Seminar BEKRAF Game Prime: Pengaruh Besar YouTuber Gaming Bagi Kemajuan Industri Game Indonesia

youtube gamingSelain menjadi tempat berkumpulnya para developer dan pelaku industri game, BEKRAF Game Prime 2016 juga turut dihadiri oleh para YouTuber gaming yang belakangan menjadi fenomena tersendiri di jagat internet.

Dewasa ini, YouTube bukan lagi sekedar media sosial yang hanya diperuntukan mencari hiburan dan pengetahuan, lebih dari itu YouTube merupakan lahan bisnis baru untuk meraup pundi-pundi rupiah yang cukup menggiurkan. Hal ini pun ditopang dengan sebuah data pertumbuhan jumlah video yang diunggah pengguna YouTube dari Indonesia paling besar dibandingkan negara lain di kawasan Asia Pasifik.

Peningkatan di Indonesia dari tahun ke tahun mencapai 600 persen berdasar data kuartal ketiga 2015 dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini lebih besar tiga kali lipat dari negara lain di Asia Pasifik.

Sebut saja para YouTuber gaming yang berhasil memanfaatkan popularitas YouTube di Indonesia sebagai profesi menjanjikan. Merekam aktivitas saat bermain game lalu mengunggahnya ke YouTube nyatanya berhasil menjaring banyak penonton.

Namun selain mendatangkan keuntungan dari setiap konten yang dibuat, apakah YouTuber gaming ini juga memiliki pengaruh besar bagi industri game Indonesia yang sedang berkembang belakangan ini?

youtuber gamingDalam sesi seminar BEKRAF Game Prime 2016 yang bertajuk “Game Review By Indonesian Youtuber: Calamity Before Storm?” dua YouTuber gaming yang sudah memiliki ratusan ribu subscriber, MiawAug dan PokoPow berbagi pengalaman bagaimana impact YouTuber bagi untuk industri game Indonesia saat ini.

Dalam diskusi santai itu, mereka menjelaskan selain sebagai bentuk pengekspresian diri, YouTube bersama para YouTuber bisa menjadi sarana baru dalam membantu para developer game memperkenalkan game itu sendiri. Sebagai orang yang cukup populer di bidangnya, YouTuber memiliki ribuan fans yang cukup loyal sehingga memudahkan para developer game mempromosikan game-game baru.

Salah satu contoh konkretnya ketika developer game mobile papan atas dari Jakarta, Touchten Games menggandeng seorang YouTuber gaming Reza Arap Oktovian dalam proyek pembuatan game mobile berjudul Rapstrounout: Space Journey!

Popularitas Reza Arap Oktovian yang memiliki lebih dari 800 ribu subscriber, membuat game Rapstrounout: Space Journey! pun dengan cepat dikenal masyarakat dan telah diunduh lebih dari 18 ribu kali hingga saat ini.

Seminar BEKRAF Game Prime: 5 Tips Penting Bagi Kamu yang Ingin Membuat Game Mobile

Tertarik untuk membuat game mobile? perhatikan lima tips penting dari Adam Ardisasmita selaku CEO dan co-founder Arsanesia
Baca Juga

Selain Reza, rencananya tahun depan YouTuber Gaming MiawAug juga akan bekerja sama dengan sebuah developer game dalam menggarap proyek game. Dan bukan tak mungkin di masa depan, lewat pengaruhnya yang cukup besar, akan semakin banyak para pelaku di industri game Indonesia yang ingin bekerjasama dengan para YouTuber gaming.

Diedit oleh Arya W. Wibowo