Colony Collection Market 2016, Wadahnya Para Kolektor Mainan dan Game

Colony Collection Market 2016

Siang ini, pada hari Sabtu 3 Desember 2016 acara Colony Collection Market pun digelar. Diadakan di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Colony Collection Market yang berjalan hingga hari Minggu 4 Desember besok adalah sebuah event yang wajib kamu datangi kalau kamu punya ketertarikan dengan dunia mainan dan game — baik kamu yang memiliki jiwa kolektor maupun hanya suka melihat-lihat saja.

Dalam acara pembukaannya di jam 11:00 siang tadi para pendiri Colony: CEO Elvina Tineke, COO Jufery Chen, CTO Albert Paris, dan partner dari SACCA Production Riza Satyagraha hadir di panggung utama untuk menyambut para pengunjung dan awak media yang sudah hadir di lokasi.

Colony Collection Market 2016
ki-ka: Jufery Chen, Elvina Tineke, Albert Paris, Riza Satyagraha

Elvina pun menjelaskan, Colony.co.id sendiri merupakan situs yang bertujuan untuk menjadi fasilitator para kolektor mainan, baik saling berbagi informasi maupun untuk melelang koleksi mereka. Dari Colony, mereka ingin membuktikan kalau hobi bisa menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai ekonomis di masa depan, tidak hanya membuang-buang uang saja.

Bagi mereka, membentuk Colony merupakan salah satu cara untuk men-“digitalize” hal-hal yang orang suka — alias hobi — dengan menjadi suatu platform untuk komunitas-komunitas hobbyist di luar sana. Acara Colony Collection Market sendiri didorong oleh berbagai komunitas di dalamnya, Elvira pun mengungkapkan kalau kegiatan di dalamnya seperti Overwatch Competition merupakan inisiatif dan diadakan oleh komunitas gaming dan bukan dari Colony sendiri.

Sesuai tajuknya, “Colony Collection Market: Toys & Games,” event perdana Colony ini mengundang para penggemar mainan dan game untuk bertemu dan berbagi pengalaman dan bersenang-senang di sini. Dan mereka berharap ini akan menjadi acara tahunan, dengan tema yang berubah-ubah setiap tahunnya.

“Mohon enjoy event ini. Event ini sengaja dibuat memang buat temen-temen. Jadi jangan kaku-kaku atau gimana. Dan thank you untuk partisipasinya sekalian,” tutup Elvira.

Jujur saja, saya tidak sempat berkunjung lama di acara ini. Namun sejauh mata memandang, banyak sekali mainan yang bertebaran. Baik dijual di booth-booth maupun dipajang oleh berbagai stand komunitas. Entah apakah karena masih pagi atau jarak yang disediakan untuk tiap booth memang lowong, Colony Collection Market yang diadakan di Jakarta Convention Center ini terasa luas, jadi enak untuk berjalan-jalan dan window shopping.

Colony Collection Market 2016
Godzilla vs …Ultraman? Saya udah lama nggak ngikutin Ultraman jadi nggak yakin.
Colony Collection Market 2016
LEGO Star Wars selalu menjadi “pengunjung setia” di acara seperti ini.
Colony Collection Market 2016
Palu Thor (Mjölnir ah, norak amat) nyangsang di Jakarta.

Beragam mainan yang dipamerkan komunitas kolektor seperti Order 66, Dragon Ball Indonesia, dan lain-lain pun berjejer dengan apik di bagian Community Area; yang sayangnya agak sempit sehingga saat acara mulai ramai jadi terasa cukup sesak.

Colony Collection Market 2016
Power Rangers atau Super Sentai bertema ninja yang saya lupa judulnya…
Colony Collection Market 2016
Booth Order 66 yang tentunya penuh dengan pernak-pernik Star Wars.
Colony Collection Market 2016
Komunitas itasha — alias komunitas “mobil yang sangat memalukan.” Lah, serius, cek aja Wikipedia!

Tapi tidak hanya mainan saja. Terdapat booth-booth yang pastinya bakal disukai oleh para gamer. Ada tempat untuk bermain game fighting era Dreamcast dan PS4, maupun tempat untuk mencoba permainan virtual reality dengan PC canggih yang sedang digandrungi akhir-akhir ini.

Colony Collection Market 2016
Pertandingan Blazblue
Colony Collection Market 2016
…ada STEEL BATTALION, KYAAA~

Tidak ketinggalan ada juga orang-orang yang hadir dengan mengenakan kostum karakter-karakter populer; alias cosplay. Sayangnya saat saya di sana, belum banyak cosplayer yang lalu-lalang.

Colony Collection Market 2016
Empire vs MSI.
Colony Collection Market 2016
Asuka dari Evangelion
Colony Collection Market 2016
Super Wibu, sudah pakai armor samurai bawa-bawa bendera Love Live. Semoga masa depan anak kecil itu tidak sesuram dia…

Semua kegiatan di atas merupakan persembahan dari Colony dan didukung oleh Klub LEGO Indonesia, Toygraphy ID, Gotham Citizen Club, Superman Fans of Indonesia, Blizz Gamers Indonesia, Indo Startrek, Indonesia Sculptor Republic, Komunitas One Piece Kolektor Indonesia, Ita Indonesia, Saint Cloth Myth Indonesia, Ferrari Diecast Owner’s Club Indonesia, Komunitas Action Figures Indonesia, Gundam Community Indonesia, Behind The Scene Toys Photography, Jakarta Saber, Doki-Doki Station, S.H. Figure Arts Indonesia, Order 66, Komunitas Dragon Ball Indonesia, Arcanum, dan Transformers Community sebagai Community Partner.