5 Misi Watch Dogs 2 yang Terinspirasi dari Kejadian Nyata

Misi Watch Dogs 2
Image credit: Ubisoft

Tahukah kamu kalau ada beberapa misi Watch Dogs 2 yang terinspirasi dari kejadian nyata? Yang mana saja? Inilah dia daftarnya!

Sebelumnya, pembahasan mengenai misi-misi Watch Dogs 2 ini mungkin mengandung spoiler. Jadi kalau yang belum main, atau belum tamat, dan ternyata tidak ingin pengalamannya berkurang tidak dianjurkan untuk membaca.

Untuk yang tidak main atau belum menyelesaikan Watch Dogs 2 tapi sekedar penasaran, tentunya tidak ada masalah.

SPOILER ALERT!!

1

Gene Carcani - Martin Skhreli

Misi Watch Dogs 2

Memperingati Hari Guru, Inilah 6 Guru Terkuat dari Dunia Game

25 November adalah Hari Guru Nasional. Untuk memperingati dan sekaligus menginspirasi, inilah enam guru terkuat yang berasal dari dunia game!
Baca Juga

Salah satu misi Watch Dogs 2 mengharuskan kamu untuk menjahili seorang pria bernama Gene Carcani. Sebagai eksekutif perusahaan farmasi yang seenaknya menaikkan harga pengobatan penyakit berbahaya, dan juga berjulukan “orang paling dibenci di Amerika,” Gene Carcani didasarkan dari Martin Skhreli.

Martin Skhreli

Di game ini, Gene Carcani mencoba menjadi satu-satunya pemilik lagu baru dari seorang penyanyi rap. (Dengan bayaran yang tidak sedikit, Carcani akan memiliki lagu itu dan Bobo Dakes selaku penyanyi tidak bisa merilisnya). Di dunia nyata, Skhreli pun pernah mencoba membeli Life of Pablo dari Kanye West.

2

Steven Bader - Aaron Barr

Image credit: Gamepur
Image credit: Gamepur

Bos dari perusahaan Haum ini diincar DeadSec karena tantangan terbuka yang ia ajukan terhadap kelompok itu di televisi. Karir Bader dan perusahaannya merosot setelah DeadSec menanggapi tantangan tersebut dengan sangat, sangat efektif.

Kasus Bader mengingatkan apa yang terjadi pada Aaron Barr dari HBGary. Yang diincar oleh Barr adalah grup Anonymous. Barr mengatakan dirinya mengetahui siapa saja pemimpin utama Anonymous, yang seharusnya tak memiliki pemimpin itu. Alih-alih berhasil memberi kerusakan kepada Anonymous, justru grup Anonymous yang menyerang balik Barr dan HBGary setelah Barr menyampaikan sesumbarnya ke media.

Seberapa parah? Penny Leavy sang bos utama HBGary saat kejadian itu sampai harus meminta langsung ke Anonymous untuk melupakan kisruh dengan Barr ini. Kamu bisa membaca skandal yang dengan cepat menjadi komedi kelam itu lewat artikel Wired.

3

New Dawn - Scientology

Image credit: Ubisoft
Image credit: Ubisoft

Ada organisasi religius bernama New Dawn di dunia Watch Dogs 2. Anggota mereka terdiri dari aktor Hollywood seperti Jimmy Siska, yang lalu mereka peras uangnya. Saat ada pihak luar yang ingin menyerang mereka, mereka melakukan black campaign besar-besaran untuk mengusik pihak itu. Contohnya diperlihatkan di awal-awal game, saat New Dawn membeberkan operasi transgender politikus Miranda Comay.

Saat ada anggota kelompok yang mulai curiga atau ingin memberontak, maka si anggota diculik dan disekap untuk indoktrinasi atau sekalian dilenyapkan.

Modus operandi New Dawn sangat mirip dengan grup Scientology. Bukan kebetulan kalau di dunia nyata, Anonymous yang menjadi inspirasi DedSec juga memprotes Scientology lewat gerakan Project Chanology. Tentu saja, model perlawanan Project Chanologi tidak seperti yang diambil Marcus dan kawan-kawan di game ini.

4

Mark Truss - Fusion Hillary Clinton - Donald Trump

donald trump

Salah satu misi Watch Dogs 2  menempatkanmu untuk mengungkap kecurangan politikus Mark Truss. Slogan, gender Truss, serta kandidat saingannya yang perempuan mungkin akan mengingatkanmu kepada Trump. Bahkan nama belakangnya saja hanya beda dua huruf. Tapi taktik-taktik menutupi kesalahan Truss lebih mengingatkan kepada Hillary Clinton.

Kebetulan bos media sosial yang membantu Thruss, Mary Catskill, juga terasa lumayan mirip dengan Hillary. Setidaknya dari sisi pilihan warna pakaian.

5

!nvite - Facebook

facebook-aman

Ngomong-ngomong soal Mary Catskill, wanita itu disajikan sebagai bos dari medsos !nvite di dunia game Watch Dogs 2. !nvite terungkap memanfaatkan penggunanya yang sangat, sangat banyak dengan menggiring opini mereka untuk memilih Truss. Caranya? Memprioritaskan postingan positif Truss dan iklan-iklan untuk kandidat yang satu itu. Walau tak diperlihatkan, cara lain yang sepertinya juga diambil adalah menjelekkan nama rival Truss.

Belum terbukti kalau Facebook benar-benar melakukan semua itu. Tapi memang tudingan seperti ini sempat mencuat di tengah kehebohan konflik capres Amerika sana. Mudah saja membayangkan para karyawan Ubisoft terinspirasi memasukannya menjadi bagian dari misi Watch Dogs 2.


Itulah lima misi Watch Dogs 2 yang terasa sekali terinspirasi dari kejadian dunia nyata. Apakah kamu menemukan misi lain yang juga memiliki basis serupa? Kalau ada, dan misi itu belum tercantum di daftar ini, kamu bisa menyampaikannya di kolom komentar!