Website Resmi IGRS Akhirnya Diluncurkan! Apa Saja Isinya?

website resmi IGRS

Seperti yang sudah diberitakan sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sudah meresmikan sistem rating game Indonesia atau yang juga dikenal dengan Indonesia Game Rating System (IGRS) pada awal Agustus 2016 kemarin. Peresmian tersebut adalah puncak dari berbagai diskusi dan uji publik yang sudah dilakukan selama beberapa tahun terakhir dengan melibatkan banyak para pelaku industri. Namun ada satu yang kurang, ternyata peresmian tersebut tidak dibarengi dengan perilisan website resmi IGRS yang akan menjadi rujukan utama bagi yang ingin mendapatkan informasinya.

website resmi IGRS
Klasifikasi rating dalam IGRS

Nah, bertepatan dengan perhelatan BEKRAF Game Prime 2016 yang berlangsung 29 dan 30 November kemarin, website resmi IGRS akhirnya resmi meluncur. Website resmi IGRS ini berisi banyak hal dan informasi seputar IGRS, mulai dari bagaimana klasifikasinya, game-game apa saja yang sudah terdaftar dalam IGRS hingga portal bagi developer atau publisher yang ingin mengklasifikasikan game mereka. Seperti artikel yang sudah kami tuliskan sebelumnya, ada lima kelompok umur yang diatur dalam IGRS ini, antara lain 3+ (umur 3 tahun ke atas), 7+ (tujuh tahun ke atas), 13+ (13 tahun ke atas), 18+ (18 tahun ke atas) dan SU alias semua umur.

Apa saja sih isi dari website resmi IGRS ini? Berikut adalah sekilas pandangnya. Kamu bisa mengunjungi website resmi IGRS melalui tautan ini.

1

Informasi Klasifikasi Rating Game

website resmi igrs

Website resmi IGRS memudahkanmu untuk mencari game-game sesuai dengan kategori umur yang diinginkan. Di bagian atas website, terdapat sebuah search bar dimana kamu bisa mencari game berdasarkan beberapa parameter seperti klasifikasi usia (sesuai dengan klasifikasi yang ditentukan IGRS), Genre, Platform ataupun dengan search keyword judul game tersebut.

Kamu juga bisa mengkombinasikan parameter tersebut, misal kamu ingin mencari game untuk kategori usia 3 tahun di platform Android, maka kamu tinggal set dropdown menu kelompok usia dan platform-nya.

2

Assessment Produk ke Direktori

website resmi igrs

Kamu seorang developer game dan ingin menambahkan daftar game untuk ditampilkan di website resmi IGRS? Kamu bisa mendaftarkan diri lebih dahulu dengan menggunakan tombol “Daftar” yang ada di bagian kanan atas. Setelah mendaftar, kamu bisa login dan memasukkan data-data game yang kamu miliki.

Dengan menjawab beberapa pertanyaan yang diberikan, IGRS akan memberikan rating untuk game-mu dan datanya akan ditampilkan di website ini. Hal ini tentu membantu pengunjung website untuk mengetahui, apakah game yang kamu buat sudah sesuai dengan target usia pemain yang diinginkan.

3

Direktori Detail Informasi dan Rating Produk Tertentu

website resmi igrs

Data-data game yang dimasukkan dalam website ini akan ditampilkan ke pengunjung website tanpa harus login dahulu. Saat artikel ini ditulis, baru ada data dari 12 game buatan developer Indonesia. Data-data ini meliputi nama game, nama developer, jenis distribusinya, fitur-fitur game, hingga sedikit deskripsi ceritanya. Bukan hanya itu, kamu juga akan mendapatkan informasi di mana bisa men-download atau membeli game tersebut.

Yang tidak kalah penting adalah informasi rating. Yap, sesuai dengan tujuan dari IGRS, kamu harus memperhatikan dulu rating yang ada di game tersebut sebelum men-download, apakah sudah sesuai dengan target usia pemainnya.

Apa lagi ya isi penting lainnya dari website resmi IGRS ini? Lanjut ke halaman 2!

1
2
SHARE
Previous articleAlasan dan Fakta Ini Membuktikan Jika Carrot Cocok Menjadi Nakama Baru Luffy!
Next articleUpdate Shadowverse Tawarkan Ekspansi Baru Berjudul Rise of Bahamut!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.