Kamu Harus Nonton 7 Film Ini Saat Bingung Menentukan Pilihan Hidup

film inspiratif

Sesungguhnya, hidup menawarkan begitu banyak keindahan yang seringkali dilupakan. Hidup memang tidak selamanya indah, masalah sudah tentu akan terus berdatangan silih berganti. Nah, ketika kamu merasa bahwa hidupmu berantakan dan tak bermakna, mari belajar dari deretan film inspiratif berikut ini.

1

The Pursuit of Happyness

film inspiratif

Chris Gardner (Will Smith) adalah seorang ayah yang rajin, penuh semangat, dan memiliki impian yang sangat tinggi. Demi menghidupi anaknya yang masih kecil, ia rela membanting tulang. Dengan segala keterbatasannya, ia berhasil menjadi pialang saham setelah sebelumnya berjuang sebagai seorang sales.

Film ini mengajarkan kamu bahwa tidak ada yang mudah di dunia ini. Namun, meski begitu, usaha dan kerja keras sesungguhnya tidak akan mengkhianati hasilnya.

2

Forrest Gump

film inspiratif

Bila kamu berpikir sebagai seseorang yang paling menderita di dunia, lupakanlah. Kamu mungkin akan lebih bersyukur setelah menonton kisah perjuangan Forrest Gump (Tom Hanks) saat bangkit dari keterpurukan.

Meski terlahir dengan keterbelakangan mental dan kaki yang susah bergerak, Forrest Gump tetap berusaha untuk bertahan. Hidupnya berubah dan menginspirasi semua orang saat ia mengetahui kemampuannya dalam berlari cepat.

3

The Social Network

film inspiratif

Facebook mungkin adalah salah satu inovasi paling menakjubkan yang pernah ada di abad ini. Kamu pun mungkin tidak akan menyangka bila penemunya masih berusia muda. Perjalanan Mark Zuckerberg menuju sukses juga membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil selama kamu terus berusaha.

Mark Zuckerberg adalah mahasiswa Harvard University yang memutuskan untuk membuat situs jejaring sosial pasca putus dari kekasihnya. Situs itu semakin populer hingga menarik perhatian beberapa orang untuk berbisnis dengannya. Sayang, perjalanannya tidak semulus perkiraannya karena mendapat tuntutan dari berbagai pihak.

4

The Help

film inspiratif

Buat kamu yang cukup sering memojokkan kaum minoritas, sebaiknya kamu menonton film The Help. Setelah itu, mungkin kamu akan benar-benar mengakhiri kebiasaan tersebut.

Permasalahan kaum kulit hitam di Amerika Serikat adalah isu yang coba diangkat Tate Taylor. Banyaknya diskriminasi kaum kulit putih terhadap masyarakat Afro-America menggerakan hati Skeeter (Emma Stone) untuk memutus rantai diskriminasi lewat sebuah buku.

5

The Aviator

film inspiratif

Film inspiratif berikutnya merupakan film keluaran tahun 2004 yang dibintangi Leonardo DiCaprio, The Aviator. DiCaprio berperan sebagai Howard Hughes, pemuda kaya sekaligus ahli waris kekayaan orang tuanya.

Meski kaya, Hughes tidak cepat berpuas diri. Lewat uangnya tersebut, ia berusaha untuk memproduksi film dan membeli perusahaan penerbangannya sendiri.

6

The Secret Life of Walter Mitty

film inspiratif

Selain menyajikan lokasi-lokasi adegan yang memorabel, film ini juga memberikan kesan lain sebagai film inspiratif. Kisah perjalanan Walter Mitty (Ben Stiller) adalah alasannya. Kisahnya sungguh mengajarkan kamu sebagai penonton bahwa tidak ada yang dapat mengubah keadaan selain dirimu sendiri.

Demi mengakhiri kebosanan dalam hidupnya, Walter Mitty melakukan sebuah perjalanan. Perjalanan yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya itu berawal dari penemuan sebuah negatif film milik fotografer terkenal yang fotonya akan ia jadikan sampul majalah. Ia pun memutuskan untuk mencari Sean O’Connell, fotografer yang dimaksud.

7

Awakenings

film inspiratif

Saat kamu mulai merasa bahwa hidupmu tidak istimewa, mungkin kamu harus belajar dari seorang penderita radang syaraf dalam film Awakenings.

Film keluaran tahun 2000-an ini diangkat dari sebuah kisah nyata yang berlatar tahun 1969. Ceritanya sendiri berpusat pada usaha seorang dokter yang tengah meneliti penyakit syaraf di sebuah Rumah Sakit. Meski berkali-kali gagal, seorang pasien bernama Leonard (Robert De Niro) menaruh harapan dan percaya bahwa tidak akan ada usaha yang sia-sia.

Film inspiratif yang telah disebutkan di atas mengajarkan kita bahwa akan selalu ada harapan selama kita memercayainya.

Apakah ada judul film inspiratif lainnya yang terlewat? Sampaikan di kolom komentar, ya!

Diedit oleh Arya W. Wibowo