attack on Titan akan berbeda dari animanga kebanyakan. Ada Hannes, yang bisa mencoba menolong tapi terlalu gentar. Lalu ada kematian Carla sendiri, yang awalnya terlihat teguh dan siap untuk berkorban... namun mendadak ragu karena mengingat memori indah bersama keluarganya. Perubahan pikiran ini tak menyelamatkannya dari dikunyah dengan brutal.

Tapi bukan hanya itu saja yang membuat kematian Carla termasuk sebagai kematian paling sedih dari seluruh animanga Attack on Titan. Baru-baru ini juga terungkap kalau pembunuh Carla adalah Dina, istri pertama Grisha. Dina sendiri adalah wanita baik yang sejak dijadikan titan kehilangan akal budinya, jadi ia mungkin tak pernah menyadari tindakan ini. Level tragedi dari kejadian ini pun meningkat....

Walau harus diakui, ada juga komedi kelam dari melihat istri pertama memakan istri muda.

[page_break no="2" title="Kematian Seluruh Unit Levi"]

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Insiden brutal yang pasti sudah menohok fan animanga Attack on Titan. Saat ini terjadi, Petra, Oluo, Eld, dan Gunther sudah mulai membaur dengan Eren - setelah perkenalan yang cukup dingin. Tim Levi ini juga sudah ditampilkan sebagai elit, masing-masing memiliki rekor membunuh titan yang tidak sedikit.

Lalu Eren melihat mati satu demi satu hingga tak ada yang tersisa. Bahkan Levi yang dingin dan sudah biasa melihat kematian Survey Corps pun terpukul dengan kejadian ini. Tak mengherankan, mendengar ada teori kalau Petra dan Levi sebenarnya saling menyukai satu sama lain.

[page_break no="3" title="Kematian-Kematian dalam Pertempuran Trost"]

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Begitu banyak prajurit dan rakyat jelata yang tewas dalam pertempuran Trost. Termasuk di antaranya adalah rekan-rekan yang telah sangat dikenali Eren, Mikasa, dan Armin. Sebut saja Mina Carolina, yang dari penampilannya yang moe dan sifatnya yang baik sekilas terlihat seperti ditakdirkan berumur panjang. Atau Franz, yang sangat mencintai Hannah namun pada akhirnya mati dengan mengenaskan.

Bahkan Eren sendiri hampir masuk ke dalam daftar korban jiwa pertempuran Trost, membuat seluruh insiden ini terasa lebih pahit. Untungnya Eren bangkit menjadi titan dan memberi harapan kepada rekan-rekannya sebelum Jean, Armin, dan Mikasa ikutan tumbang juga.


 

Itu baru tiga. Kematian apa lagi yang paling menyedihkan dari animanga Attack on Titan? Kamu bisa melihat lanjutannya di halaman kedua!

[page_break no="4" title="Kematian Erwin Smith"]

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

[read_more id="279893"]

Sang komandan yang menjadi otak utama Survey Corps tewas setelah menderita cidera parah. Ada beberapa faktor yang membuat kematian ini terasa istimewa. Yang pertama? Erwin tahu ia akan mati.

Tak seperti Mike, Carla, dan banyak nama lagi yang kehilangan ketenangan di ambang maut, Erwin tidak pernah terlihat takut saat ia memimpin kavaleri bunuh diri untuk menerjang Beast Titan. Padahal terungkap kalau Erwin sudah merencanakan serbuan kavaleri itu sebagai distraksi agar terbuka celah bagi Levi untuk menyerang.

Kedua, Erwin membuktikan ketangguhan dirinya dengan masih hidup setelah perutnya berlubang. Ia bahkan masih bisa diselamatkan. Namun saat harus memilih antara menyelamatkan dia dan Armin, sempat terjadi perang saudara antara Levi dengan Mikasa dan Eren.

Pada akhirnya, justru Levi yang memutuskan untuk membiarkan Erwin meninggal dengan tenang. Ia rasa komandannya itu berhak untuk beristirahat setelah semua yang ia hadapi dan lakukan.

[page_break no="5" title="Kematian Hannes"]

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Hannes yang tak mampu menyelamatkan Carla mencoba menebus kesalahannya dengan ikut menolong Eren. Apa yang ia lakukan?

Ia ikut dalam misi penyelamatan dan cukup berperan di beberapa momen vital di sana. Ia bahkan mendapat kesempatan untuk membalas dendam saat Dina versi titan datang untuk menyerang Mikasa dan Eren. Sayang ia gagal memanfaatkan kesempatan itu.

Dulu, Hannes terlalu takut untuk menolong Carla. Namun ini membuktikan kalau rasa takutnya beralasan. Sejak awal ia memang tidak akan selamat bila mencoba menghadapi versi titan Dina Yeager. Sangat tragis melihat pada akhirnya ia tewas dengan titan yang sama yang menyebabkan kematian ibu kandung Eren.

[page_break no="6" title="Kematian Berthold"]

Inilah 6 Kematian Tersedih dari Animanga Attack on Titan!

Tak seperti Reiner, Berthold selalu disajikan sebagai prajurit yang tenang dan profesional. Ia pun menderita harus menyebabkan kematian dari orang-orang yang menganggapnya sebagai sahabat. Namun ia selalu bisa mengendalikan diri, tidak pernah sampai menderita PTSD dan kepribadian ganda minor seperti Reiner.

Lalu twist: Berthold yang wujud Colossal Titannya dianggap sebagai maskot animanga Attack on Titan justru tertangkap dan dikurbankan ke Armin. Ketenangan Berthold lenyap sepenuhnya, digantikan rasa takut yang begitu kuat.

Berthold sama jelas bukan orang suci. Wujud Colossal Titannya sudah menyebabkan kerusakan besar ke umat manusia di balik tembok pulau Paradis. Namun melihat eksekusinya yang begitu dingin dan tanpa ampun cukup menggetarkan hati pembaca juga.


 

Itulah enam kematian tersedih dari animanga Attack on Titan. Namun sudah jelas kalau ini hanya sebagian kecil dari banyak sekali adegan kematian di serinya, terutama di versi manga yang sudah berjalan lebih jauh.

Ada kematian yang kamu rasa layak juga dicantumkan ke daftar ini? Kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar!

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU