Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!

Sinetron Tukang Haji Naik Bubur sih gak ada apa-apanya dibanding 7 sinetron ini!

Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!

Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Tanpa kita sadari, sebenarnya tayangan TV Indonesia sedang dijajah. Dijajah oleh serbuan deretan sinetron yang selalu hadir di jam prime time. Mungkin bukan jadi masalah jika serial sinetron tersebut memberikan hiburan sekaligus nilai edukasi. Namun sayangnya, kebanyakan sinetron Indonesia malah hanya memperhatikan hiburannya saja. Terlebih dengan alur cerita yang rumit tanpa arah tujuan yang jelas sehingga membuat jumlah episodenya membengkak sampai ribuan.

Namun sinetron Indonesia yang memiliki ribuan episode itu, bukan ada apa-apanya jika dibandingkan dengan tujuh acara TV terpanjang di dunia berikut ini.


[page_break no="7" title="The Young and The Restless"]


Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Mari kita mulai dari sebuah acara TV Amerika berjudul The Young and The Restless. Tayang sejak 26 Maret 1973, serial televisi ini memiliki lebih dari 10 ribu episode sampai tahun 2014 lalu. Meskipun memiliki jumlah episode yang begitu banyak, namun tak membuat para penontonnya bosan. Bahkan The Young and The Restless masih menjadi acara TV favorit.

The Young and The Restless menceritakan dua buah keluarga yang memiliki kesenjangan sosial, yakni si kaya dan si miskin. Namun cerita semakin rumit dengan munculnya keluarga-keluarga lain yang memiliki latar belakang berbeda.


[page_break no="6" title="All My Children"]


Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Acara TV terpanjang selanjutnya masih datang dari negeri Paman Sam. Tayang sejak 5 Januari 1970, All My Children baru berakhir pada tahun 2011 lalu dan memiliki jumlah 10.712 episode. Selain ceritanya yang begitu kompleks, salah satu nilai jual dari acara TV terpanjang ini adalah aktor utamanya yang cukup terkenal yakni Erica Kane.

Meskipun sudah resmi berakhir, namun sang produser menyatakan tak menutup kemungkinan jika suatu saat All My Children bakal dilanjutkan kembali.


[page_break no="5" title="One Life to Live"]


Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Dengan jumlah episode sebanyak 11.096, membuat One Life to Live berada di posisi kelima sebagai acara TV terpanjang sampai saat ini. Tayang sejak 15 Juli 1968 sampai 13 Januari 2012, acara ini cukup mengundang banyak kontroversi. Pasalnya, One Life to Live sering mengangkat isu sara dan sosial ekonomi yang di mana saat itu merupakan hal yang sensitif.

One Life to live terpaksa harus berhenti mengudara karena tingginya biaya dan rating yang semakin rendah.

LANJUT KE HALAMAN DUA


[page_break no="4" title="Days of Our Lives"]


Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Acara TV yang bergenre opera sabun ini memiliki jumlah 11.679 episode yang tayang sejak 8 November 1965. Berbeda dengan acara TV terpanjang di dunia lainnya, para aktor dan aktris di Days of Our Lives tidak pernah berganti semenjak film ini tayang sampai sekarang.

Selain itu, Days of Our Lives juga terkadang menampilkan episode yang agak tabu untuk masyarakat Amerika, yang di mana drama lain tidak berani untuk menayangkan episode seperti itu.


[page_break no="3" title="General Hospital"]


Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Dinobatkan oleh Guinness Book of World Records sebagai opera sabun Amerika terpanjang yang masih diproduksi, General Hospital memiliki lebih dari 12.989 episode dan terdiri dari 50 musim. Jumlah itu pun masih bisa berlanjut mengingat acara TV ini masih tayang sampai sekarang.

Seperti judulnya, General Hospital menceritakan drama kehidupan sehari-hari yang berlatar pada sebuah rumah sakit. General Hospital juga sempat disebut sebagai serial terpanjang yang diproduksi di Hollywood, dan program hiburan terlama dalam sejarah televisi ABC.


[page_break no="2" title="As The World Turns"]


Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Di urutan kedua, lagi-lagi diisi oleh acara TV bergenre opera sabun yang berjudul As The Wolrd Turns. Mulai mengudara sejak 2 April 1956, acara ini baru berhenti tayang 54 tahun kemudian tepatnya pada 17 September 2010 karena rating yang semakin rendah.

Meskipun begitu, As The World Turns sempat menjadi acara favorit, terbukti selama 12 tahun berturut-turut acara TV terpanjang ini memegang rating tertinggi di Amerika pada tahun 1959 sampai 1970.


[page_break no="1" title="Guiding Light"]


Ngalahin Tukang Bubur Naik Haji, Inilah 7 Acara TV dengan Episode Terpanjang di Dunia!Tayang selama 58 tahun dari 30 Juni 1952 dan memiliki 15.765 episode, menjadikan serial Guding Light masuk Guinnes Book of Record sebagai acara TV terpanjang di dunia hingga saat ini. Uniknya, produser dari film yang mengudara pertama kali tahun 1937 lewat radio ini merupakan produser dari As The World Turns juga.

Bergenre opera sabun, acara ini cukup digemari di Amerika. Terbukti dari penambahan durasi tayang yang tadinya 15 menit menjadi 60 menit. Namun sayang, acara TV terpanjang ini harus berakhir karena rating yang kian menurun.

[read_more id="277389"]

Nah terbukti kan jika sinetron Indonesia maupun drama India bukan tandingan bagi tujuh acara TV terpanjang di atas!

Diedit oleh Arya W. Wibowo

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU