Tepat Hari Ini, Google Rayakan Ulang Tahun Drs. Suyadi Alias Pak Raden

Mari ucapkan selamat ulang tahun kepada Drs Suyadi yang telah berjasa menciptakan serial boneka Si Unyil yang sarat akan edukasi!

Tepat Hari Ini, Google Rayakan Ulang Tahun Drs. Suyadi Alias Pak Raden

Tepat Hari Ini, Google Rayakan Ulang Tahun Drs. Suyadi Alias Pak Raden

Tahukah kamu jika hari ini, 28 November 2016 merupakan hari ulang tahun dari salah satu seniman legendaris Indonesia, Drs. Suyadi atau lebih dikenal dengan nama Pak Raden. Untuk memperingati hari ulang tahun pria yang lahir di Jember tersebut, laman pencarian Google menampilkan doodle khusus yang memperlihatkan beberapa sosok yang identik dengan serial legendaris "Si Unyil".

Dalam doodle tersebut, terlihat beberapa tokoh seperti Unyil, Pak Ogah, Meilani, dan Pak Raden. Lalu di antara tokoh kartun anak itu, hadir juga sosok Drs Suyadi yang notabene merupakan pecipta dari tokoh Unyil dan kawan-kawan sekaligus pemeran dari Pak Raden.

Pada 30 Oktober 2015, Suyadi menghembuskan nafas terakhirnya pada usia ke-82 di Rumah Sakit Pelni dan dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta. Duka mendalam langsung menyelimuti dunia seni Indonesia, mengingat bagaimana jasa Suyadi menciptakan Si Unyil agar terdapat acara mendidik untuk anak-anak Indonesia pada tahun 1980-an.

Tepat Hari Ini, Google Rayakan Ulang Tahun Drs. Suyadi Alias Pak Raden

Semasa hidup, pria yang terkenal dengan kumis tebalnya ini pernah mengenyam pendidikan di jurusan seni rupa Institut Teknologi Bandung (1952-1960), lalu dilanjut meneruskan belajar animasi ke Prancis (1961-1963).

Ilmu yang diperoleh selama belajar animasi benar-benar dimanfaatkan Suyadi setibanya kembali ke tanah air. Lewat serial boneka Si Unyil, Suyadi mampu memberikan tontonan menghibur dan mengedukasi anak yang sarat akan nilai-nilai budaya Indonesia.

Seperti diketahui, Si Unyil adalah serial boneka yang menceritakan kisah hidup tokoh Unyil dan teman-temannya yang dibalut dengan kondisi sosial dan budaya Indonesia saat itu. Beberapa tagline yang terdapat dalam film ini pun masih melekat diingatan kita, seperti “hom pim pah alaiyum gambreng” atau “cepek dulu dong” yang sering diucapakan oleh Pak Ogah.

Si Unyil pun menjadi salah satu tokoh favorit anak sampai saat ini. Tak mengherankan, karya Suyadi ini sempat beberapa kali mendapatkan format ulang untuk mencocokan dengan perkembangan zaman. Contohnya lewat judul Laptop Si Unyil yang tayang di Trans 7, di mana Suyadi juga turut berperan sebagai Pak Raden.

[read_more id="276423"]

Meski Suyadi sudah tiada, namun karya-karyanya akan selalu abadi dan mengedukasi. Selamat ulang tahun Drs. Suyadi alias Pak Raden.

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU